Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Anak Autis Di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar
Abstract
Masalah yang dialami anak autis diantaranya gangguan komunikasi interpersonal. Gangguan komunikasi terjadi karena perkembangan kemampuan berbahasa anak autis sangat lambat atau tidak ada sama sekali sehingga anak autis kesulitan untuk menyampaikan pesan dan menerima pesan dari orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan komunikasi pada anak autis adalah adanya pola asuh yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan komunikasi interpersonal pada anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 46 anak yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar orang tua memiliki pola asuh orang demokratis yaitu 37 orang (80,4%) dan komunikasi interpersonal pada anak autis sebagian besar cukup baik yaitu 36 orang (78,3%). Data di uji menggunakan uji Lambda didapatkan nilai signifikan 0,00 (α < 0,05) dengan nilai kekuatan 0,049. Hal ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan komunikasi interpersonal artinya semakin pola asuh orang tua semakin baik pula komunikasi interpersonal pada anak autis. Peran orang tua dapat membantu anak autis tidak hanya pada saat pemberian terapi di rumah, namun berdampak lebih besar apabila dilakukan dalam kegiatan sehari-hari ketika saling berinteraksi sehingga terutama mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dari anak autis itu sendiri.
References
Arsami, P. (2016). Gambaran Komunikasi Interpersonal Pada Anak Dengan Autis di SLB/A Negeri Denpasar Tahun 2016. Denpasar: Poltekkes Denpasar.
Dian, A.W. (2012). Pola Asuh pada Keluarga yang Memiliki Anggota Keluarga yang Autis. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma (online) available : http://repository.usd.ac.id diakses pada tanggal 19 September 2018.
Hardiansyah. (2013). Autis pada Anak: Pencegahan, Perawaran, dan Perawaan. Nusa Medika : Yogyakarta.
Hurlock, E. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Mutia, Hasrati (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Autis D Slb. Autis Padang Tahun 2016. Diploma Thesis, Universitas Andalas
Nopyari. P. (2016). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Autis di Pusat Layanan Autis Kota Denpasar Tahun 2016. Denpasar: Poltekkes Denpasar.
Nofitasari, Fanny. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Kemandirian Pada Anak Di SDLB Harapan Mandiri Palembang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang 2015
Santrock, J. W. (2011). Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid 1 (Edisi5). Jakarta: Erlangga.
Sunu, C. (2012). Panduan Memecahkan Masalah Autisme; Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintang Terbit
Soetjiningsih, Ranuh IG. N. G. (2014). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta: EGC.
Yuwono. (2012). Memahami Anak Autistik (Kajian Teoritik dan Empirik). Bandung: ALFABETA
Yayasan Anak Autis Indonesia. (2016). Laporan Penderita Autis Di Indonesia. Jakarta
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.