HUBUNGAN PELAYANAN PETUGAS DAN TARIF DENGAN KEPUASAN PASIEN KELAS III DI RUMAH SAKIT UMUM MOKOPIDO KABUPATEN TOLITOLI

Herlina Yusuf(1*)


(1) Universitas Muhammadiyah Palu
(*) Corresponding Author

DOI : 10.31934/promotif.v6i2.11

Abstract


Pelayanan kesehatan merupakan salah satu aspek yang berperan dalam penciptaan derajat yang merata kepada seluruh masyarakat sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pembangunan kesehatan yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri untuk penggapai pelayanan kesehatan dan berperilaku hidup sehat (Depkes RI, 2003). Sumber Daya Manusia yang sehat dan berkualitas memerlukan modala utama atau investasi dalam pembangunan kesehatan. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan tarif dengan kepuasan pasien Kelas III di Rumah Sakit Umum Mokopido Kabupaten Tolitoli. Metode penelitian : survey analitik dengan pendekatan Cross-Sectional yang digunakan untuk mengukur variabel Independent dan Dependent secara bersamaan untuk mengetahui hubungan pelayanan petugas dan tarif dengan kepuasan pasien Kelas III Kabupataen Tolitoli. Sampel : dilakukan dengan cara Accidental Sampling dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian : menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan pelayanan petugas administrasi antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) ada hubungan yang signifikan pelayanan perawat antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) tidak ada hubungan pelayanan dokter antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,087 (P < 0,05) ada hubungan yang signifikan pelayanan petugas apotek antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,000 (P < 0,5) tidak ada hubungan tarif antara kepuasan pasien dengan nilai P = 0,028 (P < 0,5). Saran : kepada instansi khususnya bagi petugas Apotek Rumah Sakit Umum Mokopido Kabupaten Tolitoli dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan di Apotek sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Kata Kunci : Administrasi, Perawat, Dokter, Petugas Apotek, Tarif, Kepuasan Pasien.

Full Text:

PDF

Article Statistic

Abstract view : 110 times
PDF views : 88 times

Dimensions Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Copyright ©2019 Universitas Muhammadiyah Palu. Powered by Public Knowledge Project OJS

 

View My Stats PROMOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat