IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI NASIONALISME SISWA DI SD NEGERI 07 LAKEA KABUPATEN BUOL

  • Martini Martini Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Normawati Normawati Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa Di Sd Negeri 07 Lakea Kabupaten Buol, yang dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan pada masa sekarang. Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia yang kurang menaruh perhatian terhadap pendidikan afektif peserta didik yang mengakibatkan merosotnya moralitas generasi muda, beberapa tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sudah menjadi hal yang biasa, seperti korupsi, kenakalan antar remaja, menyontek, absen saat jam sekolah bagi para pelajar dan lain sebagainya. Beberapa pihak mensinyalir bahwa merosotnya moralitas yang terjadi di Indonesia salah satunya karena rendahnya mutu pendidikan yang mana kurang memperhatikan pendidikan ke agamaan dan nilai tanggung jawab sebagai bentuk dari jiwa kepedulian terhadap orang lain, kelompok, agama, bangsa dan negara. Dengan fokus dalam penelitian ini melihat implementasi dan implikasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa di SD Negeri 7 Lakea Kabupaten Buol.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, dengan mengambil tiga sampel satu sebagai kepala sekolah, dan dua sebagai guru agama islam,

Dengan hasil penelitian (1) implementasi pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa di SD Negeri 7 Lakea Kabupaten Buol. Bahwasanya Peningkatan nilai-nilai Nasionalisme dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 07 Lakea menggunakan kegiatan intrakulikuler. Adapun pelaksanaan Pendidikan PAI di SD Negeri 07 Lakea adalah memasukkan nilai nasionalisme dalam semua materi pembelajaran PAI. Secara umum aspek materi yang disampaikan dalam SD Negeri 07 Lakea adalah: al-Qur’an hadis, Akidah, Akhlak, Fiqh, dan sejarah Kebudayaan Islam dan dari pembelajaran tersebut siswa mendapatkan Nilai Religius, Nilai Jujur, Nilai Mandiri, Nilai Semangat Kebangsaan, Nilai Cinta Tanah Air, Nilai Bersahabat dan Komunikatif, Nilai Tanggung Jawab.  (2) implikasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa di SD Negeri 7 Lakea Kabupaten Buol. Bahwa nilai-nilai nasionalisme sangat berkaitan dengan pendidikan Agama Islam dari perencanaan sampai kepelaksanaan nilai nasionalis terdapat pada perilaku jujur dan peduli sosial serta tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa.

Kata Kunci        :  Implementasi, Pendidikan Agama Islam, peningkatan Nilai-Nilai Nasionalisme.

References

Achmadi, Abu. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2011.

Al-Abrasyi, Mohammad. Athiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2011.

Ali, Mohammad Daud. Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Al-Khalwathi, Ismail Haqqi al-Hanafi. Ruhul Bayan, Beirut, Dar Al-Fikr, tt.

Al-Syaibany, Oemar Muhammad al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, diterjemahkan oleh Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 2013.

Al-Zuhaily, Wahbah. Tafsir al-Wasith, Juz 1, Damaskus, Dar Al-Fikr, 1422H.

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam Di Sumah, Sekolah Dan Masyarakat, diterjemahkan oleh: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press, 2015.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Azizy, Qodri. Pendidikan Agama Untuk Membangun Etika Sosial, Semarang: Aneka Ilmu, 2012.

Chamim, Asykuri Ibn. et.al, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Diktilitbang PP Muhammdiyah, 2014.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2015.

Djiwandono, J. Soedjati. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Tonny D Widiastono (ed), Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2014.

Herdiawanto, Heri dan Jumanta Hamdayana, Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara, Jakarta: Erlangga,2015.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Kartodirjo, Sartono. Multidimensi Pembangunan Bangsa Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan, Yogyakarta: Kanisisus, 2012.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Cordoba, 2018.

Kohn, Hans. Nasionalisme, Arti dan Sejarahnya, Jakarta: PT. Pembangunan, 2012.

Kohn, Hans. Nasionalisme, Arti dan Sejarahnya, Jakarta: PT. Pembangunan, 2014

Madjid, Nurcholis. Islam Kerakyatan dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 2011

Maliki, Zainuddin. Agama Rakyat Agama Penguasa, Edisi Revisi, Yogyakarta: Galang Press, 2015.

Moesa, Ali Maschan. Nasionalisme Kyai, Jogjakarta: LKIS, 2016.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2012.

Razak, Abdul. dkk, Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Jakarta: Kencana, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Suhartono, Suparlan. Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Yatim, Badri. Soekarno, Islam dan Nasionalisme, Jakarta: Logos, 2013.

Yatim, Badri. Soekarno, Islam dan Nasionalisme¸ Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2013.

Mansur Isna, Diskursus Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Global Pustaka Umum, 2001),

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995),

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya: 2005),

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)