ANALISIS PEMASARAN HASIL PRODUKSI MARMER PADA PT. TOPAZ UTAMA KORAL

  • Melky Lalundo Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Sirajudin Sirajudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Salmiati Salmiati Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang strategi yang digunakan oleh PT.Topaz Utama Koral sebagai industri marmer di dalam meningkatkan penjualannya, hal ini mendorong penulis dalam meneliti, mengkaji dan menganalisa sampai sejauh mana penerapannya serta sesuai tidaknya strategi yang digunakan, dan mengetahui pangsa pasarnya, sehingga dapat ditentukan arah serta strategi dan hasilnya. Strategi pemasaran yang digunakan PT Topaz Utama Koral yaitu mengacu kepada Marketing Mix, yaitu produk, distribusi, promosi, harga, people, proses, lingkungan fisik. Penerapan strategi pemasaran sudah sesuai dengan konsep pemasaran Marketing Mix yang terlihat dari jumlah penjualan hasil produksi yang meningkat setiap tahunnya.

 

Kata kunci : Marketing Mix, Mamer, Produksi

 

References

Adrian, Payne, (2010), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Marketing, Andi. Yogyakarta

Ahyari, Agus. 2002. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Edisi Empat, Yogyakarta, BPFE,

Arief Nugroho Wibowo, (2016), Analisis Strategi Pemasaran Marmer. Jurnal Sosio E-Kons, Vol. 8 No. 3,hal. 190-201

Basu Swastha DH.,Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tiga belas, Yogyakarta: Liberty Offset,

Basu Swasta Dharmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “ Analisis perilaku konsumen “. Edisi pertama cetakan ketiga. BPFE-Yogyakarta.

Devi Satria Saputra, (2017), Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Harga Jual Produk Marmer Pada Politeknik Aceh Selatan, Jurnalnotera Vol. 1,No 1

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE,

Hadari Nawawi, H. Murni Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press, cet. 2

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: ALFABETHA,

Heizer Jay, Render Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Hadits riwayat Bukhori, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, no. 829

Kotler and Gary amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga,

Kotler dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, jilid 1. Edisike 13 Jakarta: Erlangga

Lalu, Sumayang. 2003. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat,

Lupiyoadi, Rahmat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: (http://repository.upi.edu)Salemba Empat,

M. Mursid. 2010. Manajemen Pemasaran, PT Bumi Aksara. Jakarta,

Prawirosentono, 2009. Manajemen Operasi (Operation Manajemen). Jakarta: Bumi Aksara

Reksohadiprojo dan Gitosudarmo. 2010. Manajemen Produksi. Edisi 4. Penerbit BPFE, Yogyakarta

Suyadi, Prawirosentono. (2009). Manajemen Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa

Setyadin dalam Gunawan. (2013 : 160). Diakses dari laman web tanggal 26 juni 2019 dari :

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI

Sefti Adhaghassani, Fakhriyan. 2016. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion People, Proces, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery. Jurnal ilmiah Pendidikan Teknik Boga.(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/boga/article/viewFile/5288/4997, diakses 10 juli 2019)

Schiffman dan Kanuk, 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Tjiptono, 2000. Manajemen Jasa. Edisi kedua. Andy Offset, Yogyakarta

William J. Stanton (2010). Prinsip pemasaran. Jilid I. Jakarta. Erlangga,

Zeithaml, Valarie A. Mry Jo Bitner. (2000). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Second Edition Hill. New York: McGraw

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Ekonomi