Uji Kandungan Klorin (Cl2) pada Beras di Pasar Inpres Manonda Palu

Test Content Chlorine (Cl2) In Rice in the Market Inpres Manonda Palu

  • Utami Razna Putri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Miswan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Rismawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Beras, Klorin (Cl2)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan klorin (Cl2) pada beras di Pasar Inpres Manonda Palu dengan melakukan uji laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. peneltian ini menggambarkan pemeriksaan kandungan klorin (Cl2)  pada beras di Pasar Inpres Manonda Palu melalui uji laboratorium. Objek dalam penelitian ini adalah keseluruhan dagangan beras berjumlah 15 sampel beras yang tersebar di Pasar Inpres Manonda Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke-15 sampel beras dinyatakan non reaktif yang artinya dari keseluruhan sampel tersebut tidak mengandung klorin (Cl2). Penelitian ini menyarankan agar instansi kesehatan diharapkan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dan keamanan pangan dari bahan tambahan pangan yang berbahaya, khususnya pemeriksaan kandungan klorin (Cl2) pada beras yang dilakukan secara rutin.

References

Aminah, S., Marzuki, I., & Rasyid, A. (2019). Analisis Kandungan Klorin pada Beras yang Beredar Di Pasar Tradisional Makassar Dengan Metode Argentometri Volhard. Seminar Nasional Pangan, Teknologi Dan Enterpreneurship, 171–175.
Fatmawati, Laenggeng, A. H., & Amalinda, F. (2018). Analisis Kandungan Gizi Makro Kerupuk Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrgizus). Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 159–167.
Peraturan Menteri Kesehatan RI, 2012, Bahan Tambahan Pangan, PerMenkes RI, No. 33/menkes/per/IX/2012, Menkes RI, Jakarta.
Rosita, D., Zaenab, S., & Krisno Budiyanto, M. A. (2016). Analisis Kandungan Klorin pada Beras yang beredar di Pasar Besar Kota Malang sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 88–94.
Setiawan, 2017, Inspeksi Badan Penyehatan Obat dan Makanan (BPOM) Terhadap Kandungan Klorin Pada Beras di Kota Bandung.
Sinuhaji, D. N. (2009). Perbedaan Kandungan Klorin (Cl 2 ) Pada Beras Sebelum Dan Sesudah Dimasak Tahun 2009. Universitas Sumatera Utara.
Tilawati, W., Agustina, A., & Sutaryono. (2015). Identifikasi dan penetapan kadar klorin (Cl2) Dalam Beras Putih di Pasar Tradisional Klepu dengan Metode Argentometri. CERATA Jurnal Ilmu Farmasi, 6(1).
Wulandari, Sudirman, & Amalinda, F. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan Penggunaan Zat Pewarna pada Jajanan di Lapangan Vatulemo Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 490–501.
Published
2020-06-15
Section
Artikel Penelitian