Analisis Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Bakso Goreng Bakar pada Usaha Mikro Kecil Bagobar Dimas Kabupaten Sigi

Thesis Title Analysis of Marketing Mix on Interest in Buying Grilled Fried Meatballs in Bagobar Dimas Micro Small Business, Sigi Regency

  • Citra Nasrin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Cahyaning Raheni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Produk, Harga, Promosi, Tempat/Lokasi, Orang, Proses, Bukti Fisik

Abstract

Hasil penelitian yaitu 1) Produk sangat memperhatikan kualitas produk yang dijual harus jelas kualitasnya. sehingga pembeli dapat dengan mudah memberi penilaian. 2). Harga suatu barang juga dapat mempengaruhi program pemasaran pada usaha yang sama dengan menetapkan harga berdasarkan 2 faktor, yaitu biaya total + margin yang menjadikan nya harga jual. terhadap produknya ada tiga macam antara lain: a) Pop Ice b). Bakso Bakar, Es Jeruk. harga masing-masing sebesar Rp. 5.000,- perunit. 3) bauran pemasaran dalam promosi yang dilakukan oleh Promosi periklanan biasanya mengunakan banner, pamlet. Gunanya untuk memperkenalkan produk kepada pembeli. Promosi penjualan dilakukan untuk menarik pelanggan untuk segera membeli setiap produk yang di tawarkan. 4).Distribusi mencari konsumen tidak kesusahan karena berada dipinggir poros jalaan ada dua Lokasi yaitu terletak Kalubula jalan Guru Tua dan di Desa Tulo Jalan poros Palu – Kulawi Kabupaten Sigi 5). People terlebih lagi bisnis ini membutuhkan sumber daya dengan performance yang tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Pelatihan dalam hal ini mempunyai peran yang penting terhadap karyawan  6). Berdasarkan target yang baik melihat dari hasil penjualan dari tahun 2018 (31,66%), untuk 2019 mencapai (33,10%). Untuk tahun 2020 penjualan meningkat sebesar (35,22%) Pendistribusian produk dengan menggunakan sistem Online melalui Gojek. 7). Physical Evidence memiliki tempat usaha yang mempunyai fasilitas dan peralatan.

References

1. Schwab K. Revolusi Industri Keempat. Gramedia Pustaka Utama; 2019.
2. Hikmah F. Strategi pemasaran dana talangan haji dalam meningkatkan jumlah nasabah di Pegadaian Syariah cabang Blauran Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya; 2018.
3. Supadiyanto S. IMPLEMENTASI (TEKNOLOGI) INTERNET TERHADAP KEBIJAKAN REDAKSIONAL HARIAN JOGJA (BISNIS INDONESIA GROUP OF MEDIA/BIG MEDIA) PADA ORDE REFORMASI. Postgraduate Program in Communication Studies; 2014.
4. Rusdiana A. Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Pustaka Setia; 2018.
5. Nugrahani F, Hum M. Metode penelitian kualitatif. Solo Cakra Books. 2014;
6. Rahmat RM. Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar. Univ Hasanuddin. 2012;1–79.
7. Sari YN. Analisis strategi pengembangan produk dalam upaya meningkatkan volume penjualan di PT. Golden Leaves Jaya Abadi Kabupaten Malang Jawa Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim; 2019.
8. Laelasari S. ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL SARI HARUM DI KABUPATEN BANDUNG. PERPUSTAKAAN; 2018.
9. Rajindra Farid,Rasmi Nur Anggraeni, Nasrulhak, Ahmad Yani, A. M. A. (2020). Family Management Strategies in Managing Finances through Small Businesses. Academy of Strategic Management Journal, 19(3), 1–11.
10. Rajindra, Rajindra. (2021b). Strategi Manajemen Pengelolaan Alat Kontrasepsi di Kabupaten Donggala, Indonesia. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 14–22.
11. Rajindra, Rajindra, & Kadir, H. A. (2019). Analisis Jejaring Sosial Sebagai Media Untuk Minat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal Sinar Manajemen, 6(2), 135–140.
Published
2021-11-06
Section
Articles