Analisis Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Pulau Beeng Laut

  • Dhito Dwi Pramardika Politeknik Negeri Nusa Utara
Keywords: Pelayanan kesehatan, ibu, anak, pulau beeng laut

Abstract

Pelayanan kesehatan ibu dan anak merupakan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menurunkan angka morbiditas dan mortalitas pada ibu dan anak. Pada tahun 2017 terdapat 1 kasus angka kematian ibu di pulau Beeng Laut dan tidak adanya fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan disana. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pelayanan kesehatan ibu dan anak di Pulau Beeng Laut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan menggunakan indepth interview yang dilakukan terhadap 4 partisipan dan dianalisis dengan triangulasi sumber. Hasil pada penelitian ini adalah pelayanan kesehatan ibu dan anak yang dilaksanakan di Pulau Beeng Laut yaitu dilakukan satu kali dalam satu bulan, pelaksanaannya bersamaan dengan kegiatan Posyandu bayi dan balita, rendahnya pemanfaatan pelaksanaan pelayanan kesehatan ibu nifas dan neonatus serta rendahnya pemanfaatan masyarakat terhadap rumah tunggu yang telah difasilitasi Puskesmas dalam mengakses pelayanan kesehatan dan disarankan agar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat menyediakan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan di Pulau Beeng Laut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Pulau tersebut terutama kesehatan pada ibu dan anak.

References

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Profil anak indonesia 2018. Jakarta CV Miftahur Rizky. 2018;4–6.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan. Profil Kesehatan Kabupaten Kepulauan. Kesehat Kabupaten Kepul. 2018;

Penelitian B, Kesehatan P, RI KK. Hasil utama riskesdas 2018. Jakarta Kemenkes RI. 2018;

Kesehatan Kabupaten Kepulauan. Profil Kesehatan Kabupaten Kepulauan 2018. 2017;

RI PPKKK. Ayo ke Posyandu Setiap Bulan. Jakarta Kementrian Kesehat RI. 2012;

Kementrian Kesehatan RI. Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta Pus Pendidik dan Pelatih Tenaga Kesehat. 2015;

Alkaff Z. Paradigma Baru Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Ibu. In: Makalah, Disampaikan Pada Seminar Kompetensi Bidan Profesional, FK-UGM, Yogyakarta. 2001.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta. 2007;20.

Chamidah AN. Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. J Pendidik khusus. 2009;5(2):83–93.

Raikhani A, Yunas NS, Ratnasari L, Hariastuti I. Analisa Kontribusi Program Kampung KB dalam Upaya Peningkatan Program KKBPK di Kab. Jombang, Provinsi Jawa Timur. J Ilm Kebidanan (Scientific J Midwifery). 2018;4(2):101–13.

Green LW, Marshall W. Kreuter: Health Program Planning: An educational and ecological approach. MC Graw Hill co; 2005.

Kesehatan K. Rencana strategis kementerian kesehatan. Jakarta Kementeri Kesehat. 2015;

Rumengan DSS, Kandou JMLUGD. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jkimu. 2015;

Published
2019-09-15
How to Cite
Dwi Pramardika, D. (2019). Analisis Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Pulau Beeng Laut. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 2(3), 208-214. https://doi.org/10.56338/mppki.v2i3.808