Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis gaya kepemimpinan kepala sekolah di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. 2) Mengeksplorasi implikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan 1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Tinabogan lebih dominan menerapkan gaya kepemimpin laissez-faire walaupun disaat-saat tertentu kadang juga memperlihatkan gaya kepemimpinan delegatif. Sedangkan untuk gaya partisipatif yang ditunjukkan sangatlah minim. 2) Implikasi gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan memiliki dampak positif dan dampak kurang efektif, yaitu: a) Dampak positifnya adalah: Guru-guru memiliki kebebasan untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas mereka, dapat mengambil inisiatif dan mengelola tugas-tugas mereka sendiri, dan dapat mengasah keterampilan mengatur, memotivasi, dan mempengaruhi orang lain; Sedangkan b) Dampak kurang efektifnya ialah: Kurangnya pemahaman yang jelas tentang tugas dan tujuan yang harus dicapai guru, kepala sekolah tidak memiliki mekanisme yang kuat untuk memantau dan mengevaluasi kinerja mereka untuk mencapai hasil yang diharapkan, dan kurangnya tanggung jawab karena keputusan yang penting tidak diambil secara tepat waktu, yang dapat menghambat kemajuan dan perkembangan madrasah. Terkait dengan dampak kurang efektifnya sebaiknya kepala sekolah dapat bersikap tegas dengan setiap keputusan yang telah diambil secara musyawarah serta meningkatkan pemantauan dan pengevaluasian kepala sekolah atas kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan.
This study aims to 1) Analyze the leadership styles of the principal at Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. 2) Explore the implications of the principal's leadership styles on the improvement of teacher quality at Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan. This research uses a qualitative approach with a case study design. Data collection is done through interviews, observations, and document studies. The results of this study indicate that 1) The leadership style of the principal in enhancing teacher quality at Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Tinabogan is predominantly characterized by the laissez-faire leadership style, although at certain times, the delegative leadership style is also displayed. However, the participative style is shown to be minimal. 2) The implications of the principal's leadership styles on the improvement of teacher quality at Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan have both positive and less effective impacts, namely: a) The positive impacts are that teachers have the freedom to develop creative and innovative ideas in carrying out their tasks, they can take initiatives and manage their own tasks, and they can enhance their skills in organizing, motivating, and influencing others; b) The less effective impacts are: a lack of clear understanding of the tasks and objectives that teachers should achieve, the principal lacks a strong mechanism to monitor and evaluate their performance to achieve the expected results, and a lack of responsibility because important decisions are not made on time, which can hinder the progress and development of the madrasah. Regarding the less effective impacts, it is recommended that the principal should be decisive in every decision made through consultation, and enhance monitoring and evaluation of the principal's performance on the teachers at Madrasah Aliyah Al-Ikhlash Tinabogan.
References
Anwar, Faiza, dkk, 2022. Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan, JPAP: Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, Vol. 6 (2):39-44.
Buchari Alma, 2013. Manajemen Kepemimpinan, Alfabeta, Bandung.
Dwiyani, Dini dan Alit Sarino, 2018. Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru sebagai Determinan Kinerja Guru, Manajerial, Vol. 3 (4), h. 83-94.
Febriana, Rina, 2019. Kompetensi Guru, Bumi Aksara, Jakarta.
Firdaus, Dede Ridho, dkk, 2023. Analisis Model Kepemimpinan Kharismatik dan Visioner di Pondok Pesantren, Journal on Education, Vol. 5 (4), h. 15038-15049.
Hikmat, 2009. Manajemen Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung.
Hoesny, Mariana Ulfah dan Rita Darmayanti, 2021. Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 11 (2): 2021, h. 123-132.
Imran, 2021. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Iklim Sekolah di Madrasah Aliyah Al-Washliyah 49 Pasar Lembu Kabupaten Asahan, Disertasi tidak diterbitkan, Pascasarjana UIN Sumatera Utara, Medan.
Indonesia, 2021. Permendikbudristek RI Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Jakarta.
Ismail, 2019. Penerapan Tipe Kepemimpinan Liassez-Faires Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Perpustakaan Madrasa Aliyah Negeri 2 Kota Jambi, UIN Sultan Thaha Saifuddin, Jambi.
Jamaludin, 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi terhadap Disiplin Kerja Guru SMAN 1 Penajam Paser Utara Kalimantan Timur, MAP: Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, Vol. 5 (4): 353-368.
Khoironi, Nur dan Abdulloh Hamid, 2018. Kepemimpian Situasional dalam Pendidikan Islam, Jurnal Mudarrisuna, Vol. 10 (4), h. 668-677.
Lubis, Muhammad Fadli, dkk, 2021. Analasis Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Kinerja Guru di MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Jurnal EduTech, Vol. 7 (1): 38-52.
Masnur, Andi Misna, 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Kompensasi Kerja, Kepuasan Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Tesis tidak diterbitkan, Pascasarjana STIE Nobel Indonesia, Makassar.
Mukti, Nur, 2018. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah, Jurnal Kependidikan, Vol. 6 (1), h. 71-90.
Mulyasa, 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bumi Aksara, Jakarta.
Pakarti, Lintar Bias. 2021. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Laissez-Faire dan Otokratis Terhadap Kinerja Karyawan Generasi Millennial Studi Pada Karyawan Ublixmedia, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB: Universitas Brawijaya, Vol. 9 (2), h. 1-11.
Purwanto, Ngalim, 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Putri, Sarmi Sinta dan Safri Mardison, 2021. Madrasah Principal Leadership Role in Improving Teachers’ Performance, Journal of Islamic Education Students, Vol. 1 (1): 10-18.
Rahayu, Sari, dkk, 2022. Hakikat Kepemimpinan dan Tipe-Tipe Kepemimpinan Pendidikan, Eduprof: Islamic Education Journal, Vol. 4 (2): 187-198.
Rivadah, Migfar, dkk, 2022. Kepemimpinan Pendidikan Islam Berdasarkan Perspektif Muhammadiyah, YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, Vol. 2 (1): 61-71.
Rofiq, Choiroer dan Yayuk Fauziyah, 2021. Model Kepemimpinan Kolektif Dalam Meningkatkan Target Pengembangan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren, Academia Open, Vol. 4: 6-13.
Rosmiati, Taty dan Dedy Achmad Kurniady, 2009. Manajemen Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Salsabilla, Beta, dkk, 2022. Tipe dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusa, Vol. 6 (2): 9979-9985.
Siregar, Selamat, 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratif, Gaya Kepemimpinan Delegatif dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo, Jurnal Ilmiah Methonomi, Vol. 8 (2), 2022, h. 181-188.
Sudrajad, Yuniantoro, 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-balinusra/baca-artikel/15571/ANALISA-GAYA-KEPEMIMPINAN-OTOKRATIS-DEMOKRATIS-DAN-LAISSEZ-FAIRE-DALAM-BIROKRASI-PEMERINTAHAN.html, diakses 28 Maret 2023
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Syamsuddin, Hary Nur, 2018. Gaya-Gaya Kepemimpinan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI, Palembang: 05 Mei 2018.
Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo, 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran: Aspek yang Mempengaruhi, Bumi Aksara, Jakarta.
After the manuscript is accepted for publication, authors will be required to sign a copyright transfer form. Copyright will be transferred to Universitas Muhammadiyah Palu, Postgraduate Program in Master Program in Educational Management, via e-mail. A copyright form will be sent to you via e-mail after the accepted manuscript has been submitted.