Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Cabai Rawit di Desa Oloboju Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi

Channel Analysis and Marketing Margin of Cayenne Pepper in Oloboju Village, Biromaru District, Sigi Regency

  • Endah Wahyuning Asih Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Saluran, Margin, Pemasaran, Cabai Rawit

Abstract

Cabai merupakan komoditas sayuran yang penting dan bernilai ekonomi tinggi di Indonesia. Hal tersebut terbukti dari luas lahan pertanaman cabai yang mencapai 20% dari total pertanaman sayuran di seluruh Indonesia. Selain itu cabai hampir selalu digunakan dalam masakan  di Indonesia dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Buah cabai yang tidak tahan lama dan selalu dikonsumsi segar membuatnya harus tersedia setiap saat. itulah sebabnya setiap saat permintaan dan kebutuhan cabai selalu tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran dan mengetahui besarnya margin pemasaran Cabai Rawit di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penentuan responden dalam penelitian ini ditentukan secara sengaja (Purposive) 25 orang (semua petani yang berusahatani Cabai Rawit), 4 pedagang pengumpul dan 6 pedagang pengecer. Data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis margin dan  total margin. Hasil penelitian menunjukkan ada 2 saluran yaitu saluran I dari Petani ke pedagang pengumpul lalu ke pedagang pengecer dan ke konsumen dengan total margin sebesar Rp. 25.000,-/Kg,dan saluran ke II Petani langsung ke pedagang pengecer lalu ke konsumen dengan margin sebesar Rp. 20.000,-/Kg.

References

Ete A, Alam NAN. Karakteristik mutu bawang goreng palu sebelum penyimpanan. Agrol J Ilmu-ilmu Pertan. 2009;16(4).

Juliana LEM, Manuel BRJ. La innovación continua en el éxito empresarial. Editorial UNED; 2014.

Fitriani A. Pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada BUMN. J Ilmu Manaj. 2013;1(1).

Rukajat A. Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish; 2018.

Sudiyono A. Pemasaran pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang; 2002.

Hapsari TD. Distribusi dan Margin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) di TPI Ujungbatu Jepara. Aquasains. 2014;2(2):131–8.

Mubarok AA, Arsyad A, Miftah DH. Analisis Nilai Tambah Dan Margin Pemasaran Pisang Menjadi Olahan Pisang Analysis of Added Value and Marketing Margin of Processed Banana Products. J Pertan ISSN. 2015;2087.

Wardoyo H, Maisa and Ambo I (2018) The EEffectiveness of Regulation on Macro and Micro Business in Central of Sulawesi (Case Study: PT. JasaRaharja). International Journal of Science and Research (IJSR): 2016–2019.

Published
2021-12-14
Section
Artikel Penelitian