Uji Kandungan Bakteri Escherichia Coli pada Makanan dan Kondisi Fasilitas Sanitasi Tempat Pengolahan Makanan di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu

Escherichia Coli Bacteria Content Test in the Food and Condition Of Food Processing Facilities in Mutiara Sis Al Jufri Airport

  • I Nengah Suyasa Pasek Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Budiman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Rismawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Makanan, TPM, Escherichia Coli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Escherichia coli  pada Makanan dan kondisi fasilitas sanitasi tempat pengelolaan makanan di Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu. Jenis penelitian adalah penelitian yang bersifat deskripif analitik, yaitu untuk mengetahui keberadaan Escherichia coli  pada makanan dan mengetahui kondisi fasilitas sanitasi tempat pengolahan makanan di Bandar Udara Mutiara Sis Al Jufri Palu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kandungan bakteri Escherichia coli  pada makanan di Tempat Pengolahan Makanan (TPM) yang berada di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu sebagian besar tidak terdapat kandungan bakteri Escherichia coli  dan kondisi fasiltas tempat pengolahan makanan sebagian besar memenuhi syarat kesehatan. Penelitian ini menyarankan agar melakukan pemeriksaan dan pemantauan secara rutin terhadap tempat pengelolaan makanan dan menerapkan prinsip higiene sanitasi tempat pengelolaan makanan di bandar udara

References

Adelberg, Jawetz & Melnick., 2017, Mikrobiologi kedokteran jawetz, Melnick, & Adelberg, Ed.23, Translation of Jawetz, Melnick, and Adelberg’s Medical Microbiology, 23thEd, EGC, Jakarta.
Azwar, A., 2007, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Adams, M. dan Motarjemi, Y., 2004, Dasar-dasar Keamanan Makanan untuk Petugas Kesehatan, EGC, Jakarta.
Chandra, B., 2006, Pengantar Kesehatan Lingkungan, EGC, Jakarta.
Dalimunthe, Tiya Maharani, 2016, Pengelolaan Sanitasi Toilet Umum, Pemantauan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti Dan Analisa Kandungan Candida Albicans Pada Air Bak Toilet Umum Di Beberapa Pasar Tradisional Kota Medan. Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara.
Mubarak,WI, dan Chayatain,N, 2009, Ilmu Kesehatan Mayarakat Teori dan Aplikasi, Salemba Medika, Jakarta.
Muchtar, Dwi Ayu Angriany, 2012, Gambaran Kondisi Fasilitas Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan Di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Alauddin.
Mukono, J., 2006, Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan, Edisi Kedua, Airlangga University Press, Surabaya.
Mutriani, Puspita Tri, 2017, Sudi Sanitasi Kapal Kargo dan Keberadaan bakteri E. Coli Pada Makanan Jadi Di Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya , Jurnal Kesehatan Lingkungan, 9, 2, : 111-121.
Putri, Meiwa Rizky Ardhi Bella, 2019, Identifikasi Bakteri Salmonella Typhi Pada Makanan Jajanan Gorengan Yang Dijual Di Depan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, Skripsi Tidak Diterbitkan, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.
Sanjaya, T.A. 2013, Deteksi Echerichia coli pada Jajanan Cendol yang dijual di Pasar Tradisional Kota Bandar Lampung, Medical Journal of Lampung University: ISSN 2337-3776:10–17.
Suryani Dyah, dan Astuti, Fardhiasih Dwi, 2019, Higiene dan Sanitasi pada Pedagang Angkringan di Kawasan Malioboro Yogyakarta, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15, 1, : 71.
Tantri, Yulia Daru, 2016, Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Makanan Pada Tempat Pengelolaan Makanan Di Wilayah Kerja Pelabuhan Laut Marunda KKP Kelas I Tanjung Priok ,Buletin Info Kesehatan Pelabuhan, 11, 3 : 29-31.
Tri Mutiarani, Puspita, 2017, Studi Sanitasi Kapal Kargo Dan Keberadaan Bakteri E.Coli Pada Makanan Jadi Di Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jurnal Kesling, 9, 2, : 10-11.
Tumelap, H. J., 2011, Kondisi Bakteriologik Peralatan Makan Di Rumah Makan Jombang Tikala Manado, JKL, 1, 1, : 20
Widyati. R, 2002, Higiene dan Sanitasi Umum dan Perhotelan, Grasindo, Jakarta.
Zakuan Ahmad, dan Dyah Suryani, Analisis Sanitasi Dan Personal Hygiene Pedagang Angkringan Di Alun-Alun Kota Yogyakarta Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 15, 1, : 1.
Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, 2018, Profil Kesehatan Provinsi Sulawsei tengah. (https://dinkes.sultengprov.go.id/profil-dinas-kesehatan-provinsi-sulawesi-tengah/), di akses 25 Oktober 2019.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, 2012, Pengertian umum bandar udara. (http://hubud.dephub.go.id/), di akses 17 September 2019.
Direktorat Jenderal PP & PL Depkes RI, 2009, Standar Operasional Prosedur Nasional Kegiatan Kantor Kesehatan Pelabuhan di Pintu Masuk Negara, Jakarta, Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2018. Profil Kesehatan Indonesia (https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf), di akses 25 Oktober 2019.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003, Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Rumah Makan Dan Restoran, Jakarta.
Published
2020-04-15
Section
Artikel Penelitian