IMPLIKASI PELAKSANAANPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 4 BUNOBOGU KABUPATEN BUOL

  • Susanti Susanti Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implikasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Bunobogu Kabupaten Buol dengan pokok pembahasan bagaimanakah deskripsi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Bunobogu Kabupaten Buol? Dan bagaimanakah Implikasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Bunobogu Kabupaten Buol?.

Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian skripsi ini yaitu:deskripsi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Bunobogu Kabupaten Buol, yaitu: 1) mahasiswa memiliki semangat yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga perlu ditiru oleh guru. 2) mahasiswa menunjukkan kreasinya dengan membuat perangkat pembelajaran guru (Silabus dan RPP) secara manual di buku album, sehingga memberikan pemahaman kepada guru-guru dalam pembuatan perangkat tersebut, karena selama ini guru hanya mengkopi dari guru lain dan mengunduh dari internet perangkatnya. 3) mahasiswa mampu menggunakan berbagai metode pembelaajran yang bervariasi, sehingga meningkatkan pemahaman siswa dan membuka wawasan guru yang selama ini hanya menggunakan metode yang monoton. 4) mahasiswa dapat menunjukkan keterampilannya dalam membuat media pembelajaran dari bahan-bahan yang sederhana, sehingga membuka pemahaman guru tentang pembuatan media pembelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh guru. 5) dalam melaksanakan PPL mahasiswa memiliki program fisik yakni menata taman sekolah dan memiliki program non fisik yakni memperbaiki papan data administrasi sekolah, sehingga meningkatkan keindahan sekolah dan ketertiban administrasi sekolah. Adapun implikasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 4 Bunobogu Kabupaten Buol, yaitu: 1) Memberikan semangat bagi guru untuk memperdalam teori-teori belajar. 2) Meningkatkanpemahaman guru tentangpembuatanadministrasi guru secara manual. 3) Meningkatkanpemahaman guru tentangpenerapanmetode yang bervariasidalampembelajaran. 4) Meningkatkanpemahaman guru tentangpembuatandanpenggunaan media pembelajarandan 5) Memperbaikikelengkapanadministrasisekolah.

Kata Kunci        :    Implikasi, Praktik Pengalaman Lapangan, Mutu Pendidikan

References

Al-Baihaqi, Al-Hafizh Al-Muttaqin Abu Bakar Ahmad bin Al-Husain bin Ali bin Musa Al-Khusrauijrdi Al-Khurasani. Al-Madkhal ila As-Sunan Al-Kubra. Adhwa: As-Salaf, tt.

Ampryani, Wahyu, Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi, Skripsi tahun 2015 Universitas Negeri Semarang.

Ari, Donal et. al, Introduction to Research, diterjemahkan oleh Arief Rahman, Pengenatar Penelitian dan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, t.th

Arifin, Imran. Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada Press, 2012

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Peneitian: Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bima Karya, 2012.

Awangga, Suryaputra N. Desain Proposal Penelitian, Cet. 6, Yogyakarta: Pyramid Publihser, 2017

Barnawi dan Mohammad Arifin, Instrumen Pembinaan, Peningkatan, dan Penilaian Kinerja Guru Profesional,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Danim, Sudarwan.Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksar, 2011.

Departemen Pendidikan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2012.

FAI Universitas Muhammadiyah Palu, Panduan Penyusunan Karya Ilmiah, Palu; FAI Unismuh Palu, 2019

Ghony, Junaidi, Metodologi Pnelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar Cet. 10, Bandung: PT. Bumi Aksara, 2013.

Jiwong, Yuliani Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Minat Menjadi Guru, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional. Economic Education Analysis Journal. Semarang: UNNES, 2016.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Kementerian Agama, 2016.

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru Cet. 8; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Qomar, Mujamil. Pesantren Dari Metodologi Menuju Demokrasi Institusi, Erlangga: Jakarta, 2015

Sardi, Bahan Ajar Penyusunan Bisnis Proses Kebijakan Mutu Sasaran Mutu, Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan penberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya, 2012.

SK Tim Penyusun Panduan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universtas Muhammadiyah Palu Tahun Akademik 2017/2018.

Suderadjat, Hari. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi KTSP, Bandung: Cipta Lekas Garafika, 2012.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2018

Edy Susanto, Plaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (online) (https://www. coursehero.com/file/p6vsdphb/C-manfaat-Pelaksanaan-Praktik- Pengalaman -Lapangan-PPL-1-diharapkan-dapat/, diakses tanggal 2 Januari 2019

Susetyo. Peneliotian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas, Bengkulu: FKIP UNIB, 2013.

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undanng-Undang Sisdiknas 2003, Cet.V, Jakarta: Sinar Grafika, 2012.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>