ANALISIS PENGELOLAAN USAHA KULINER PADA KEDAI SEHATI PALU

  • Moh. Reynaldi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Ali Supriadi Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu
  • Sirajudin Sirajudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah palu

Abstract

 

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  Pengelolaan Usaha Kuliner di Kedai Sehati palu. Manajemen pengelolaan usaha yang di pengaruhi oleh :   Perencanaan Usaha, Pengorganisasian usaha, Penemptan Lokasi Usaha, Pengarahan Karyawan, dan Pengontrolan Usaha serta Kendala dan Hambatan. Untuk menguji  hipotesis dari  penelitian ini,  menggunakan alat analisis  triangulasi  data yang menghubungkan antara observasi, wawancara, angkah serta dokumentasi.

Untuk mengetahui dan menganalisis hasil penelitian ini ada beberpa hal yang harus diketahui mengenai pengelolaan usaha kuliner yaitu :  Standarisasi Produk atau Menu makanan,  Membuat  Daftar  Menu,  Sumber  Daya  Manusia,  kapasitas  produksi  yang optimal, Harga Jual, Persediaan, Lokasi usaha kuliner, serta ada beberpa kendala yang di hadapi usaha kuliner di kedai sehati yaitu : Munculnya berbagai isu yang tidak benar (lingkup External), Perbedaan selera orang, Biaya bahan baku yang naik sewaktu -waktu, Butuh  inovasi  selalu,  Sumber  Daya  Manusia,  Pricing,  Kesalahan  jenis  kemasan. Penelitian tersebut ini membantu supaya usaha kuliner di Kedai Sehati harus mempersiapan bisnis nya dengan menggunakan manajemen Pengelolaan agar bisa berkembang di masa yang akan datang.

 

 

Kata Kunci : Manajemen Pengelolaan di pengaruhi  Perencanaan, Pengorganisasian, Penempatan Usaha, Pengarahan, Pengawasan serta Kendala dan Hambatan.

References

Anom Surya Putra. 2015. Badan Usaha Milik Desa : Spirit Usaha Kolektif Desa.

Jakarta : Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan

Transmigrasi Republik Indonesia.

Charunida, 2009. Pengelolaan Usaha Kuliner. Edisi Ketiga. Jilid 2. PT.Gelora Aksara

Pratama. Jakarta.

Djamarah, 2006. Manajemen Pemasaran dan Pengelolaan Usaha. Salemban Empat,

Jakarta

Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Bali Pustaka UNDIP : Semarang

Freddy Rangkuti, 2005. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta :

PT.Gramedia.

Farrel dan Herline. 2005. SWOT Analysis For Management Consulting. SRI Alumni

Newsletter (SRI Internasional).

Gilbert, David. 2011. Retailing Marketing Management. 2th Edition. England, Endinburgh Gate: Pearson Educated Limited.

Ghozali, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate. Badan Penerbit UNDIP: Semarang

Goldid Elihayu M 2015. Kendala-kendala dalam bisnis. Edisi Revisi, Alih Bahas Dwi

Kartini. Jakarta: Erlanggan

Handoko dan Saefullah. 2009. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit

Bidang Pemerintahan. Yoyakarta : Gajah Mada University Press.

Hubis dan Najib, 2008. Strategic Manajement In Action. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka

Utama. Joko Purnomo dan Tim Infest. 2016. Pendirian dan Pengelolaan

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Yogyakarta : Infest Yogyakarta.

Kasmir dan Jakfar, 2007, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Kedua, Cetakan Keempat, Prenada Media Group, Jakarta.

Koonts , Heinz Weihrich 2010. Fungsi Manajemen. Edisi ketujuh. Jakarta : Erlangga

abdi.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Strategik. Edisi Ketiga Belas.

Jilid 2. PT. Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Kotler, Philip. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Manullang. 2007. Kompeten Ekonomi. Makasar : Mitra Media.

Nada.N, dkk. 2012. The assessment of Innovation Practice in Turkish SMEs, International SME Congress, Journal of Knowledge Management, Economics

Rajindra. (2017). KEWIRAUSAHAAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM.

and Information Technology, No. 248, Vol. II, Issue 1, February 2012

Oliver dan Vini , A. 2010. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas konsumen Pada Skaters Clothing. Skripsi tidak dipublikasikn. Program Sarjana Universitas Widyatama. Bandung.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Ekonomi