Analisis Realisasi Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Palu

Analysis of Hotel and Restaurant Tax Revenue Realization at Regional Revenue Office in Palu City

  • Dian Rahayu Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Sirajudin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Dicky Yusuf Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Realisasi, Penerimaan, Pajak Hotel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pajak hotel dan restoran pada Badan Pendapatan Daerah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Teknik analisis data dilakukan terdiri dari : 1) Analisis efisiensi penerimaan pajak hotel dan restoran tahun 2015-2019 pada Kantor BAPENDA. 2) Analisis optimalisasi penerimaan pajak hotel dan restoran tahun 2015-2019 pada Kantor BAPENDA. Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pendapatan Daerah di Kota Palu. Berdasarkan analisis data yang digunakan dapat diambil kesimpulan bahwa realisasi penerimaan pajak hotel dan restoran pada Badan Pendapatan Daerah di Kota Palu, menunjukkan nilai yang belum optimal.

References

1. Azzumar MR, HANDAYANI HR. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Investasi Swasta, Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Era Desentralisasi Fiskal Tahun 2005-2009 (Studi Kasus Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah). Universitas Diponegoro; 2011.
2. Hastuti P. Desentralisasi Fiskal Dan Stabilitas Politik Dalam Kerangka Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Indonesia. Simp Nas Keuang Negara. 2018;1(1):784–99.
3. Sidik M. Optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan daerah. Makal disampaikan Acara Orasi Ilmiah Bandung. 2002;10.
4. Maya S, Burhanuddin B, Guasmin G. ANALISIS PERTUMBUHAN DAN EFEKTIFITAS PENERIMAAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA PALU. J Kolaboratif Sains. 2018;1(1).
5. BENAZIR CUTI, MEULABOH STD. EFISIENSI PEKERJAAN KANTOR.
6. Syabrina RAN. Efektivitas dan efisiensi komunikasi pada penyelenggaraan festival damar kurung gresik tahun 2017. Universitas Airlangga; 2018.
7. ADI EKOS. OPTIMALISASI KESELAMATAN KERJA DALAM PROSES MEMASUKI ENCLOSED SPACE GUNA MEMINIMALISIR KECELAKAAN KERJA DI ATAS KM. SABUK NUSANTARA 106. KARYA TULIS. 2021;
8. Nailurrachman MT. Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada Madrasah Aliyah di kabupaten Sukamara. IAIN Palangka Raya; 2018.
9. YANUAR I, RIZKYANA IM. HARMONISASI CREW KAPAL MT. FERY XII DALAM MENDUKUNG KINERJA YANG EFEKTIF DAN EFISIEN. POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG; 2020.
10. Pasulu SR, Wokas HRN. Analisis perhitungan dan pemungutan pajak restoran dan pajak hotel di dinas pendapatan daerah kota bitung. J EMBA J Ris Ekon Manajemen, Bisnis dan Akunt. 2015;3(2).
11. Munawaroh U. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI MAKANAN DI RESTORAN HALAL KOTA PEKANBARU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; 2019.
Published
2022-02-03
Section
Artikel Penelitian