Program Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Hipertensi GEMAS GASI pada Remaja di SMA Al-Hikmah Surabaya
GEMAS GASI Hypertension Prevention Knowledge Improvement Program in Adolescents at Al-Hikmah High School Surabaya
Abstract
Latar belakang: World Health Organization menyatakan bahwa hipertensi sebagai penyebab kematian lebih dari 10 juta kematian setiap tahun. Pencegahan hipertensi perlu dilakukan sejak dini karena penderita hipertensi dapat berawal dari masa remaja.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh upaya pencegahan hipertensi melalui program GEMAS GASI (Gerakan Remaja Sehat Cegah Hipertensi) terhadap peningkatan pengetahuan terkait hipertensi pada anak usia sekolah menengah atas (SMA).
Metode: Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui uji Paired Simple T-Test. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest and Posttest. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Hikmah Surabaya berusia 16 – 17 tahun.
Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah program yang ditandai dengan nilai p-value 0,000. Sebanyak 64,3% siswa memiliki pengetahuan yang meningkat, dan sisa 35,7% siswa memiliki pengetahuan yang tetap setelah program. Program berhasil meningkatkan pengetahuan siswa hingga lebih dari 50%.
Kesimpulan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program GEMAS GASI telah meningkatkan pengetahuan siswa terkait upaya pencegahan hipertensi.
References
World Health Organization (WHO). Hypertension. 2023 [cited 2024 March 4]. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension
Kemenkes RI. Apa Itu Hipertensi? 2023 [cited 2024 March 4]. Available from: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2767/apa-itu-hipertensi
Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta; 2018.
Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Provinsi Jawa Timur 2018. Jakarta; 2019.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Jakarta; 2023.
Kemenkes RI. Profil Kesehatan Kota Surabaya Tahun 2019. Jakarta; 2020.
World Health Organization (WHO). Global Report on Hypertension: The Race Against A Silent Killer. Geneva. 2023.
Mardianti F, Rachmawati D, Suprajitno S. Faktor Risiko Hipertensi Pada Remaja. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti. 2022;10(1):43-55.
Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2014 tentang Upaya Kesehatan Anak. Jakarta; 2014.
Kemenkes RI. Penanganan Hipertensi dengan Perilaku CERDIK dan PATUH. 2023 [cited 2024 March 4]. Available from: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2517/penanganan-hipertensi-dengan-perilaku-cerdik-dan-patuh.
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2005.
Arikunto S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.
Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Jakarta; 2019.
Herman H, Citrakesumasari C, Hidayanti H, Jafar N. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Leaflet Kemenkes Terhadap Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah Pada Remaja di SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia (The Journal of Indonesian Community Nutrition). 2020;9(1):39-50.
Kusumawardana I, Tamtomo D. Relationship between Knowledge and Family Support regarding Hypertension with Blood Pressure Control in Elderly. Indonesian Journal of Medicine. 2017;2(1):1-9.
Wahyuningsih W, Arsi AA. Pengetahuan dan Perilaku Kesehatan Penderita Hipertensi Anggota Prolanis Puskesmas Jatinom Kabupaten Klaten. Jurnal Solidarity. 2021;10(1):108-120.
Dunggio ARS, Peluw Z, Sahalessy YC. Pelatihan Pencegahan Hipertensi Bagi Kader Kesehatan Sekolah di SMA Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2023;4(4):8591-8595.
Pamungkas AMA, Hanung A, Nuraeni N. Pengaruh Pemberian Buku Saku Terhadap Pengetahuan Skrining Faktor Resiko Hipertensi Pada Remaja Putri SMA. Jurnal Kebidanan. 2023;3(2):108-114.
Sukmawaty MN. Pengaruh Edukasi Gaya Hidup Sehat dengan Metode Daring Terhadap Pengetahuan Pencegahan Hipertensi Dini Pada Siswa di SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat. 2021;9(1):42-46.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.