Pengaruh Media Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Labuan Kabupaten Donggala

  • Mohammad Akbar Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Arli Oriesta Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Titi Hapsari Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fahrizal Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sukmawati Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Pito Murib Mahasiswa Prodi Magister Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Fitriyanti Nasir Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Ananda Risky Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Mia Apriani Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
  • Nur Afni Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sri Wahyudin Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Rismawati Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Indra Afrianto Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Franning Deisi Badu Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo
Keywords: Media Leaflet, Pengetahuan, Penyakit TB Paru, Diabetes Mellitus

Abstract

Desa Labuan Induk yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala yang memiliki prevalensi penderita Tb yang tinggi pada tahun 2022 yaitu sebesar 5 kasus dari total kasus TB Paru. Selama tiga tahun terakhir Desa Labuan Induk memang salah satu prevalensi yang dalam kasus TB Paru di Wilayah Puskesmas Labuan. Berdasarkan data Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala pada Tahun 2022 menunjukan jumlah pasien TB Paru di Kecamatan Labuan berjumlah 26 orang terdiri dari 18 laki-laki dan 8 perempuan. Sedangkan jumlah penderita DM di Kecamatan Labuan berjumlah 1026 kasus dan yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar berjumlah 400 kasus atau 39%..Penelitian ini bertujuan untuk teridentifikasinya pengaruh edukasi kesehatan menggunakan media leaflet terhadap tingkat pengetahuan tentang TB Paru dan Diabetes Melittus pada lansia. Metode : Adapun metode yang digunakan yaitu Analisa kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan pre eksperiment design tanpa perbandingan. Dengan menggunakan One Group Pre Test dan Post Test dengan menggunakan instrumen yaitu kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 responden. Hasil : Terdapat pengaruh pemberian edukasi kesehatan terhadap pengetahuan lansia tentang penyakit TB paru di wilayah Kerja Puskesmas Labuan Kabupaten Donggala dengan Pvalue = 0,000. Terdapat pengaruh pemberian edukasi kesehatan terhadap pengetahuan lansia tentang penyakit DM di wilayah Kerja Puskesmas Labuan Kabupaten Donggala dengan Pvalue = 0,006. Disarankan penelitian ini dapat dikembangkan lagi oleh peneliti selanjutnya dengan berbagai media edukasi yang berbeda dan variabel yang berbeda.

References

1. Furlow B. Tuberculosis: a review and update. Radiol Technol. 2010;82(1):33-52.
2. Glaziou P, Floyd K, Raviglione MC. Global Epidemiology of Tuberculosis. Semin Respir Crit Care Med. 2018;39(3):271-285.
3. Eurosurveillance editorial team. WHO publishes Global tuberculosis report 2013. Euro Surveill. 2013;18(43).
4. Suarjaya IK. Profil Kesehatan Provinsi Bali Tahun 2013. Dinas Kesehatan Provinsi Bali. 2014.
5. Kaur M, Prinja S, Kumar R. Evaluating the performance of health promotion interventions. Indian J Med Res. 2015;142(2):109-12.
6. Stathopoulos T, Sourtzi P. Evaluation of health education programme for prevention of smoking in secondary education students. Health Science Journal. 2013;7(1):68-80.
7. Astrom AN, Mashoto KO. Changes in oral health related knowledge, attitudes and behaviours following school based oral health education and atraumatic restorative treatment in rural Tanzania. Norsk Epidemiologi. 2012;22(1):21-30.
8. Rose K, Ayad S. Factors Associated with Changes in Knowledge and Attitude towards Public Health Concepts among Chiropractic College Students Enrolled in a Community Health Class. J Chiropr Educ. 2018;22(2):127-137.
9. Wang M, Han X, Fang H, Xu C, Lin X, Xia S, et al. Impact of Health Education on Knowledge and Behaviors toward Infectious Diseases among Students in Gansu Province, China. Biomed Res Int. 2018;23(2):72-86
Published
2024-01-31
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)