Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswa Kelas V dan VI dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SDN 1 Inpres Lasoani Tahun 2023
The Relationship between Knowledge and Attitudes of Class V and VI Students with Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) at SDN 1 Inpres Lasoani in 2023
Abstract
PHBS sebagai upaya untuk membantu masyarakat untuk mengenali dan mengatasi masalahnya sendiri, dalam tatanan masing-masing. Agar dapat menerapkan cara hidup bersih dan sehat, dalam rangka menjaga, memelihara dan menjaga kesehatan. Didapatkan sebagian siswa masih membuang sampah sembarangan sedangkan tong sampah telah disediakan. Selain itu siswa juga tidak terbiasa mencuci tangan sebelum makan. Tujuan penelitian ini diketahuinya hubungan pengetahuan dan sikap siswa kelas V dan VI dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SDN 1 Inpres lasoani. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif desain analitik dengan pendekatan studi potong lintang (crsos-sectional), penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2022, di SDN 1 Inpres lasoani, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI jumlah sampel 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data analisis dengan univariat dan bivariate. Hasil penelitian menggunakan uji shi-square terhadap hubungan antara pengetahuan siswa dengan perilaku hidup bersih dan sehat mendapatkan nilai p-value = 0.025 (<0,05) yang artinya ada hubungan. Sedangkan hubungan antara sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat mendapatkan nilai p-value = 0,525 (>0,05) yang artinya tidak hubungan. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan siswa dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Tetapi tidak terdapat hubungan antara sikap siswa dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
References
Aspiah, A., & Mulyono, S. (2020). Peran Perawat Sekolah dalam Memberikan Edukasi Kesehatan Terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Sekolah: Tinjauan Literatur. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), 11(April), 26. https://doi.org/10.33846/sf11nk204
Buramare, M., Yudiernawati, A., & Nurmaningsih, T. (2017). Pengetahuan anak anak jalanan (usia sekolah) berhubungan dengan pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nursing News, 2(2), 71–79. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/466
Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program UKS dengan Perilaku Hidup dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 3(1), 15–24.
Gabur, M. G., Yudiernawati, A., & Dewi, N. (2017). Hubungan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) terhadap Personal Hygiene Anak Usia Sekolah Di SDN Tlogomas 2 Malang. Journal Nursing News, 2(1), 533–542.
Listiadesti, A. U., Noer, S. M., & Maifita, Y. (2020). Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Jurnal Menara Medika, 3(1), 1–12. http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/article/view/2198
Lubis, Z. S., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2019). Pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang PHBS. 3(2252), 58–66.
Lukas, A., Utami, N. W., & Putri, R. M. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Pra Sekolah di TK Dharma Wanita Persatuan Tlogomas Malang. Nursing News, 4(1), 219–228.
Nasiatin, T., & Hadi, I. N. (2019). Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Faletehan Health Journal, 6(3), 118–124. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.111
Notoadmodjo. S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Prasetyanti, D. K., & Yanuaringsih, G. P. (2019). Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1). https://doi.org/10.32660/jurnal.v5i1.335
Rahayu, A. K., & Setiasih, O. (2022). Strategi Orang Tua dalam Membiasakan PHBS Anak Usia Dini saat Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4118–4127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2115
Rompas, R., Ismanto, A. Y., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Orangtua Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah di SD INpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Journal Keperawatan (EKp), 6(1), 1–6.
Rozi, F., Zubaidi, A., & Masykuroh, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39788
Sugiritama, I. W., Wiryawan, I. G. N. S., Ratnayanthi, I. G. A. D., Arijana, I. G. K. K., Linawati, N. M., & Wahyuniari, I. A. I. (2021). Pengembangan Pola Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 64. https://doi.org/10.24843/bum.2021.v20.i01.p11