Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kekambuhan Halusinasi Pendengaran pada Pasien yang Berkujung di Klinik Jiwa RSUD Madani Palu

  • Amir Poltekkes Kemenkes Palu
  • Ahmad Poltekkes Kemenkes Palu
  • Supriadi Abdul Malik Poltekkes Kemenkes Palu
  • Fajrilah Kolombo Poltekkes Kemenkes Palu
Keywords: Dukungan Keluarga, Kekambuhan, Halusinasi Pendengaran

Abstract

Kekambuhan pada Orang Dengan Gangguan Jiwa  menyebabkan kurangnya percaya diri, penurunan produktifitas, beban perawatan dari RS jiwa, beban ekonomi keluarga, peningkatan stigma di masyarakat. Tujuan untuk menganalisis hubungan dukungan informasi, dukungan penilaian, dukungan instrumental, dukungan emosional keluarga dengan kekambuhan halusinasi  pendengaran pada pasien yang berkujung di kelinik jiwa RSUD madani  palu.

Jenis penelitian ini menggunakan metode Survei Analitik pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah 33 responden. Teknik pengambilan sampel porposive sampling analis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah univariat dan bivariate.

Hasil penelitian ini menujukan bahwa ada hubungan dukungan informasi, dukungan penilaian, dukungan instrumental, dukungan emosional keluarga dengan kekambuhan halusinasi pendengaran dengan kategori dukungan informasi baik sebanyak 25 responden 76% dukungan penilaian sebanyak 26 responden 79% dukungan instrumental 26 responden 79% dukungan emosional 31 responden 94% kekambuhan sebanyak 29 responden 88% nilai P 0,000 (<0,005) ditemukan dalam uji statistik yang dilakukan dengan uji Chi-square.

 Kesimpulan bahwa kekambuhan pada pasien halusinasi pendengaran berhubungan secara signifikan oleh dukungan keluarga. Penelitian ini diharapkan sebagai pemberi layanan Kesehatan jiwa perlu meningkatkan pengetahuan melalui konseling tentang halusinasi pendengaran dan motivasi anggota keluarga, pasien halusinasi pendengaran untuk selalu mendukung pasien yang menjalani pengobatan.

References

Akasyah, W., & Apriyanto, B. S. (2023). Determinan Kekambuhan Orang Dengan Gangguan Jiwa Berat : A Scoping Review.

Bahtiar, Surahman Batara, A., & Rizqiani, A. (2022). Pengaruh Media Promosi Kesehatan (Video Edukasi) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Seks Bebas. Scholar.Archive.Org, 71(3), 143–148.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, 1–377.

Elisa. (2023). Gambaran Dukungan Keluarga Dalam Keperawatan Pasien dengan Gangguan Halusinasi Pendengaran.

Fau, P., & Mei Yati Simatupang. (2023). Asuhan Keperawatan Keluarga: Teori dan Aplikasi (M. Hidayat & Miskadi (eds.)). Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

I Gede Yudiana Putra, I. W. S., & Nurlela, Lela, D. H. S. (2023). KEPERAWATAN KELUARGA: Tori & Studi Kasus (Putu Intan Daryaswanti (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Nasution, J. D., & Pandiangan, D. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kekambuhan Pada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 13(2), 126–129.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2019). Pengaruh Intervensi Strategi Pelaksanaan Keluarga terhadap Pengetahuan dan Kemampuan Keluarga dalam Merawat Klien Skizofrenia dengan Halusinasi. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 405–415.

Ruswadi, I. (2021). KEPERAWATAN JIWA: panduan praktis untuk mahasiwa keperawatan (Abdul (ed.)). Adab (CV. Adanu Abimata).

Santi, F. N. R., Nugroho, H. A., Soesanto, E., Aisah, S., & Hidayati, E. (2021). Perawatan Halusinasi, Dukungan Keluarga Dan Kemampuan Pasien Mengontrol Halusinasi : Literature Review. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(3), 271.

Simanjuntak, A. (2020). Manajemen Terapi Generalis ( SP 1 – 4 ) dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Tn . R Dengan Masalah Halusinasi : Studi Kasus.

Sudarma Adiputra, I. M., Wayan Trisnadewi, N., Putu Wiwik, N., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan-Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel, dan Contoh Kuesioner (R. Inra (ed.)).

Published
2024-07-19
Section
Artikel Pengabdian

Most read articles by the same author(s)