Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Gojek Online di Kota Palu

Analysis of the Satisfaction Level of Gojek Online Transportation Service Users in Palu City

  • Rois Rois Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Awaludin Awaludin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kepuasan, Pengguna, Jasa Transportasi, Gojek

Abstract

Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa transportasi ojek online di Kota Palu yakni “sangat baikâ€. Hal tersebut dapat dilihat dari rekapitulasi persentase rata-rata tanggapan responden mengenai aspek kualitas produk menunjukkan bahwa sebanyak 67,5% mengatakan pengguna jasa transportasi ojek online di Kota Palu berada pada kategori sangat baik. Serta rekapitulasi persentasi rata-rata tanggapan responden mengenai harga berada pada kategori sangat baik dengan hasil sebanyak 70%, rekapitulasi persentasi rata-rata tanggapan responden mengenai Quality servis berada pada kategori baik dengan hasil 53,3%. Serta rekapitulasi persentase rata-rata tanggapan responden mengenai biaya dan kemudahan berada dalam kategori sangat baik dapat dilihat hasil sebanyak 67,6%. Dari hasil rekapitulasi seluruh aspek yang digunakan dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa transportasi ojke online di Kota Palu masuk dalam kategori sangat baik yakni sebesar 92,7% atau berada jarak interval 81%-100%.

References

1. Tumuwe R, Damis M, Mulianti T. Pengguna ojek online di kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, J Soc Cult. 2018;
2. MUHAMMAD F. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KEMACETAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN SILIWANGI KOTA SEMARANG. SKRIPSI. 2019;
3. Nugraha A. IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA C4. 5 UNTUK MEMPREDIKSI KEPUASAN PELANGGAN GOJEK. Universitas Hasanuddin; 2020.
4. Arikunto S. Prosedur penelitian suatu praktek. Jakarta Bina Aksara. 2003;3.
5. Kalape, D. A., Rajindra, R., & Sirajudin, S. (2018). PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MANDIRI CABANG PALU SAM RATULANGI. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).
6. Rajindra, Rajindra, & Kadir, H. A. (2019). Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 135–140.
Published
2021-10-15
Section
Artikel Penelitian