Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kamera Canon Pada Toko Aditya Kamera Store di Kota Palu

Marketing Mix on Purchase Decisions for Canon Camera Products at the Aditya Camera Store in Palu City

  • Syarifuddin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Cahyaningraheni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Edi Sukanda Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Bauran Pemasaran Harga, Kualitas produk, Promosi, Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan yang semakin kuat antar perusahaan menggambarkan sulitnya perusahaan memperediksi prilaku konsumen dalam memutuskan suatu produk. Pemasar yang banyak dihadapkan pada masalah harga, produk, promosi dan saluran distribusi yaitu bagaimna bauran itu ditetapkan dengan tepat. Tujuannya untuk mencapi target perusahaan. Umumnya, pertimbangan pemasaran yang dilakukan perusahaan berbanding terbalik dengan keputusan pembelian produk. Adapun maksud dari penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui berapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadapkeputusan pembelian konsumenterhadap produk kamera canon baik secara simultan maupun parsial dan manakah dari keempat variable bauran pemasaran yang palingberpengaruh ataukah ada bauran pemasaran yang sama sekali tidak berpengaruh terhadapkeputusan pembelian. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dataprimer yang mana data ini diperoleh dari 100% responden yang..jumlah respondenya berjumlah 58 responden yang sedang menggunakan produk kamera canon. Data yangdiperoleh dianalisis menggunakan analisisregresi linear berganda. Dari hasilpenelitian ini menunjukan bahwa bauranpemasaran yang terdiri dari harga, kualitas produk, promosi dan saluran distribusi secara simultanberpengaruh terhadap keputusanpembelian. Sedangkan secara parsial, hanya kualitas produk dan promosi yang berpengaruhsignifikan terhadap keputusan pembelian terhadap produk kamera canon. Dari keempat variable bauran pemasaran maka kualitas produk merupakn variable yang palingdominan pengaruhnya. Sehingga, kesimpulannya dari keempat variable bauranpemasaran yaitu harga, kualitas produk, promosi dan saluran distribusi tidak semua mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli.

References

1. ZULKARNEN Z. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BARANG-BARANG ELEKTRONIK. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro; 2008.
2. Amilia S. Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. J Manaj dan Keuang. 2017;6(1):660–9.
3. Yusup M, SUTOPO S. Analisis pengaruh promosi, harga, kualitas produk dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang). Universitas Diponegoro; 2011.
4. Dewi SK, Sudaryanto A. Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. In Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020; 2020.
5. Solichin M. Analisis daya beda soal, taraf kesukaran, validitas butir tes, interpretasi hasil tes dan validitas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Dirasat J Manaj dan Pendidik Islam. 2017;2(2):192–213.
6. Rajindra, Rajindra, & Kadir, H. A. (2019). Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 135–140.
Published
2021-11-06
Section
Articles