UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU PESERTA DIDIK DI MTs LAKEA

  • Sutrisno Sutrisno Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana peranan dan implikasi pendidikan agama islam Terhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea. Sebagi bentuk perwujudan pendidikan nasional yang bermutu olehkarena harus di barengi dengan pendidikan agama Islam yang sangat perlu ditingkatkan terutama masalah pembentukan akhlak, agar pengetahuan tentang agama dapat seimbang dengan pengetahuan umum yang dimilikinya.Agar siswa dapat bahagia dan selamat dunia dan akhirat. Pendidikan merupakan salah satu bidang garapan yang amat penting dalam pembangunan suatu bangsa, karena pembangunan suatu bangsa yang tidak dibarengi dan diiringi pembangunan akhlak, moral dan etika, maka pembangunan itu tidak akan seimbang, jika pendidikan hanya mementingkan ilmu pengetahuan umum, tanpa diberikan ilmu agama dan penanaman akhlak dalam mebentuk prilaku siswa, maka akan tumbuh generasi bangsa yang pintar dan beri lmu tetapi tidak berprilaku dan berakhlak yang baik.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan mengambil lima sampel satu sebagai kepala sekolah, dua sebagai guru agama islam, dan dua lagi sebagai seorang siswa.

Dengan hasil penelitian (1) sebagai peranan pendidikan agama islam Terhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea, bahwasanya Proses pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak yang tidak hanya memperhatikan aspek kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun juga melalui pendekatan-pendekatan emosional guru kepada setiap individu yang bermasalah atau dinilai kurang baik dalam bertingkah laku menghasilkan efek baik pada mutu akhlak siswa itu sendiri, yakni dengan berkurangnya kasus-kasus penyimpangan perilaku siswa. Moral-moral siswa dalam bertingkah laku semakin tertata karena kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan di sekolah tersebut. Serta didukung dengan adanya aturan-aturan yang diberlakukan untuk menyempurnakan akhlak siswa tersebut.  keefektifitasan pendidikan agama Islam dalam mengentas problem penyimpangan seksual di MTs Lakea. (2) dan sebagai implikasi pendidikan Aqidah AkhlakTerhadap Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Peserta Didik Di MTS Lakea, menggamPendidikan Aqidah Akhlak di sekolah atau madrasah bertujuan untuk menumbuhkan dan menbarkan bahwasanya ingkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi Manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketaqwaan, berbangsa dan bernegara.

Kata Kunci        :  Upaya, Aqidah Akhlak, Peserta Didik, MTs Lakea

References

Alim,Muhammad, Pendidikan Agama Islam upaya pembentukan pemikiran dan kepribadian muslim, Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Arifin, Imran, Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, Cet. III; Malang: Kalimasada Press, 2015.

Aly, Hery Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2014.

al-Fatah, Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam,Malang: UIN-Malang Press, 2016.

al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasr Pokok Pendidikan Islam, terj..Bustami A. Ghani, Jakarta: Bulan Bintang, 2014.

Andayani, Abdul Majid dan Dian, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Almath, Muhammad Faiz, 1994. 1100 Hadits Terpilih Sinar Ajaran Nabi Muhammad, Jakarta: Gema Insani Press.

Amin, Ahmad, 2014. Etika, Alih bahasa K.H.Ahmad Ma’ruf,Jakarta:Bulan Bintang.

Arifin,HM. 2014. Psikologi Dakwah, Jakarta : Bulan Bintang.

Arifin,M. 2015. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.

Andayani, Abdul Majid dan Dian, 2016. Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Azra, Azyumardi. 2015. Pendidikan Islam Tradisidan odernisasi menuju Meleniu Baru. Jakarta: LogosWacana Ilmu.

Bakry, Sama’un, 2015. Menggagas Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.

Departemen Agama RI, 2017. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Baru Jakarta: Duta Surya.

Dakir, 2014. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta : Rineka Cipta.

Depdikbud, 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Perum Balai Pustaka,1988.

Daradjat, Zakiah,2015. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

_____________, 2014.“Kesehatan Mentalâ€,Jakarta:Toko Gunung Agung.

_____________, 2014. dkk, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

_____________, 2015. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta:Bumi Aksara.

Gerungan,WA. 2011. Psikologi Sosial, bandung : Eresco.

Mudiyaharjo, Redja, 2015. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Penddidikanpada Umumnya dan Pendididkan di Indonesia,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

HD, Kaelany , 2015. Islam dan Aspek-aspek Kemasyarakatan, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

H. A. Wahid Sy, 2016. Akidah Akhlak, Bandung : CV. Armico.

Hasbullah, 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan,Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Hawa, Sa’id , 2015. Tazkiyatun Nafs Intisari Ihya’ Ulumuddin, Jakarta : Darussalam.

Hariyanto, 2018. Metode Penelitian Kualitatif, (on-line) (belajarpsikologi .com/metode-penelitan-kualitatif, diakses pada tanggal 22 April 2018.

Ismail SM, 2014. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semalang :RaSAIL Media Group.

Ihsan, Hamdani Ihsan dan Fuad, 2017. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Setia.

Muslimah, 2012. Intelektual, â€Fakta Mengejutkan Remaja Indonesiaâ€, , http://www.choirunnheesha.blogspot.com. Di akses pada tanggal 19 Mei 2018, jam 21:29 wita.

Muhaimin, 2014. Paradigma Pemikiran Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.

Margono,S. 2013. Penelitian Pendidikan, Cet. II; Jakarta: Rineka Putrea Cipta.

Moleong,Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung,: Remaja Rosdakarya.

Nasution,S. 2013. Metode Research, Cet, III; Jakarta: Bumi Aksara.

Nizar, Samsul, 2016. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam.Jakarta : Gaya Media Pratama.

____________, 2015. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta : Raja Garafindo Persada.

Rozak,Abd. 2014. Fauzan, dan Ali Nurdin, Kompilasi Undang-undang & Peraturan Bidang Pendidikan,Jakarta: FITK PRESS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Ramayulis, 2014. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta; Kalam Mulia.

________, 2016. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Gaya Media Pratama.

Syukur, Suparman , 2014. Etika Islam dan Transformasi Global, Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Surakmad, Winarno, 1978. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Tafsir, Ahmad, 2013. Metodologi pengajaran Agama Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Uhbiyati, Nur, 2014. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II pasal 3 . Bandung : Fermana, 2006.

Yusuf LN, Syamsu, 2014. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja,Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Yusuf,Tayaf, 2015. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta : Raja Garafindo Persada.

M.Athiyah al-Abrasyi, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1993)

Abdul Majid Dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)

Sutikno, “Pola Pendidikan Islam dalam Surat Luqman Ayat 12-19†Jurnal Pendidikan AgamaIslam (JPAI) FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Vol. 1. No. 2 (2013)

Muhammad (Ed), Re-formulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Nur Insani, 2003)

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)