Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar

I Gusti Ayu Putu Satya Laksmi(1*), Komang Wiwik Aristiani(2), I Dewa Agung Ketut Sudarsana(3)


(1) STIKes Wira Medika Bali
(2) STIKes Wira Medika Bali
(3) STIKes Wira Medika Bali
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v9i2.972

Abstract


Masalah yang dialami anak autis diantaranya gangguan komunikasi interpersonal. Gangguan komunikasi terjadi karena perkembangan kemampuan berbahasa anak autis sangat lambat atau tidak ada sama sekali sehingga anak autis kesulitan untuk menyampaikan pesan dan menerima pesan dari orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan komunikasi pada anak autis adalah adanya pola asuh yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan komunikasi interpersonal pada anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 46 anak yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar orang tua memiliki pola asuh orang demokratis yaitu 37 orang (80,4%) dan  komunikasi interpersonal pada anak autis sebagian besar cukup baik yaitu 36 orang (78,3%). Data di uji menggunakan uji Lambda didapatkan nilai signifikan 0,00 (α < 0,05) dengan nilai kekuatan 0,049. Hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan komunikasi interpersonal artinya semakin pola asuh orang tua semakin baik pula komunikasi interpersonal pada anak autis. Peran orang tua dapat membantu anak autis tidak hanya pada saat pemberian terapi di rumah, namun berdampak lebih besar apabila dilakukan dalam kegiatan sehari-hari ketika saling berinteraksi sehingga terutama mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dari anak autis itu sendiri.


Keywords


anak autis; pola asuh orang tua; komunikasi interpersonal

Full Text:

PDF

References


Arsami, P. (2016). Gambaran Komunikasi Interpersonal Pada Anak Dengan Autis di SLB/A Negeri Denpasar Tahun 2016. Denpasar: Poltekkes Denpasar.

Dian, A.W. (2012). Pola Asuh pada Keluarga yang Memiliki Anggota Keluarga yang Autis. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma (online) available : http://repository.usd.ac.id diakses pada tanggal 19 September 2018.

Hardiansyah. (2013). Autis pada Anak: Pencegahan, Perawaran, dan Perawaan. Nusa Medika : Yogyakarta.

Hurlock, E. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Mutia, Hasrati (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Autis D Slb. Autis Padang Tahun 2016. Diploma Thesis, Universitas Andalas

Nopyari. P. (2016). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Autis di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar Tahun 2016. Denpasar: Poltekkes Denpasar.

Nofitasari, Fanny. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Kemandirian Pada Anak Di SDLB Harapan Mandiri Palembang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang 2015

Santrock, J. W. (2011). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 (Edisi5). Jakarta: Erlangga.

Sunu, C. (2012). Panduan Memecahkan Masalah Autisme; Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintang Terbit

Soetjiningsih, Ranuh IG. N. G. (2014). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC.

Yuwono. (2012). Memahami Anak Autistik (Kajian Teoritik dan Empirik). Bandung: ALFABETA

Yayasan Anak Autis Indonesia. (2016). Laporan Penderita Autis Di Indonesia. Jakarta


Article Statistic

Abstract view : 12 times
PDF views : 12 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat