Efektivitas Teknik Relaksasi Benson terhadap Kecemasan pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang

The Effectiveness of the Benson Relaxation Technique on Anxiety in Pregnant Women in the Third Trimester at the Bangetayu Community Health Center, Semarang City

  • Muliatul Jannah Prodi Kebidanan, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, (UNISSULA), Jl. Kaligawe Raya No.KM. 4, Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50112.
Keywords: Relaksasi Benson, Kecemasan, Ibu Hamil

Abstract

Relaksasi Benson adalah teknik relaksasi yang disatukan dengan keyakinan yang dianut oleh pasien dengan memusatkan perhatian pada suatu fokus kata-kata ritual yang disebut dengan berulang-ulang. Teknik ini akan menghalangi aktivitas saraf simpatik yang bisa mengurangi konsumsi oksigen dalam tubuh sehingga otot-otot tubuh akan rileks serta membuat hati tenang dan nyaman.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menganalisis efektivitas teknik relaksasi benson terhadap kecemasan pada ibu ihamil Trimester III di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengukur tingkat kecemasan ibu hamil TM III sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi terapi relaksasi benson, jumlah responden ada 27 ibu hamil TM III.

References

Benson, H. dan P. (2011) Dasar-Dasar Respon Relaksasi: Bagaimana Menghubungkan

Respon Relaksasi Dengan Keyakinan Pribadi Anda (Ahli Bahasa oleh Nurhasan). Bandung: Kaifah.

Direktorat Kesehatan Keluarg (2016) Laporan Tahunan Direktorat Kesehatan Keluarga Tahun 2016.

Janiwarty, B. dan Pieter, H. Z. (2013) Pendidikan Psikologi Untuk Bidan : Suatu Teori dan Terapannya,. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Kushariyadi (2011) ‘Asuhan Keperawatan Pada Klien Lanjut Usia. Jakarta: Salemba Medika.’

Patimah, I. dkk (2015) ‘Pengaruh Relaksasi Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisa The Impact of Dzikir to The Level of Anxiety of Chronic Renal Failure Patient Undergoing Hemodialysis’, Jurnal Keperawatan Universitas Padjadjaran, 3(1), pp. 18–24.

Solehati, T. dan Rustina, Y. (2015) ‘NBenson Relaxation Technique in Reducing Pain Intensity in Women After Cesarean Section’, 5(3).

Published
2023-12-22
Section
Original Articles