Pola Asuh dan Stimulasi Sosial dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun

Parenting Patterns and Social Stimulation with Social Emotional Development of Preschool-Age Children at Puskesmas X Tanjung Balai Karimun

  • Camelita Butar Program Studi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
  • Tuti Asrianti Utami Program Studi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
  • Wilhelmus Hary Susilo Program Studi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta
Keywords: Pola Asuh, Stimulasi Sosial, Perkembangan Sosial Emosional, Prasekolah

Abstract

Latar belakang: Anak merupakan individu yang unik dengan segenap kemampuan yang dimiliki. Anak dilahirkan belum bersifat sosial, belum mampu memiliki kemampuan bergaul dengan orang lain. Untuk mencapai kematangan sosial, anak harus belajar beradaptasi dengan orang lain.

Tujuan: Untuk menganalisa hubungan pola asuh dan stimulasi sosial dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun.

Metode: Desain penelitian ini menggunakan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sebanyak 160 responden.

Hasil: Hasil uji Sperman Rho didapatkan nilai p= 0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan demikian dapat diartikan ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah. Hasil uji Sperman Rho didapatkan nilai p= 0,339 > (0,05) yang berarti Ha ditolak, dengan demikian dapat diartikan tidak ada hubungan yang signifikan antara stimulasi sosial dan perkembangan sosial emosional.

Kesimpulan: Terdapat hubungan pola asuh dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun dan Tidak terdapat hubungan antara stimulasi sosial dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun.

References

Agusniatih, A., Manopa, J. M., & Anggarasari, N. H. (2019). KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI: Teori dan Metode Pengembangan. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=hbqUDwAAQBAJ

Arumsari, M. Z. D. (2018). Jeli Membangun Karakter Anak. Bhuana Ilmu Populer. https://books.google.co.id/books?id=aEZiDwAAQBAJ

BPS Kepulauan Riau. (2021). Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau. In Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau. https://kepri.bps.go.id/indicator/6/224/1/tingkat-pengangguran-terbuka.html%0Ahttps://kepri.bps.go.id/

Dhiu, D. K., & Fono, M. Y. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS?: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328

Husnaniyah, D., Riyanto, & Kamsari. (2022). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=FrF-EAAAQBAJ

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Ismiriyan. (2017). Gambaran perkembangan sosial dan kemandirian pada anak sekolah. 172–176.

Izzaty, D. R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah Google Buku. PT Gramedia, 2–3. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yC9IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=perkembangan+masa+anak+prasekolah&ots=W-noJYT4A-&sig=xQLkyrYahj7GgZEHinpiavQ7Kk0&redir_esc=y#v=onepage&q=perkembangan masa anak prasekolah&f=false

Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., & Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children. Routledge.KBBI. (2016). Arti kata pola asuh.

Kusmawati, I. I., Putri, R. N., Argaheni, B. N., Nugraheni, A., Sukamto, S. I., & Juwita, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Tumbuh Kembang Balita. https://books.google.co.id/books?id=K3LCEAAAQBAJ

Lestari. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=4VDODwAAQBAJ

Lestari, Sukmawati, & Rahmawati. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah ( 4-6 Tahun ) Di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2017. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 5(2), 10–20. https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i2.30

Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Nakamichi, K., Takahashi, M., Sunagami, F., & Iwata, M. (2022). The relationship between child-centered teaching attitudes in childcare centers and the socio-emotional development of Japanese toddlers. Early Childhood Research Quarterly, 59, 162–171. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.11.014

Ndari, S., Vinayastri, A., & Masyukuroh, K. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. 6–7.

Nirmalasari, R., Aldianor, A., Asfari, E. P., Anand, R., Septiani, R., & Nurhalisa, S. (2021). Penguatan Pola Asuh Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Petak Bahandang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 270. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4816

Nurachma, E., Hendriyani, D., Albertina, M., & Purwanti, S. (2020). PENGARUH PASANGAN PERNIKAHAN DINI TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK: di Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=Z7cTEAAAQBAJ

Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786

Nurmawati, T., & Wulandari, N. (2020). Perbedaan Kemandirian Dalam Pemenuhan ADL ( Activity Daily Living ) Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Tipe Keluarga Di Poli MTBS UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Jurnal Citra Keperawatan, 8(1), 16–21.

Oramas, C. V., Keluarga, D. D., & Oramas, C. V. (2016). Hubungan Stimulasi Perkembangan Terhadap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun Di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang.

Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162

Pratiwi, D. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN SECARA FISIK PADA ANAK USIA (4-6 TAHUN) PRASEKOLAH DI TK MARGOBHAKTI KELURAHAN SUKOSARI KECAMATAN KOTA MADIUN KARTOHARJO.

Rantina., M. (2021). Buku Panduan Stimulasi Dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia ( 0-6) Tahun. Integrative Medicine Research, 10, 100777. https://doi.org/10.1016/j.imr.2021.100777

Rokayah, Y., Fatimiyah, C., Rizqimah, Z., Aldiyah, E., & Rukmansyah, T. E. (2022). POLA MENDIDIK ANAK METODE 3A (Asah, Asih, Asuh). Dunia Akademisi Publisher. https://books.google.co.id/books?id=voptEAAAQBAJ

Ruauw, J., Rompas, S., & Gannika, L. (2019). Stimulasi Motorik Dengan Perkembangan Fisik Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.24470

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Susianty, N. S. V. A., & Khusniyati, M. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Elex Media Komputindo.

Van Tiel, J. M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=597vDwAAQBAJ

Nababan, A. P., Utami, T. A., & Susilo, W. H. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Kematangan Sosial Anak Prasekolah. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 11(1), 30-35.

Published
2024-03-06
How to Cite
Camelita Butar, Utami, T. A., & Wilhelmus Hary Susilo. (2024). Pola Asuh dan Stimulasi Sosial dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun: Parenting Patterns and Social Stimulation with Social Emotional Development of Preschool-Age Children at Puskesmas X Tanjung Balai Karimun. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), 648-656. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4675