Perbandingan Jumlah Kecoa berdasarkan Jenis Umpan di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu

Comparison of the Number of Cockroaches by Type of Bait at Mutiara Sis Al Jufri Airport, Palu

  • Farid Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Budiman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Nur Rismawati Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Perbandingan, Kecoa, Jenis Umpan

Abstract

Vektor (arthropoda) yang berada di lingkungan yang dapat menularkan agent penyakit kepada manusia baik secara mekanis maupun secara biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Jumlah kecoa berdasarkan jenis Umpan di bandara mutiara Sis Aljufri palu dengan mengunakan perangkap lem atau Stick Trap. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian eksperimental yaitu dari perangkap yang di pasang sebayak 180 buah selama 6 hari perlakuan yang mengunakan 2 jenis varian umpan yaitu slei kacang dan pelet dan 1 kontrol pada dua titik peletakan umpan yaitu dapur kantin dan toilet yang berada di Bandara Mutiara Sis aljufri Palu.Hasil penelitian yang di dapat Umpan Slei kacang  lebih di sukai oleh kecoa di bandingkan dengan umpan pelet ini teruji pada perangkap kecoa yang berisi selai kacang tertangkap sebanyak 57 kecoa dan perangkap yang berisi pelet berjumlah 16 kecoa.Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdapat perbedaan signifikan terhadap jumlah kecoa yang tertangkap berdasarkan jenis umpan yakni slei kacang,pelet dan kontrol pada dapur kantin dan toilet gedung dan bangunan yang berada di bandaran sis aljufri palu. Saran bagi peneliti diharapkan untuk menjadi bahan pembelajaran dan pengembangan ilmu. Saran bagi petugas Sanitaria yang berada di bandara Mutuiara Sis Aljufri palu dapat menjadi pengetahuan alternatif untuk melakukan pemeriksaan Vektor penyakit terkususnya kecoa Agar jadi pembanding umpan yang di pakai selama ini dengan yang di gunakan oleh peneliti yaitu slei kacang.

References

Ekarini, Charina Indhy Btari, 2017, Profil Morfometri Kecoa Periplaneta Americana Dan Blatta Orientalis Di Daerah Cawang Tahun 2017, Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, 6

Farah Ghina Arifah, 2016, Preferensi Kecoak Amerika Periplaneta americana (L.) (Blattaria : Blattidae) terhadap Baiting Gel, Entomologi Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, 4.

Hafsa Memona, Farkhanda Manzoor, Saffora Riaz, 2017, Species Diversity and Distributional Pattern of Cockroaches in Lahore, Pakistan, Pakistan J Arthropod-Borne Dis, 11(2), 249–259

Herma Amalia, Idham Sakti Harahap 2010, Preferensi Kecoa Amerika Periplaneta Americana (L). (Blattaria:Blattidae) terhadap berbagai Kombinasi Umpan, J. Entomol. Indon,7(2),67-77.

Iin Muntafiah, 2020, Analisis Pakan pada Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp.) di Mranggen, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurnal Riset Sains dan Teknologi Volume 4 (1), 35 – 39.

Jumaeni, 2020, Karakteristik Selai Kacang Tanah (Arachys Hypogea) Dengan Variasi Penambahan Gula Aren, Skripsi Tidak Diterbitkan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep.

Laeli Kartika Cahyani, 2018, Gambaran Faktor-Faktor Yang Terkait Dengan Kepadatan Kecoa Di Tempat Penjualan Bahan Pangan Dan Makanan Pasar Tradisional Kota Semarang, Volume 6, ( 5 ) , (ISSN: 2356-3346).

Lutterschmidt WI, Hutchison VH, 1997, The critical thermal maximum: history and critique. Canad J Zoo. 75: 1561–1574.

Majid, Suharto Abdul., dan Warpani, Eko Probo D. (Ed) , 2009, Ground Handling Manajemen Pelayanan Darat Perusahaan Penerbangan. Rajawali pers,Jakarta.

Muliani dkk, 2019, Analisis kandungan gizi pakan pellet yang diformulasikan dari bahan baku nabati berbeda terhadap kecukupan gizi ikan herbivora, Aquatic Sciences Journal, 6:2: 86-92.

Prachumporn Lauprasert, Duangkhae Sitthicharoenchai, Kumthorn Thirakhupt dan Art-Ong Pradatsudarasar, 2006, Food Preference and Feeding Behavior of the German Cockroach, Blattella germanica (Linnaeus), Bangkok, J. Sci. Res. Chula. Univ,31 (2)

Rachael C. Perrott and Dini M. Miller,2010. American Cockroach, Associate Professor and Extension Specialist, Entomology, Virginia Tech, Virginia Cooperative Extention. Publication 1 (4),444–288

Widya, Martini dan Praba Ginandjar, 2018, Uji Palatabilitas Umpan Terhadap Jenis Kecoa Yang Ditemukan Pada Warung Makan Tegal Di Kelurahan Tembalang,Jurnal Kesehatan Masyarakat ,6 (5)

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2002, Profil Indonesia Sehat, Depkes RI, Jakarta.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia 17 april 2023, Berita Utama (https://dephub.go.id/post/read/menhub--proses-rekonstruksi-dan-rehabilitasi-bandara-mutiara-sis-al-jufri-palu-dikebut)

Lembaga Negara RI Tahun 2009, Undang Undang No 1 Tentang Penerbangan.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2014, Tentang Penyelenggaraan Pelabuhan Dan Bandar Udara Sehat. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023, tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan. Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 29 Tahun 2005, Tentang Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-7047-2004 Mengenai Terminal Kargo Bandar Udara Sebagai Standar Wajib.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 61 Tahun 2015, Tentang Fasiltas (FAL) Udara, Jakarta..

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 77 Tahun 2015 Tentang Standarisasi Dan Sertifikasi Fasilitas Bandar Udara.

Published
2023-12-08
Section
Artikel Penelitian