Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong

  • Isnaini Isnaini SMK-SPP Muhammadiyah Siney
  • Aminun P Omolu Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kepemimpinan, Pendidikan Berbasis Masyarakat Leadership, Community Based Education.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji implementasi kepemimpinan pendidikan berbasis masyarakat dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas masyarakat di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan model analisis interkatif melalui tahapan reduksi data dan penyajian data serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pendidikan berbasis masyarakat untuk meningkatkan kualitas masyarakat di Desa Khatulistiwa sudah dilakukan namun belum maksimal untuk memenuhi keinginan seperti yang diharapkan, olehnya upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan pendidikan berbasis masyarakat saat ini terus dilakukan oleh pemerintah desa dan pihak yang terkait. Di Desa Khatulistiwa terdapat Pendidikan Berbasis Masyarakat, yaitu Madrasah Diniyah Al-Khairaat, Taman Pengajian Quran, Kelompok Nelayan, Remaja Islam Masjid, namun masih perlu pembenahan peningkatan sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran pendidikan berbasis masyarakat tersebut dan juga dari segi kualitas pengajar dan pengelolanya agar semakin berkembang dan maju. Adapun implikasi kepemimpinan pendidikan berbasis masyarakat pada peningkatan kualitas masyarakat yaitu semakin meningkatnya jumlah remaja dan anak-anak yang dapat mengaji dan mendapatkan pendidikan agama, berkurangnya tingkat kenakalan remaja yang terjadi di Desa Khatulistiwa. Hal ini secara psikologis sangat membantu orangtua dan pemerintah desa dalam menciptakan ketentraman masyarakat. Juga berimplikasi pada meningkatnya pendapatan yang diperoleh oleh para nelayan melalui pembinaan yang dilakukan di kelompok-kelompok nelayan. Hal ini berdampak yang sangat baik bagi kesejahteraan nelayan.

The research aims to examine the implementation of community-based educational leadership and its implications for improving the quality of society in Khatulistiwa Village, South Tinombo District, Parigi Moutong Regency by using a qualitative approach in collecting research data through interviews, observation and documentation. The data analysis procedure uses an interactive analysis model through stages of data reduction and data presentation as well as verification and drawing conclusions. The results of the research show that community-based educational leadership to improve the quality of society in Equatorial Village has been implemented but has not been fulfilled optimally as expected, therefore efforts to increase the capacity of community-based educational leadership are currently being carried out by the village government and related parties. In Equatorial Village there is Community-Based Education, namely Madrasah Diniyah Al-Khairaat, Al-Quran Recitation Park, Fishermen's Group, Mosque Islamic Youth, but there is still a need to improve facilities and infrastructure that support the smooth running of community-based education. Also, in terms of the quality of teachers and administrators so that they can develop and progress. The implication of community-based educational leadership in improving the quality of society is that more teenagers and children can recite the Koran and receive religious education, reducing the level of juvenile delinquency that occurs in Equatorial Village. Psychologically, this really helps parents and the village government in creating peace in the community. This also has implications for increasing the income earned by fishermen through coaching provided to fishing groups. This has a very good impact on the welfare of fishermen.

References

Afandi, 2013. “Efektifitas Kepemimpinan Transformasi Pesantren Bagi Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Kependidikan, 101. diakses tanggal 28 April
Firman, M. (2018). Policy and Implementation of Mangrove. h. 14-27
Hardiyanto. 2016, “Implikasi Parameter IPM Bidang Pendidikan Terhadap Program PNF”. Jurnal Pendidikan Vol. 3 (4), , h. 45-51
H, Baharun,., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: “Strategy for Improving the Quality of Human Resources,” AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1), 129-139. https://doi.org/10.33650/altanzim.v5i1.1831. diakses 13 Februari 2023
Hizbul, Muh. Muflihin. 2013. “Administrasi Pendidikan: Tinjauan Teori Untuk Praktek Manajerial Bagi Guru dan Pimpinan Sekolah. Yogyakarta: Pilar Media Media H. 99
J, Harris,., & Wihak, C.. 2018, The Recognition of Non-Formal Education in Higher Education: Where Are We Now, and Are We Learning from Experience?. International Journal E-Learning & Distance Education, Vol. 33 (1), , h. 1-19
Kementerian Agama RI, Al-quran dan Terjemahnnya, (Jakarta, 2022) h. 119
Moedzakir, M Djauzi , 2013, Pendidikan Luar Sekolah Revitalisasi Konsep, Aditya Media Publishing, Malang; h. 5
Muslim, Abd. Qadir dan I Gede Sedana Suci, 2020, “Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, (2), h. 162
Mukti , Nur. 2018, “Kepepmimpinan Visioner Kepala Sekolah” Jurnal Kepepndidikan, Vol. 6 No. 1 Juni
Maleong, Lexy J. 2014, Metode Penelitian Kualitatif , Cet XXXVI; (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, h. 7
Malik, Abdul dan Sabar Narimo. 2023, “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat di Temanggung, Jurnal Studi Islam, (Online), Vol 19 (1), https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7748, diakses 10 Februari.
Nur Mukti “Kepepmimpinan Visioner Kepala Sekolah” Jurnal Kepepndidikan, Vol. 6 No. 1 Juni 2018
Nawawi, Imam, 2016. Terjemahan Riyadhus Shalin, Jakarta : Pustaka Amani, h. 303-304
Rahmat ,Abdul, 2021, Kepemimpinan Pendidikan (Yogyakarta :Zahie Publishing : h. 23-24
Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin, 2016, Islamic Leadership (Jakarta: Bumi Aksara,
h. 7.
Sagala Syaiful , 2015, “Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren” Jurnal Tarbiyah, Vol. 22, (2), h. 216
Sawano, Yukiko et.al, Inte 2014, rnational Handbook of Lifelong Learning, Springer Science & Business Media, h. 28
Suharto, Toto, 2015, Pendidikan Berbasis Masyarakat: Relasi Negara dan Masyarakat dalam Pendidikan (Yogyakarta: LKiS, h. 142-143
Shihab, M. Quraish. 2013, Membumikan Al-Qur’an Jilid 2 (Jakarta: Lentera Hati,),
h.679
Tim Dosen Administrasi pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pendidikan. Bandung: 2014. Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, Ayat 1, 2, dan 3.
Undang-Undang “Sistem Pendidikan Nasional” No, 20. Tahun 2003. h. 12-13
Yusutria, Y. (2019). “Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini melalui Peningkatan Profesionalitas Guru,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3 No. 1. h. 27-32. https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4828 di akses 12 Februari 2023.
Published
2024-02-20
How to Cite
Isnaini, I., & P Omolu, A. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Masyarakat di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Journal of Educational Management and Islamic Leadership (JEMIL) , 4(01), 16-27. https://doi.org/10.56338/jemil.v4i01.5008