Gaya Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli

  • Suhaili MTs Muhammadiyah Tolitoli
  • Aminun P Omolu
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Kyai, Pondok Pesantren, Leadership Style, Leadership Strategy, Islamic Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis dan menjelaskan gaya kepemimpinan kiyai dalam mengembangkan pondok pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli. 2) Menganalisis dan menjelaskan Strategi kiyai dalam mengembangkan pondok pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli. Metode yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif. Peneliti juga menggunakan instrumen pembantu berupa pedoman wawancara, pedoman observasi, dan kajian dokumentasi, dan buku catatan. Prosedur pengolahan dan analisis data yang dilakukan peneliti yaitu teknik melalui kegiatan reduksi data dan penyajian data. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Gaya kepemimpinan kiai dalam mengembangkan pondok pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli adalah gaya kepemimpinan  kharismatik dan gaya kepemimpina Islami dengan mengedapankan nilai-nilai tauhid, adil, amanah, mengedepankan musyawarah dan ketauladanan memberikan pengaruh besar ke bawahan untuk bergerak mengikuti intruksi kiyai secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama. 2) Strategi kepemimpinan dalam mengembangkan pondok pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli yaitu dengan melakukan komunikasi intensif dengan semua lapisan kalangan masyarakat, melakukan pendekatan personal yang intensif dengan pejabat pemerintahan sebagi pengambil kebijakan, juga dengan para pengusaha sebagai pemilik modal, kemudian  dengan mendirikan lembaga pendidikaan formal dan non formal mulai dari SD, Madrasah Diniyah,MTs. Dan SMU, serta pengelolaan keuangan yang baik dengan mengedapankan aspek amanah dan kompetensi keilmuan.

This study aims to 1) analyze and explain the kiyai's leadership style in developing the Sirojul Ma'ruf Tolitoli Islamic boarding school. 2) Analyze and explain the Kyai's strategy in developing the Sirojul Ma'ruf Tolitoli Islamic boarding school. The method used is a qualitative research method. Researchers also used auxiliary instruments in the form of interview guides, observation guidelines, and documentation reviews, and notebooks. Processing procedures and data analysis carried out by researchers, namely techniques through data reduction activities and data presentation. The results of this study indicate: 1) The kiyai's leadership style in developing the Sirojul Ma'ruf Tolitoli Islamic boarding school is a charismatic leadership style and an Islamic leadership style by prioritizing the values of monotheism, fairness, trustworthiness, prioritizing deliberation and example giving great influence to subordinates to follow kiai's instructions voluntarily to achieve common goals. 2) The leadership strategy in developing the Sirojul Ma'ruf Tolitoli Islamic boarding school is by carrying out intensive communication with all levels of society, carrying out intensive personal approaches with government officials as policy makers, also with entrepreneurs as owners of capital, then by establishing formal educational institutions and non-formal starting from SD, Madrasah Diniyah, MTs. And high school, as well as good financial management by prioritizing aspects of trust and scientific competence.

References

ABDI KAMI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 6, No. 1, Februari 2023 ISSN 2654-606X (Print) | ISSN 2654-6280 (Online) Open Access |http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kam
Abdul Rahman Shaleh, Pendidikan Agama dan Kegamaan,Visi,Misi dan Aksi, (Jakarta,PT Gemawindu Panca perkasa,2000) hlm222.
Alfiatun Munawwaroh, Farid Wajdi, Vinesa Fitri, 2020. Gaya Kepemimpinan Nyai Hajah Masriyah Amva Di Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Eduprof : Islamic Education Journa, Volume 1 Nomor 2.
Arifin, Imron. (1993), Kepemimpinan Kyai, kasus pondok pesantren Tebuireng, cet., Malang.: Pertama, Kalimasada Press.
Arifin, Zaenal, 2016. Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren. Jurnal Pemikiran KeIslaman, 27(1), 40 ~ 64. https://doi.org/10.33367/ tribakti.v27 i1.258
Bernadheta Nadeak, 2018. Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi Pendidikan di Era 4.0, Uki Press, Jakarta.
ART, Departemen Agama RI, 2005. Al-Quran Terjemah Per-kata, Bandung: CV. Haekal Media Centre.
Dasep Suryanto, 2019. Efective Leadership Communication, Gramedia, Jakarta. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam. Volume 1 Nomor 2, Desember 2020 Page: 30-46
E. Mulyasa, 2017. Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Bandung: Remaja Rosda Karya)
Emron Edison, dkk., 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung: Alfabeta.
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana, 2011. Total Quality Management, Andi, Yogyakarta,
Guntur Cahaya Kesuma, Pesantren dan Kepemimpinan Kyai
Hakis, 2020. Adab Bicara Dalam Prespektif Komunikasi Islam, Jurnal Mercusuar Volume 1 No 1 Juli 2020
Hartati, Sri. 2013. Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. www.apipwu.com/wpcontent/uploads/2013/01/ArtikelSriHartati.pdf.
Ibnu Kholdun, 2016. “Gaya Kepemimpinan Demokratis untuk Meningkatkan Mutu Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta”, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan PAI Fakulas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sunan Kalijaga.
Irham Fahmi, 2013. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.
Jazim Hamidi dan Dani Harianto, 2015. Konsep Kepemimpinan Multikultural Nusantara¸ Malang, Nusantara.
MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan) Avalaible online at : http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index Volume 2, Nomor 2, Juli 2020.
PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 3, Nomor 3, Desember 2021; 514-520 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Majalah Persantren, 2003. Pesantren dan Radikalisasi Ummat, (Jakarta, Edisi XII, Tahun I.
Mardiyah, 2012 “Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi di Pondok Modern Gontor, Lirboyo Kediri, dan Pesantren Tebu Ireng Jombang”, Jurnal TSAQAFA, Vol. 8 No.
M.Bahri Ghozali, 2002. Pesantren Berwawasan Lingkungan, Jakarta Prasasti.
Muhamad Juhan Junaidi, 2018 “Analisis Gaya Kepemimpinan Pondok Pesantren Al Huda Bonggah Ngajuk”, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi KeIslaman, Volume 8, Nomor 3
Muhammad Sabiq Hilal Al Falih, dkk. Pengelolaan Keuangan Dan Pengembangan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Umkm Madu Hutan Lestari Sumbawa) Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 2 No. 12019
Muhaimin, 2010. Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah/Madrasah. , Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Syamsu Q. Badu & Novianty Djafri, 2017. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, IDEAS PUBLISHING, Gorontalo.
Yukl, G. 2010. Leadership in Organizations.Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall
St. Rodliyah, 2015. Manajemen Pendidikan, IAIN Jember Press, Jember
Sugioyo, 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif, Alfabeta, Bandung.
Qonita Alya, 2011, Kamus Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Dasar, Indah Jaya Adipratama, Bandung.
Veithzal Rivai Zainal, dkk., 2014. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Press
Published
2024-09-18
How to Cite
Suhaili, & P Omolu, A. (2024). Gaya Kepemimpinan Kiai dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Sirojul Ma’ruf Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 5(02), 59-76. https://doi.org/10.56338/jemil.v5i02.6122