Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Satu Atap Negeri 11 Sigi

  • Fatma Fatma Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia
  • Mansur Bagian PIAUD, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Game Online, Hasil Belajar, Pai

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui deskripsi game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi, dan 2. untuk mengetahui implikasi game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, Yang terdiri dari: Pendekatan dan Jenis Penelitian Kehadiran Peneliti, Lokasi Penelitian, Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, Pengecekan Keabsahan Temuan dan Tahap – tahap penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Adapun Game online yang dilakukan peserta didik di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi adalah Massively Multiplayer Online Role-playing games (MMORPG), Massively Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS), Massively Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS), Massively Multiplayer Online Browser Game, dan Simulation Games. 2. Adapun Dampak game online terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Satu Atap Negeri 11 Sigi adalah Dapat mengetahui kemampuan belajar Peserta didik. Dapat mengukur kemampuan belajar Peserta didik, Dapat mengetahui kemampuan mengajar guru. Dapat mengetahui hasil belajar Peserta didik.

References

Surbakti K. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. J Curere. 2017;1(1).

Nurdyansyah N. Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Univ Muhammadiyah Sidoarjo. 2017;

Aini I. permasalahan pokok pendidikan. 2019;

Nuryana Z. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN J Pendidik dan Pemikir Keagamaan. 2019;19(1):75–86.

Wijaya H. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray; 2020.

Utama TTP. Dampak Psikologis Game Online Dota 2 Terhadap Pecandu Game. 2016;

Fauza FA. Game online pada Point Blank dan Pola Belajar Mandiri Anak Pria (Studi Deskriptif Kualitatif di SMP Negeri 28 Medan). 2015;

Muis A. Konsep dan strategi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Laksana; 2019.

Mirdanda A. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery; 2018.

Astaman A, Kadir S and Masdul MR (2018) Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Published
2021-07-07
How to Cite
Fatma, F., & Mansur. (2021). Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Smp Satu Atap Negeri 11 Sigi. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16(1), 10-21. https://doi.org/10.56338/iqra.v16i1.1587
Section
Articles