Pola Pembinaan Pendidikan Islam terhadap Masyarakat Korban Likufaksi di Kelurahan Petobo

  • Nur Reformawati Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Fatmah Fatmah Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
Keywords: Pola Pembinaan, Pendidikan Islam, Masyarakat Korban Likuifaksi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Deskripsi pola pembinaan pendidikan islam terhadap masyarakat korban likuifaksi dikelurahan Petobo. Dan untuk mengetahui Implikasi pola pembinaan pendidikan islam terhadap masyarakat korban likuifaksi dikelurahan Petobo. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang mana berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami dan dilakukan untuk menghasilkan data yang objektif dengan kejadian-kejadian yang terjadi dilokasi penelitian serta tidak memerlukan hipotesis yang sifatnya menduga-duga. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data dan reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pola pembinaan pendidikan islam terhadap masyarakat korban likuifaksi dikelurahan Petobo sangat baik tentu saja dengan adanya kerja sama dari pihak sekolah, pemerintah, dan relawan. karena dengan melakukan upaya seperti : Pendekatan Psikologis, dengan diadakannya Trauma healing, mengenali emosional masyarakat, memberikan arahan, membimbing, dan mengadakan kegiatan keagamaan Dzikir bersama, membaca al-Quran bersama, dapat mehilangkan trauma yang dialami akibat Bencana Alam sehingga mempermudah pembina dalam meningkatkan pembinaan yang lebih menyenangkan dan dalam mengembangkan pembinaan pendidikan islam yang baik, maka dengan hal tersebut akan mencapai hasil yang sesuai tujuan salah satunya masyarakat memiliki pola pembinaan pendidikan islam yang baik.  Kesimpulan yang peniliti ambil dari pola pembinaan pendidikan islam terhadap masyarakat korban likuifaksi adalah pembina mampu memberikan pembinaan yang besar meskipun dalam keadaan yang masih sangat memprihatinkan  melalui pola-pola yang pembina lakukan serta kerja sama dari kementrian Agama, kelompok remaja-remaja islami, dan pihak lainnya yang sangat berpengaruh kepada pembinaan pendidikan islam.

References

Faillafah K. Penataan Kembali Struktur Kepemilikan Hak Atas Tanah Akibat Likuifaksi Di Kota Palu. UNIVERSITAS AIRLANGGA; 2020.

Noor W. Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam. QATHRUNÂ. 2017;1(01):40–59.

Muhammad Rusmin B. KORELASI ANTARA POLA PEMBINAAN AKHLAK DENGAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS XI PONDOK PESANTREN DARUL AMAN GOMBARA MAKASSAR.

Wati DC, Arif DB. Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa. 2017;

Afriansyah H. Administrasi sarana dan prasarana. 2019;

Ramaadhan F, Said CM, Masdul MR. PERAN TRAUMA HEALING TERHADAP MASYRAKAT KORBA LIKUIFAKSI DI KEL. BALAROA KEC. PALU BARAT DALAM TINAJAUAN PENDIDIKAN ISLAM. J Kolaboratif Sains. 2019;1(1).

Published
2021-07-03
How to Cite
Reformawati, N., Masdul, M. R., & Fatmah, F. (2021). Pola Pembinaan Pendidikan Islam terhadap Masyarakat Korban Likufaksi di Kelurahan Petobo. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 15(2), 50-58. https://doi.org/10.56338/iqra.v15i2.1571
Section
Articles