DAMPAK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KODOLAGON KECAMATAN BOKAT KABUPATEN BUOL

  • Ashari Ismon Batalipu Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Surni Kadir Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Dampak Kecerdasan Spiritual dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Kejujuran Siswa di SMP Muhammadiyah Kodolagon Kecamatan Bokat Kabupaten Buol. Permasalahan dalam skripsi ini yakni: bagaimanakah deskripsi kecerdasan spiritual dalam meningkatkan nilai-nilai kejujuran siswa di SMP Muhammadiyah Kodolagon Kecamatan Bokat Kabupaten Buol? Dan bagaimana dampak kecerdasan spiritual dalam meningkatkan nilai-nilai kejujuran siswa di SMP Muhammadiyah Kodolagon Kecamatan Bokat Kabupaten Buol?.

Untuk menjawab permsalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) deskripsi kecerdasan spiritual dalam meningkatkan nilai-nilai kejujuran siswa di SMP Muhammadiyah Kodolagon Kecamatan Bokat Kabupaten Buol: pembinaan kecerdasan spiritual dilaksanakan di sekolah tersebut baik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: (1) guru PAI merancang pembinaan kecerdasan spiritual dalam Silabus dan RPP dengan menganalisa materi-materi pelajaran yang dapat dijadikan sebagai pembinaan kecerdasan spiritual siswa, sehingga dilaksanakan secara terprogram (2) pada pelaksanaan pembelajaran guru PAI selalu mengawali pembelajarannya dengan memberikan nasihat-nasihat keagamaan, agar dapat memotivasi siswa untuk mengerjakan amal-amal kebaikan (3) guru memperbanyak latihan untuk mengamalkan ajaran agama Islam sesuai dengan syariat agama Islam yang dipahami oleh Muhammadiyah kepada siswa (4) seluruh guru juga bekerja sama dalam membina dan mengembangkan kecerdasan spiritual siswa, yakni dengan mengarahkan dan membimbing siswa untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai syariat agama Islam yang benar (5) di luar kelas juga dilakukan pembinaan pengamalan agama Islam yakni dengan memperhatikan cara siswa bergaul dan membimbing siswa untuk beribadah, membimbing siswa berbicara menggunakan bahasa yang sopan (6) Pada kegiatan ektrakurikuler keagamaan, guru melibatkan siswa sebagai panitia pelaksana kegiatan hari besar Islam, setiap hari Jum’at pagi guru dan seluruh siswa membaca Al-quran dan mengisi ceramah agama, sehingga pemahaman keagamaan siswa meningkat (7) nilai-nilai kejujuran tidak muncul dengan sendirinya, karena itu dalam pembelajaran guru mengintegrasikan dengan nilai-nilai kejujuran, membiasakan siswa berbicara dan bersikap jujur sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (b) dampak kecerdasan spiritual dalam meningkatkan nilai-nilai kejujuran siswa di SMP Muhammadiyah Kodolagon Kecamatan Bokat Kabupaten Buol, yaitu: (1) siswa dapat mengakui kesalahan yang dibuatnya (2) siswa dapat meminta maaf apabila melakukan kesalahan (3) siswa saling mengingatkan kepada sesama temannya dan (4) siswa berupaya mengembalikan barang yang ditemukannya.

 

 

Kata Kunci        :  Dampak, kecerdasan spritual, nilai-nilai kejujuran

References

Agustian, Ary Ginanjar. ESQ Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual, Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2011.

al-Bukhari, Muslim, al-Muwaththa`, Abu Daud, dan at-Tirmidzi, dan ini adalah lafazhnya (Jami' al-Ushul 6/442, hadits no. 4641.

Arikunto, Suarsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta. 2013

Arikunto, Suharsimi dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta Bumi Aksara, 2010

At-Tirmidzi dengan lafazhnya, dan isnadnya shahih, Jami' al-Ushul 6/442 no.4642).

Clark, Thaddeus B. Apakah Kejujuran Itu?, diterjemahkan oleh: Sunarsi Sunario, Jakarta: Jaya Sakti, 2011.

Damardi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. 5, Bandung: Alfabeta, 2014

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka. 2011.

Didaktika, Koran Republika, kamis 01 Juli 2017

http://rizkyharyanto.blogspot.com/2011/07/nilai-kejujuran-dan-tanggung-jawab.html, diakses tanggal 26 Februari 2019.

http://www.sarjanaku.com/2013/01/kecerdasan-spiritual-perspektif-menurut.html, diakses tanggal 26 Februari 2019.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Jakarta: Kementerian Agama, 2016.

Kusumawati, Ririen. Artificial Intelligence Menyamai Kecerdasan Buatan Ilahi? (UIN Malang Press, Malang. 2010.

Larashati, Bening. Kecerdasan Emosional VS Kecerdasan Spiritual (online),(http://beninglarashati.wordpress.com), diakses tanggal 03 juli 2018

Masdul MR. Komunikasi pembelajaran. IQRA J Ilmu Kependidikan Dan Keislam. 2018;13(2):1–9.

Masdul MR, Marhum AMA. Masa Pranatal sampai Pasca Natal dalam Adat Buol (Tinjauan Pendidikan Islam). IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(1):1–8.

Mufarik A, Lasawali AA, Masdul MR, Muhammad M, Kalamunting SD. Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Program Asrama di SMP IT Qurrota A’yun Palu. IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(2):78–82.

Malik dalam al-Muwaththa`2/990 secara mursal dalam ucapan…dan ia termasuk hadits hasan mursal (Jami' al-Ushul 10/598, hadits no. 8183.

Margono, S. Metode Penelitian Pendidikan, Cet. VI, Jakarta: Rineka Cipta, 2015

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet.XVII, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Musa, Yusnidur Usman. Sindrome Verbalisme Kejujuran (online) (http://pula pingkui.blogspot.com/2018/01/sindrom-verbalisme-kejujuran.html), 19 Januari 2018

Mustofah, Jejen. Kecerdasan Akal Menurut Hadits, Jakarta: Kordinat, 2015.

Novlan, Yosi dan N. Faqih Syarif H, QLA-T, Surabaya: PT.Java Pustaka Media Utama, 2013.

Pasiak, Taufiq. Revolusi IQ/EQ/SQ: Antara Neurosains dan Al-Qur’an, Cet.VII, Bandung: Mizan Pustaka, 2012.

Ramly, Amir Teuku. Pumping Talent, Kawan Pustaka, Jakarta. 2014.

Robert C & Stern J. Tailor, Kualitatif, Dasar-dasar Penelitian, Surabaya: Usaha Nasional, 2013

Sabri, Alisuf. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2010.

Shadily, Hasan. Ensiklopedi Indonesia, Jakarta: PT. Ichtiar Baru Vanhoeve, 2010.

Sudrajat, M. Subana. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah, Cet. 5, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.

Suharsono, Melejitkan IQ, IE & IS, (Inisiani Press, Jakarta. 2011.

................., Mencerdaskan Anak: Melejitkan Dimensi Moral, Intelektual & Spiritual, Cet. ke-VII Jakarta: Insiani Press, 2012.

Suharto, Dedhi. AK, Qur’anic Quotient (QQ), Cet. 5, Jakarta: Yayasan Ukhuwah, 2011.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>