Pemberian Media Leaflet Mengenai Higiene Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Wasting dalam Meningkatkan Pengetahuan (Studi Kasus pada Ibu Balita di Desa Mulyasejati Kabupaten Karawang)

Provision of Media Leaflet o Environmental Sanitation Hygiene Against Wasting Events in Increasing Knowledge (Case Study on Toddler Mother in Mulyasejati Village, Karawang City)

  • Medina Alya Andrifni Program Studi Gizi, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rini Harianti Program Studi Gizi, Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pengetahuan Ibu, Higiene, Sanitasi, Wasting

Abstract

Latar belakang: Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya wasting adalah higiene sanitasi lingkungan. Higiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu. Sanitasi adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan. Higiene sanitasi adalah upaya untuk mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan, baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat, dan peralatan agar aman dikonsumsi.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian media leaflet mengenai higiene sanitasi lingkungan terhadap kejadian wasting dalam meningkatkan pengetahuan ibu balita.

Metode: Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan model one group pretest-posttest design. Pelaksaan penyuluhan dilakukan pada tanggal 20 dan 22 September 2023 di Posyandu Cempaka II dan IX. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Skor hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan skala Gutman dengan jawaban benar bernilai 1 dan salah bernilai 0. Uji normalitas menggunakan uji Saphiro-Wilk dilanjut dengan uji Wilcoxon dikarenakan data tidak terdistribusi normal.

Hasil: Hasil uji statistik diperoleh p-value sebesar 0,285 (p > 0,05) yang menunjukkan bahwa media leaflet yang digunakan tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan responden.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pemberian media leaflet mengenai higiene sanitasi lingkungan terhadap kejadian wasting dalam meningkatkan pengetahuan ibu balita di Posyandu Cempaka II dan IX.

References

Noflidaputri, R., Reni, G., & Sari, M. (2022). Determinan Faktor Penyebab Kejadian Wasting Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan. Human Care Journal, 7(2), 496. https://doi.org/10.32883/hcj.v7i2.1971

UNICEF, WHO WBG. Levels and trends in child malnutrition: key findings of the 2018 edition of the joint child malnutrition estimates. 2018.

Riskesdas. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Vol. 44. Kemenkes RI; 2018. hlm 1-220.

Irawan, D. W. P. (2016). Prinsip Hygiene Sanitasi Makanan dan Minuman Di Rumah Sakit. In Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES). https://kesling.poltekkesdepkes-sby.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/ Buku-Isbn-Prinsip-2-HS-Makanan-di-RS.Pdf

Triveni, Rici Gusti Maulani, & Nuari Andolina. (2023). Hygiene Sanitasi Terhadap Kejadian Wasting Pada Bayi Usia 0-59 Bulan. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(1), 320–323. https://doi.org/10.35473/proheallth.v5i1.2096

Ni’mah. Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu dengan Wasting dan Stunting pada Balita Keluarga Miskin. Media Gizi Indones. 2015;10, no. 1(januari-juni):84–90.

Munawaroh H, Nada NK, Hasjiandito A, Faisal VIA, Heldanita, Anjarsari I, et al. Peranan Orang Tua Dalam Pemenuhan Gizi Seimbang Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Sentra Cendekia. 2022;3(2):47–60.

Susanti N. Efektivitas Metode Ceramah dan Media Leaflet terhadap Sikap dan Pengetahuan Ibu terhadap Pijat Bayi. Evidance Bassed J. 2020;1(1):28–33.

Published
2024-06-03
How to Cite
Medina Alya Andrifni, & Rini Harianti. (2024). Pemberian Media Leaflet Mengenai Higiene Sanitasi Lingkungan Terhadap Kejadian Wasting dalam Meningkatkan Pengetahuan (Studi Kasus pada Ibu Balita di Desa Mulyasejati Kabupaten Karawang): Provision of Media Leaflet o Environmental Sanitation Hygiene Against Wasting Events in Increasing Knowledge (Case Study on Toddler Mother in Mulyasejati Village, Karawang City). Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(6), 1551-1554. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i6.5090