Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Self-efficacy terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMP di Kecamatan Banawa
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah tingkat Pendidikan dan self-efficacy berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru SMP Negeri di Kecamatan Banwa. Penelitian ini mengambil total sampel 68 orang guru Aparatur Sipil Negara di 6 sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode analisis statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat Pendidikan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kompetensi pedagogik guru SMP Negeri di kecamatan Banawa. Sedangkan untuk self-efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru SMP Negeri di kecamatan Banawa. Hasil ini dapat dilihat dari nilai uji t yaitu untuk tingkat Pendidikan 0.00 dan self-efficacy 0.01, kedua nilai tersebut berada dibawah taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 0.05. Sedangkan untuk pengaruh simultan kedua variabel independen dalam penelitian ini (tingkat Pendidikan dan self-efficacy) dilihat dari nilai uji F. Uji F yang didapatkan adalah sebesar 0.00, nilai inipun masih kurang atau dibawah dari taraf signifikansi yang digunakan dalan penelitian ini 0.05, sehingga disimpulkan bahwa tingkat Pendidikan dan self-efficacy berpengaruh secara simultan terhadap kompetensi pedagogik guru SMP Negeri di kecamatan Banawa.
This research aims (1) to find out whether the level of education and self-efficacy influence the pedagogical competence of State Middle School teachers in Banwa District. This research took a total sample of 68 State Civil Service teachers in 6 schools. The approach used in this research is a quantitative approach, while the statistical analysis method used is multiple linear-regression. The results of the research show that the level of education has a partially significant effect on the pedagogical competence of State Middle School teachers in Banawa sub-district. Meanwhile, self-efficacy also has a significant effect on the pedagogical competence of State Middle School teachers in Banawa sub-district. This result can be seen from the t test value, namely for education level 0.00 and self-efficacy 0.01, both values ??are below the significance level used in this research of 0.05. Meanwhile, the simultaneous influence of the two independent variables in this research (level of education and self-efficacy) can be seen from the F test value. The F test obtained is 0.00, this value is still less or below the significance level used in this research of 0.05, so it can be concluded that the level of education and self-efficacy simultaneously influence the pedagogical competence of State Middle School teachers in Banawa sub-district.
References
Bandura, A. (2012). On the functional properties of perceived self-efficacy revisited . Journal of Management, 38(1), 9–44, akses: https://doi.org/10.1177/0149206311410606, diakses Pada Minggu 25 Desember 2022.
Idris Apandi.. 2013. “Kurikulum 2013” (http://asminkarris.wordpress.com/ 2013 /06/29/kurikulum-ppkn-2013). Diakses pada hari Rabu, 11 Januari 2023
Jeanne Ellis. 2019. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kosilah & Septian (2020) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 no 6 November 2020.https://www.neliti.com/id/publications/465876/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-assure-dalam-meningkatkan-hasil-bel. Diakses pada tanggal 21 Desember 2022
Muhadjir, Noeng, 2011, Metode Penelitian, Yogyakarta : Rake Sarasin
Mulyasa, 2013, Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. rosdakarya bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wirawan. 2016. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta. Salemba Embat.
Trisnawati (2018) Kompetensi pedagogik guru ditinjau dari tingkat pendidikan guru, kemampuan TIK, serta pengalaman mengajar guru berdasarkan survei pada guru-guru SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Sleman tahun 2018. Tesis, Sanata Dharma University.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.