KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKUKAN HAND HYGIENE SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN TINDAKAN DI RUANG INAP RUMAH SAKIT CUT MEUTIA LANGSA ACEH

  • Nurrahmani Nurrahmani Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Asriwati Asriwati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan
  • Anto J. Hadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan

Abstract

Tingginya  angka  infeksi nosokomial  menjadi  masalah  yang  penting  disuatu rumah  sakit. Salah satu hal yang terpenting dalam mengurangi penyebaran infeksi nosokomial adalah dengan hand hygiene . Desain penelitian survei  analitik dengan  rancangan cross sectional study dengan tujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap, fasilitas dan peran PPI terhadap kepatuhan perawat diruang rawat inap rumah sakit Cut Meutia Langsa Aceh dengan populasi sebanyak 47 perawat dan sampel 47 perawat dengan teknik total sampling. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan pengetahuan dengan kepatuhan perawat , ada hubungan sikap dengan kepatuhan perawat , tidak ada hubungan fasilitas dengan kepatuhan perawat, tidak ada hubungan peran tim PPI dengan kepatuhan perawat dalam melakukan Hand Hygiene. Kesimpulan ada  hubungan pengetahuan dan sikap dengan kepatuhan perawat dalam melakukan hand hygiene  dan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel sikap, dimana sikap yang positif lebih meningkatkan peluang kepatuhan sebanyak 45,681 kali dibandingkan dengan sikap yang negatif. Disarankan bagi perawat agar lebih patuh dalam  melakukan hand hygiene dan meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam melaksanakan tindakan hand hygiene.

 

References

Udang-undang tentang Kesehatan dan Rumah Sakit Pasal 29b UU.N0.44/2009

Kemenkes,RI. Kementerian Kesehetan RI. Rencana Strategi Yogyakarta;2006.

Kemenkes RI, Kementerian Kesehatan Tahun 2010-2014 Yogyakarta,2010

Costy P(2013) Simposium Ilmiah teknologi muthir sebagai perlindungan dari kuman dan perannya dalam mencegah infeksi nosokomial, Jakarta.

Maryunani A. Keterampilan Dasar Praktik Klinik Kebidanan . CV TransInfo Media.2011.

Sobur Setiamian, Hubungan sikap dan kepatuhan cuci tangan pada perawat rawat inap RSUD kota Semarang. Diakses 07 oktober 2018

Hasibuan R H., Pelaksanaan Cuci Tangan Perawat di Ruangan ICU Rumah Sakit St. Elisabeth Medan . Medan: Skripsi S1 Fakutas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.2013.

Published
2019-06-15
Section
Original Articles