FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN PEMANTAUAN BALITA DI POSYANDU MAWAR WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONTAP KOTA PALOPO TAHUN 2018

  • Rosdiana Rosdiana Fakultas Kesehatan Masyarakat, STIKES Mega Buana Palopo

Abstract

Kunjungan pemantauan balita di posyandu adalah salah satu kegiatan utama program perbaikan gizi yang menitikberatkan pada upaya pencegahan dan peningkatan keadaan gizi anak. Tujuan Penelitian ini adaah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kunjungan pemantauan balita di Posyandu Mawar wilayah kerja Puskesmas Pontap Kota Palopo tahun 2018. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian cross sectional terhadap objek dengan jumlah cukup banyak dalam jangka waktu tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita usia dibawah 5 tahun yaitu sebanyak 116 balita di Posyandu Mawar di wilayah kerja Puskesmas Pontap tahun 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian ibu yang memiliki balita usia dibawah 5 tahun di Posyandu Mawar yang berjumlah 25. Dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Pengumpulan data melalui data primer (kuesioner) dan data sekunder. Data diolah menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 16.0 dan dianalisis secara univariat dan untuk bivariat menggunakan uji statistik fisher serta disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa ada pengaruh peran kader terhadap kunjungan pemantauan balita (Ï = ,000 < ,05) dan ada pengaruh pemahaman keluarga terhadap kunjungan pemantuan balita (Ï = ,001 < ,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh peran kader dan ada pengaruh pemahaman keluarga terhadap kunjungan pemantauan balita di posyandu mawar wilayah kerja Puskesmas Pontap Kota Palopo tahun 2018.

 

References

Reihan & Duarsa. Faktor yang Berhubungan Dengan Partisipasi Ibu untuk Menimbang Balita ke Posyandu. Kedokt Yars Univ. 2012;

Lubis & Syahri. Pengetahuan dan Tindakan Kader Posyandu Dalam Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita. Universitas Sumatera Utara; 2015.

Riskesdas. Kesehatan Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2014.

Kemenkes RI. Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi. Jakarta: Kemenkes RI; 2013.

Djamil A. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Balita Menimbang Anaknya Ke Posyandu. Kesehatan. 2017;3:127–34.

Kemenkes RI. Panduan Penyelenggaraan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang. Jakarta: Ditjend Bina Gizi dan KIA; 2011.

Kasumayanti, E & Busri, I N. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Peran Ibu Balita Ke Posyandu Desa Sumber Datar Wilayah Kerja Puskesmas Sungai Keranji Tahun 2016. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai; 2017.

Syafrudin T& J. Ilmu Kesehatan Masyarakat Untuk Mahasiswa Kebidanan. Jakarta: CV. Trans Info Media; 2009.

Mubarak. Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsep dan Aplikasi Dalam Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Dinas Kesehatan Kota Palopo. Profil Dinas Kesehatan Kota Palopo Tahun 2017. Palopo: Dinas Kesehatan Kota Palopo; 2017.

Riyanto. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yokyakarta: Nuha Medika; 2011.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Prasetyawati AE. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dalam Millenium Development GOALs (MDGs). 2012;

Hutami, I, R & Ardianto E. Faktor yang Berhubungan Dengan Kunjungan Balita di Posyandu Desa Bulak Lor Wilayah Puskesmas Jatibarang. Universitas Wiralodra; 2015.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta; 2007.

Azwar S. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2016.

Published
2019-06-15
Section
Original Articles