Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak dan Pencapaian Perkembangan Anak Usia 0-36 Bulan

Mother’s Knowledge about Child Development and Developmental Achievements of Children Aged 0-36 Months

  • Riyan Hidayat Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Alma Ata
  • Erni Samutri Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Universitas Alma Ata
  • Ratih Devi Alfiana Program Studi Profesi Bidan, Universitas Alma Ata
  • Ika Mustika Dewi Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Alma Ata
Keywords: Anak Usia 0-36 Bulan, Pengetahuan, Perkembangan, KPSP

Abstract

Latar belakang: Peran ibu berhubungan erat dengan ketercapaian perkembangan anak. Oleh karena itu, pengetahuan ibu tentang perkembangan anak mungkin menjadi faktor penting yang akan menentukan ketercapaian peran ibu dan ketercapaian perkembangan anak sesuai dengan usianya

Tujuan: Mengidentifikasi hubungan pengetahuan ibu tentang perkembangan anak dengan ketercapaian perkembangan anak usia 0-36 bulan.

Metode: Penelitian cross- sectional ini dilakukan pada ibu dengan anak usia 0-36 bulan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dengan ketercapaian perkembangan anak. Ibu yang berpertisipasi dalam penelitian ini memiliki kriteria ibu atau caregiver anak usia 0-36 bulan tanpa mengalami penyakit kronis atau riwayat pengakit kronis. Instrumen penelitian ini yaitu data karakteristik demografi, kuesioner pengetahuan perkembangan anak, dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan. Analisa korelasi dilakukan dengan uji Kendall Tau.

Hasil: Penelitian ini diikuti oleh 69 ibu dengan anak usia 0-36 bulan. Mayoritas anak memiliki capaian perkembangan sesuai umurnya (82.6%) dengan karakteristik rerata usia ibu yaitu 29.60 (SD 4.03) tahun, pendidikan SMA dan Perguruan Tinggi, dan ibu tidak bekerja. Presentase pengetahuan ibu paling tinggi yaitu pada perkembangan motorik kasar (89.28%). Namun semua domain pengetahuan perkembangan berada pada kategori baik. Pengetahuan ibu tentang perkembangan anak berhubungan secara positif dengan ketercapaian perkembangan anak usia 0-36 bulan (p = 0.000).

Kesimpulan: Edukasi tentang tugas perkembangan anak pada setiap tahapan usianya, strategi stimulasi perkembangan yang adekuat, dan tanda- tanda keterlambatan perkembangan menjadi penting untuk meningkatkan kesadaran orang tua akan kesehatan anak.

References

Riskesdas LN. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. 2018.

Yunita D, Luthfi A, Erlinawati E. Hubungan pemberian stimulasi dini dengan perkembangan motorik pada balita di desa Tanjung Berulak Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai. 2020;1(2):76-84.

Grantham-McGregor S, Cheung YB, Cueto S, Glewwe P, Richter L, Strupp B. Developmental potential in the first 5 years for children in developing countries. The lancet. 2007;369(9555):60-70.

Bishwokarma A, Shrestha D, Bhujel K, Chand N, Adhikari L, Kaphle M, et al. Developmental delay and its associated factors among children under five years in urban slums of Nepal. PloS one. 2022;17(2):e0263105.

Ali SS. A brief review of risk-factors for growth and developmental delay among preschool children in developing countries. Advanced biomedical research. 2013;2.

Samutri E, Rahmawati I, Wahyuningsih W, Yugistyowati A, Paratmanitya Y. Maternal role and psychosocial development of children aged 36-59 months. JNKI (Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia)(Indonesian Journal of Nursing and Midwifery). 2023;11(2):167-78.

Umiyah A, Purnomo W. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Tentang Pengisian Buku Kia Oleh Ibu Terhadap Stimulasi Dan Perkembangan Anak Usi 0-3 Tahun Di Puskesmas Tambak Pulau Bawean-Gresik. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2019;22(02):73-80.

Kuswanti I, Rochmawati L, Rahmawati L. Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Anak Umur 1-3 Tahun di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Indonesia Sehat. 2022;1(02):184-9.

Khairayeni K. Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Usia Balita di Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2015. 2015.

Gondim EC, Scorzafave LGDdS, Santos DDd, Henrique NCP, Pereira FdM, Mello DFd. Matching between maternal knowledge about infant development and care for children under one year old. Revista Latino-Americana de Enfermagem. 2022;30.

Karuppannan A, Ramamoorthy T, Rammamoorthi A, Ravichandran L. Mother’s knowledge on child’s developmental milestones and parenting skills in Kanchipuram District, Tamilnadu: a descriptive cross sectional study. Int J Health Sci Res. 2020;10(2):242-7.

Bornstein MH, Putnick DL, Costlow KM, Suwalsky JT. Retrospective report revisited: Long-term recall in European American mothers moderated by developmental domain, child age, person, and metric of agreement. Applied developmental science. 2020;24(3):242-62.

Crosnoe RL, Johnston CA, Cavanagh SE. Maternal education and early childhood education across affluent English-speaking countries. International journal of behavioral development. 2021;45(3):226-37.

Youngberg E. WORKING MOTHERS: WORK-LIFE BALANCE AND RELATIVE COGNITIVE EFFECTS ON CHILDREN. Business Studies Journal. 2011;3.

Deffaa M, Weis M, Trommsdorff G. The role of maternal parenting for children’s behavior regulation in environments of risk. Frontiers in psychology. 2020;11:2159.

Zhong J, Kuhn L, Wang T, Liu C, Luo R. The interrelationships between parental migration, home environment, and early child development in rural China: a cross-sectional study. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2020;17(11):3862.

Cuartas J, Jeong J, Rey-Guerra C, McCoy DC, Yoshikawa H. Maternal, paternal, and other caregivers’ stimulation in low-and-middle-income countries. PloS one. 2020;15(7):e0236107.

Prime H, Wade M, Gonzalez A. The link between maternal and child verbal abilities: An indirect effect through maternal responsiveness. Developmental Science. 2020;23(3):e12907.

Budiyati GA, Samutri E. Norma Subjektif dan Karakteristik Keluarga dalam Perilaku Merokok Remaja. Jurnal Keperawatan. 2021;13(1):197-202.

Yamaoka Y, Isumi A, Doi S, Ochi M, Fujiwara T. Differential effects of multiple dimensions of poverty on child behavioral problems: results from the A-CHILD study. International journal of environmental research and public health. 2021;18(22):11821.

Published
2024-04-01
How to Cite
Riyan Hidayat, Samutri, E., Ratih Devi Alfiana, & Ika Mustika Dewi. (2024). Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak dan Pencapaian Perkembangan Anak Usia 0-36 Bulan: Mother’s Knowledge about Child Development and Developmental Achievements of Children Aged 0-36 Months. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(4), 996-1000. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i4.4820