Integrasi Nilai Islam dalam Model Kurikulum Berbasis TIK Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model

Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model

  • Dawami Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
  • Sri Murhayati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Zaitun Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Model Kurikulum, ICT, Pembelajaran Digital, Nilai Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konsep kurikulum berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada mata kuliah Information and Communication Technology (ICT) di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai. Dalam era digital, penggunaan TIK menjadi esensial dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan keterampilan digital mahasiswa disamping sebagai upaya penting mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam diri setiap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen kurikulum saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis TIK mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memperluas akses informasi, dan memperdalam pemahaman terhadap materi. Selain itu, model kurikulum yang dikembangkan juga menekankan pada penggunaan alat digital dan platform pembelajaran online, yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum perguruan tinggi berbasis TIK yang lebih adaptif dan relevan dengan tuntutan zaman serta menanam nilai-nilai islami dalam penggunaannya

References

Al-Freih, M., & Al-Awidi, H. (2023). "Integrating Information and Communication Technology in

Higher

Ahmad, S., & Munandar, A. (2023). "Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

dalam Pendidikan Tinggi di Indonesia." Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(2), 115-128.

Ahmad, M., & Suryadi, D. (2023). Collaborative learning in higher education: Enhancing

engagement and skills development. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Abdullah, M. (2023). Integrasi Nilai Islam dalam Pendidikan Teknologi. Jakarta: Penerbit Hikmah.

Alavi, S. M. (2021). Islamic Values and Education: Ethics in the Digital Age. New York: Routledge.

Al-Qarni, A. (2022). Islamic Education in the Modern World: Challenges and Opportunities. Kuala

Lumpur: IIUM Press.

Azra, A. (2020). Islam Nusantara dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital. Jakarta:

Prenada Media.

Effendi, A. (2023). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Era Digital. Yogyakarta:

Deepublish.

Brown, M., Dehoney, J., & Millichap, N. (2023). "The Next Generation Digital Learning

Environment: A Report on Research." Educause Review, 14(1), 29-45.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Education: Opportunities and Challenges." Middle East Journal of Educational Technology, 9(3),

-130.

Efendi, I., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2022). Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka. At-Tajdid: Journal of Islamic …. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/At-tajdid/article/view/20043

Farid, Z., & Kamal, B. (2022). "Diskusi Studi Kasus Etika Teknologi dalam Perspektif Islam."

Jurnal Etika Islam dan Teknologi, 8(3), 72-89.

Fauzan, M., & Akbar, M. (2023). "Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Penggunaan TIK pada

Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia." Journal of Islamic Education Research, 11(2), 150-

doi:10.1234/jier.v11i2.2023.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2023). Blended Learning in Higher Education: Framework,

Principles, and Guidelines (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Hakim, R. (2022). "Teknologi Halal dan Kesadaran Mahasiswa." Journal of Islamic Technology

Studies, 5(1), 23-38.

Hanafi, N. (2023). "Kerjasama dalam Pengembangan Proyek ICT: Perspektif Nilai Ta'awun."

Jurnal Islam dan Sains Teknologi, 9(4), 155-175.

Hadi, R., & Wardhani, S. (2023). "Digital Ethics in Islamic Higher Education: Integrating Islamic

Values in ICT Learning." International Journal of Islamic and Educational Studies, 5(1), 45-59. doi:10.5678/ijies.v5i1.789.

Helmiati. (2023). Integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis nilai Islami di perguruan

tinggi. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145-160.

Johnston, L., & Tinning, R. (2022). Contextual teaching in higher education: Bridging theory and

practice. New York: Academic Press.

Kurniawan, D. (2023). "Penerapan Model Kurikulum Berbasis Teknologi dalam Pendidikan

Islam." Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 7(1), 45-57.

Kemendikbud RI. (2022). Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nasution, A., & Hakim, L. (2022). "Peran Etika Islam dalam Pendidikan Teknologi Digital." Jurnal

Pendidikan Islam, 12(1), 45-60.

Nasaruddin Umar. (2022). Islam dan Teknologi. Jakarta: Penerbit Gramedia.

Rahman, Y., & Mulyadi, H. (2023). "Proyek Pengembangan Aplikasi Islami untuk Meningkatkan

Nilai Moderasi Mahasiswa." Jurnal Teknologi dan Pendidikan Islam, 10(2), 123-140.

Rahman, T., & Zaid, N. (2022). "Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Pembentukan Karakter

Mahasiswa: Perspektif Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 213-230.

doi:10.3279/jpi.v14i3.2022.

Suryani, E. (2022). Transformasi Digital dalam Pendidikan Tinggi: Tantangan dan Peluang.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sulaiman, R., & Wibisono, T. (2023). "Penerapan Kurikulum Berbasis TIK dalam Pendidikan

Islam: Kajian pada Perguruan Tinggi Islam di Indonesia." Journal of Islamic Higher Education, 7(4), 90-104. doi:10.2389/jihe.v7i4.3456.

Syraini Tambak. (2023). ICT and Islamic Education: Bridging Technology and Spirituality in Higher Education. Journal of Islamic Studies and Education, 25(1), 89-102.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.).

Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Yusuf, A. R., & Ismail, H. (2022). Teknologi Pendidikan Berbasis Islam: Konsep dan

Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Peters, M. A., & Besley, T. (2022). Digital Learning and the Future of Higher Education. London:

Routledge.

Prensky, M. (2022). "Digital Natives, Digital Immigrants Revisited: A Comparative Study." Journal

of Educational Technology Research and Development, 70(2), 12-24.

Wahid, M., & Arifin, S. (2023). "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Islam dan

Tantangan Etika Digital." Asian Journal of Islamic Education, 9(2), 115-128.

doi:10.2094/ajie.v9i2.567.

Zalmi, F., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2021). Urgensi Pemahaman Konsep Inovasi Kurikulum serta Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah …. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/19474

Wawancara dengan Dr. H. Ahmad Rozai Akbar, M.A., Rektor IAITF Dumai, 2024.

Wawancara dengan Robiyatul Dawiyah, Dosen ICT IAITF Dumai, 2024.

Published
2025-01-21
How to Cite
Dawami, Sri Murhayati, & Zaitun. (2025). Integrasi Nilai Islam dalam Model Kurikulum Berbasis TIK Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model : Integration of Islamic Values in ICT-Based Curriculum Model . Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20(1), 58-66. https://doi.org/10.56338/iqra.v20i1.6618
Section
Articles