HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN PEMANFAATAN LAYANAN KESEHATAN PASIEN UMUM RAWAT INAP RSUD KOTA MAKASSAR

Nurfardiansyah Bur(1*), Sartika Suyuti(2)


(1) Universitas Muslim Indonesia
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v9i1.581

Abstract


Beragamnya kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa kesehatan maka pihak rumah sakit berlomba-lomba semaksimal mungkin untuk melayani konsumen. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai salah satu tujuan pemasaran yaitu memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan pengomsumsi serta mendatangkan keuntungan bagi pihak perusahaan dari bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan manfaat layanan kesehatan pada pasien umum rawat inap di RSUD Kota Makassar Tahun 2018. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study, yaitu melakukan pengukuran atau pengamatan pada saat bersamaan dengan mencari hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Sampel adalah pasien umum yang berada di instalasi rawat inap selama penelitian berlangsung. Cara pengambilan sampe dengan purposive sampling dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis Chi-square menunjukkan ada hubungan costumer service dengan p=0,031 dan place dengan p=0,001 dengan pemanfaatan layanan kesehatan. Tidak ada hubungan bauran pemasaran (product dengan p=1,000, price dengan p=1,000, promotion dengan p=0,222, people dengan p=1,000, physical evidence dengan p=1,000, process dengan p=1,000) dengan pemanfaatan layanan kesehatan pada pasien umum rawat inap di RSUD Makassar Tahun 2018. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan anatara customer service, dan place dengan pemanfaatan layanan kesehatan pada pasien umum rawat inap di RSUD Makassar Tahun 2018, tetapi tidak memiliki hubungan dengan pemasaran product, price, promotion, people, physical evidence, dan process.

 


Full Text:

PDF

References


World Health Organization. No Title. 2014.

Akbar. Hubungan Bauran Pemasaran dengan Keputusan Memilih Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar Tahun 2012. 2012.

Yulyandhika, A., Indar & Arifin A. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di RSU Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. 2013;

Wijayanti. S. D AM y & I. No Titlepemasaran dengan loyalitas pasien di unit rawat jalan RSUD Kota Makassar. 2014.

Nurlia, Cahya dkk. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. Vol. 1. 2012.

RSUD Kota Makassar. Profil RSUD Kota Makassar Tahun. 2016.

Risma D. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 2014.

Khadijah. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Rawat Inap Rumah Sakit Ibu Dan Anak Sitti Khadijah I Makassar. Universitas Hasaniddin Makassar; 2013.

Tampi, E. JMLU dan GDK. Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keputusan Memilih Rawat Inap di Rumah Sakit Tingkat III Robert Wolter Mongisidi Manado. JIKMU. 2011;1:170–4.


Article Statistic

Abstract view : 40 times
PDF views : 22 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat