PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MANDIRI CABANG PALU SAM RATULANGI

  • Dian Anggriani Kalape Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rajindra Rajindra Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Sirajudin Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Produk perbankan yang digunakan harus dipilih yang baik dan aman. Selain produk berbentuk tabungan, deposito, giro para konsumen banyak juga membutuhkan sarana pengiriman uang berupa transfer dalam negeri maupun luar negeri serta pinjaman dana dalam memenuhi usahanya. konsep pemasaran adalah menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu sendiri tidak terlepas dari factor nilai yang mereka dapatkan, untuk itu peneliti tertarik itu meneliti tentang pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Mandiri cabang Palu Sam Ratulangi.  Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif – verifikatif. jumlah populasi sebanyak 49.500 nasabah, penelitian ini mengambil 100 nasabah sebagai sampel yang melakukan transaksi pada PT. Bank Mandiri Cabang Palu Sam Ratulangi. Kriteria responden ditetapkan sebagai berikut. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai sosial dan nilai emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Mandiri Cabang Sam Ratulangi.

Author Biographies

Dian Anggriani Kalape, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Mahasiswa
Rajindra Rajindra, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen
Sirajudin Sirajudin, Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Dosen

References

Anatan, Lina. 2008. Service Excellence Competing Through Competitiveness. Edisi Pertama. Bandung: Alfabeta

Barnes, James G. 2003. Secrets Of Customer Relationship Management. ANDI. Yogyakarta.

Darmawan, Dadang. 2006. Analisis Nilai Pelanggan terhadap Hasil Pengunaan Jasa Telekomunikasi di Kota Palu. Tesis tidak diterbitkan. Palu: Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Dwi Afriliawan. 2012. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pasien VIP Pada RSU Anutapura Palu. Tesis tidak diterbitkan. Palu: Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Karim, Abdul Haris. 2009. Pengaruh Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan GetokTular Pengguna Telepon Cellular di Kota Palu. Tesis tidak diterbitkan. Palu: Program Pascasarjana Universitas Tadulako.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2006. Marketing Management. Pearson Education Inc.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Edisi keenam. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2005. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2000. Metodologi Penelitian. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

Rajindra. (2016). KINERJA KEUANGAN UMKM.

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

Wahyuningsih, 2004. The Relation among Customer value, Satisfaction and Behavioral Intentions: A General Structural Equation Model. Gadjah Mada International Journal of Business, Vol. 7, No.3 hal 301-323.

Zeithalm, Valerie A. and Bitner, Mary Jo. 2003. Service Marketing, Integrating Customer Focus Across the Firm. Third Edition (International edition). New York. The Mc Graw-Hill Companies, Inc.

Published
2018-10-15
Section
Fakultas Ekonomi