Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Hipertensi dan Gastritis di Desa Matolele Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong

Utilization of Family Medicinal Plants (Toga) as an Effort to Prevent Hypertension and Gastritis in Matolele Village, Central Parigi District, Parigi Moutong Regency

  • Syamsurizal Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Puput Ayu Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Desvita Maharani Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Rafil Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mega Sintia Nur Karisma Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurasina Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Jufri Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Rismawati Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Hipertensi, Gastritis, Tanaman Obat Keluarga

Abstract

Penyakit tidak menular (PTM) telah menjadi masalah kesehatan utama di seluruh dunia dan di Indonesia, khususnya hipertensi dan maag. Prevalensi penyakit-penyakit ini terus meningkat, sehingga menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi terhadap pencegahan hipertensi dan maag dengan menggunakan Tanaman Obat Keluarga Tradisional di Desa Matolele Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tanpa perbandingan, dengan menggunakan One Group Pre-Test dan Post-Test. Accidental sampling digunakan untuk memilih 31 partisipan. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan peserta mengenai pencegahan hipertensi dan gastritis setelah intervensi pendidikan. Hal ini menunjukkan efektivitas pendidikan kesehatan dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang penyakit tersebut serta pemanfaatan tanaman obat tradisional. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan memainkan peran penting dalam mendorong tindakan pencegahan terhadap PTM dan meningkatkan kesehatan masyarakat di komunitas sasaran

References

Ratna Dila S. Faktor Penyebab Hipertensi Pada Pasien Dewasa Di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Sainsbertek J Ilm Sains Teknol. 2023;3(2):19–27.

Yunanda FT. Gambaran Faktor Penyebab Terjadinya Gastritis Di Desa Tlogowaru Wilayah Kerja Puskesmas Temandang Kabupaten Tuban. J Multidisiplin Indones. 2023;2(8):1742–57.

Wahidin M, Agustiya RI, Putro G. Beban Penyakit dan Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Indonesia. J Epidemiol Kesehat Indones. 2023;6(2):105–12.

Telang U, Health S. Pengaruh TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ) Sebagai Terapi Pendamping Hipertensi Berdasarkan Outcome Terapi Hipertensi Di UPTD Puskesmas Telang Siong Effectivity Test of TOGA ( Family Medicinal Plants ) as a Complementary Therapy for Hypertension ( WHO ) pend. 2(1):1–8.

Suwindiri, Yulius Tiranda WACN. FAKTOR PENYEBAB KEJADIAN GASTRITIS DI INDONESIA?: LITERATURE REVIEW Mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang , Sumatera Selatan , Indonesia IKesT Muhammadiyah Palembang , Sumatera Selatan , Indonesia. J Keperawatan Merdeka. 2021;1(November):209–23.

Akbar M, Oriesta A, Hapsari T. Pengaruh Media Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Labuan Kabupaten Donggala The Influence of Leaflet Media on the Level of Knowledge of the Elderly in the Working Area of the Labuan Health Center , Donggala Regency. 2024;7(1):537–42.

Farida U, Wahyuni KSPD, Paringsih DPM. Hubungan Self-Management Pengobatan Terhadap Kadar Gula Darah Pada Pasien Rawat Jalan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas. J Syifa Sci Clin Res. 2023;5(2):327–37.

Triyandi R, Iqbal M, Zakiah Oktarlina R, Ramdini DA. Edukasi Penyakit Gastritis serta Pemanfaatan Penggunaan Obat Tradisional dalam Terapi di Desa Cipadang Gedong Tataan Pesawaran. JPM Ruwa Jurai. 2023;8(1):22–6.

Published
2024-05-10
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)