IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP AKHLAK SISWA DI SMPN 1 BOKAT

  • Arwan Samsudin Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini membahas studi tentang Implementasi Full Day School Terhadap Akhlak Siswa  di SMPN 1 Bokat, dengan pokok Bahasan 1). Bagaimanakah deskripsi program full day school  di SMPN 1 Bokat terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat, 2). Bagaimakah dampak pelaksanaan full day school terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat. Adapun tujuan Penelitian : 1). Untuk mengetahui bagaimanakah deskripsi program full day school  di SMPN 1 Bokat terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat, 2). Untuk mengetahui dampak pelaksanaan full day school  terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat.

Untuk mengungkap data dan fakta yang akurat menyangkut tentang Implementasi Full Day School Terhadap Akhlak Siswa  di SMPN 1 Bokat, penulis menggunakan metode kualitatif. Dengan metode ini penulis dapat mempresentasekan tentang Implementasi Full Day School Terhadap Akhlak Siswa  di SMPN 1 Bokat. Data yang penulis peroleh baik data primer, data sekunder, data melalui wawancara serta yang di peroleh melalui buku-buku referensi. Menganalisis data merupakan tindakan yang paling krusial dalam sebuah penelitian.  Hasil dari sebuah penelitian tergantung bagaimana peneliti menganalisis dan menginterpretasikan data yang diperoleh di lapangan. Apalagi penelitian kualitatif bisa dibilang merupakan penelitian yang lebih subjektif dari pada jenis penelitian kuantitatif.

 

Adapun hasil penelitian adalah : 1). Program Full Day School  di SMPN 1 Bokat terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat sudah cukup baik. Dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa yang mana terealisasikan melalui peningkatan nilai Ujian Nasional siswa. Peningkatan perstasi tersebut disebabkan oleh  Perubahan karakter dalam diri siswa. Prioritas utama full day school di SMPN 1 Bokat adalah pembentukan akhlak  siswa dengan menanamkan akhlak yang baik kepada siswa. 2). Dampak pelaksanaan Full Day School terhadap akhlak siswa  di SMPN 1 Bokat yaitu   meningkatnya nilai siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam dapat dilihat peningkatan nilai raport, dalam penilaian ini sudah mencakup aspek kognitif, afeksi dan psikomotrik. Akhlak siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk kedisiplinan siswa dalam beribadah, kedisiplinan siswa dalam masuk kelas, kedisiplinan siswa dalam mengikuti peraturan sekolah, dan prestasi siswa yang meningkat. Akhlak yang ditanamkan dalam penerapan full day school di SMPN 1 Bokat adalah: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap teman, akhlak terhadap lingkungan. semoga penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap akhlak siswa dan sistem ini juga menjawab kegelisahan-kegelisahan karakter anak bangsa.

Kata Kunci : Full Day School dan Akhlak Siswa.

References

Aunillah, Nurla Isna. 2014. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2014. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di

Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Baharun, Hasan. 2016. “Pendidikan Anak dalam Keluarga: Telaah Epistemologis,†…….Pedagogik, 3, no. 2.

Baharun, Hasan. 2016. “Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan …….Agama Islam Di Madrasah,†Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 2.

Dacholfany, M. Ihsan. 2015 “Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era …….Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan, Jurnal Akademika 20, no. 01.

Deporter, Bobbi. 2012. Mark Reardon and Sarah Singger Naurie, Quantum Teaching ……. (mempraktekkan Quantum teaching di dalam kelas). Bandung: Kaifa.

Djalil, A. Basiq. 2015. Logika (Ilmu Mantiq). Jakarta: Kencana Prenada Media …….Group.

Fakultas Agama Islam. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmia, Makalah, Skripsi, …….Jurnal, Edisi VIII, FAI Unismuh Press.

Faqod, Pengertian dan Tujuan Full Day School, www.id.shvoong.com, (05 februari …….2019).

Hamruni, 2010. Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan …….UIN Sunan Kalijaga.

Kamrani, Buseri. 2015, “Epistemologi Islam dan Reformasi Wawasan Pendidikan,†…….Jurnal Ilmiah Peuradeun: International Multidisciplinary Journal 3.

Kementerian Agama RI, 2014. Al-Qur’an dan Terjemahnya Juz 1-30, Surabaya; …….Mekar.

Laporan Bulan Maret 2019 SMPN 1 Bokat

Latipah, Eva. 2014. Metode Penelitian Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: …….Deepublish,

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muhajir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sirasin.

Mulyasa, E. 2009. kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosda …….Karya.

Munib, Achmad. 2013. Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta: Deepublish.

Nasution, 1998. Metode Naturalistic Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nata, Abudin. 2009. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajawali Pers.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>