Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023
Relationship between Health Service Quality and Patient Satisfaction at the Mamboro Health Center, North Palu District, Palu Municipality, Central Sulawesi Province Year 2023
Abstract
Penilaian kualitas keperawatan dapat diukur dengan kepuasan pasien rawat jalan dan tanggapan pasien tentang mutu pelayanan keperawatan. Hasil wawancara awal kepada 15 orang, terdapat 10 orang pasien menyatakan sudah merasakan kepuasan terhadap fasilitas Puskesmas, serta terdapat 5 orang pasien menyatakan masih kurangnya keramahan petugas kesehatan terhadap pasien. Tujuan penelitian ini diketahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mamboro. Jenis penelitian ini penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dewasa yang berkunjung di Puskesmas Mamboro. Jumlah sampel 43 orang. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Data dianalisis dengan univariat dan bivariat. Hasil penelitian ditemukan bukti langsung dengan kepuasan pasien dengan p value =0,002 (< 0,05) artinya ada hubungan. Keandalan dengan kepuasan pasien p value =0,654 (> 0,05) artinya tidak ada hubungan. Ketanggapan dengan kepuasan pasien p value =1,000 (> 0,05) artinya tidak ada hubungan. Jaminan dengan kepuasan pasien p value 0,53 (> 0,05) artinya tidak ada hubungan. Empati dengan kepuasan pasien p value =0,028 (< 0,05) artinya ada hubungan. Kesimpulan ada hubungan bukti langsung dengan kepuasan pasien. Tidak ada hubungan kehandalan dengan kepuasan pasien. Tidak ada hubungan ketanggapaan dengan kepuasan pasien. Tidak ada hubungan jaminan dengan kepuasan pasien. Ada hubungan empati dengan kepuasan pasien. Disarankan Puskesmas Mamboro agar meningkatkan pelayanan kepada pasien rawat jalan memperhatikan mutu pelayanan guna mewujudkan kepuasan pasien selama proses perawatan.
References
Dinkes Sulteng. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021.
Ensha, I. S. (2018). Pengaruh Implementasi Kebijakan Akreditasi Puskesmas terhadap Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan Produktivitas Kerja. Jurnal Publik : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 12(01), 12–23. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPB/article/view/283
Fitria, I., Asad, M. A., & Lukman, L. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Rappang. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 8(3), 190–197. https://doi.org/10.51817/prj.v8i3.296
Hariany, Z., & Matondang, R. A. (2014). Analysis of Community Satisfaction Index (IKM) on Public Service at XXX Community Health Center. E-Journal of Industrial Engineering FT USU, 5(2), 17–21.
Herman. (2015). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Katalogis, 6, 2.
Lawan, K., Romeo, P., & Sirait, R. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Oesapa Kota Kupang. Media Kesehatan Masyarakat, 4(1), 82–88.
Lobat, & Erni, M. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Simpang Iv Sipin Kota Jambi Tahun 2021. Journal of Materials Processing Technology, 1(1), 1–8.
Machfoedz. (2013). Metode Penelitian Kesehatan Kedokteran, keperawatan, kebidanan, dan Kesehatan Lainnya. Fitramaya.
NADYA FIRDA RACHMAWATI. (2022). Instalasi Farmasi Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Blud Puskesmas Pulorejo.
Notoadmodjo. S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Paulu, pingkan prila. (2018). PENDAHULUAN Pusat kesahatan masyarakat (Puskesmas ) merupakan fasilitas kesehatan upaya yang masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama , dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif , menyelenggarakan kesehatan yang setinggi-t. 7.
Triwibowo C. (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit. Penerbit Buku Kesehatan.
Utami, M., & Apridiansyah, Y. (2019). Implementasi Algoritma Sequential Searching Pada Sistem Pelayanan Puskesmas Menggunakan Bootstrap (Studi Kasus Puskesmas Kampung Bali Bengkulu). JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(1), 81–86. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i1.166
Wahid, D., & Romadani, D. (2021). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dari Pelayanan Puskesmas Lubuk Landai Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/10.36355/jms.v1i1.479
Wilujeng, F. R., & Rembulan, G. D. (2019). Perancangan Model Kualitas Pelayanan Puskesmas dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 5(2), 43–50. https://doi.org/10.30656/intech.v5i2.1675
Fadlia, Warzika, Sudirman Sudirman, and Eka Prasetia Hati Baculu. 2019. “HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MABELOPURA KOTA PALU.†Jurnal Kolaboratif Sains 2(1).
Wahidah, Robiatul, Sudirman Sudirman, and Mohamad Andri. 2019. “HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PUSKESMAS BIROBULIKECAMATAN PALU SELATAN KOTA PALU.†Jurnal Kolaboratif Sains 2(1).