Pola Asuh dan Stimulasi Sosial dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun
Parenting Patterns and Social Stimulation with Social Emotional Development of Preschool-Age Children at Puskesmas X Tanjung Balai Karimun
Abstract
Latar belakang: Anak merupakan individu yang unik dengan segenap kemampuan yang dimiliki. Anak dilahirkan belum bersifat sosial, belum mampu memiliki kemampuan bergaul dengan orang lain. Untuk mencapai kematangan sosial, anak harus belajar beradaptasi dengan orang lain.
Tujuan: Untuk menganalisa hubungan pola asuh dan stimulasi sosial dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sebanyak 160 responden.
Hasil: Hasil uji Sperman Rho didapatkan nilai p= 0,000 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan demikian dapat diartikan ada hubungan antara pola asuh dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah. Hasil uji Sperman Rho didapatkan nilai p= 0,339 > (0,05) yang berarti Ha ditolak, dengan demikian dapat diartikan tidak ada hubungan yang signifikan antara stimulasi sosial dan perkembangan sosial emosional.
Kesimpulan: Terdapat hubungan pola asuh dengan perkembangan sosial emosional anak usia prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun dan Tidak terdapat hubungan antara stimulasi sosial dengan perkembangan sosial emosional anak prasekolah di Puskesmas X Tanjung Balai Karimun.
References
Agusniatih, A., Manopa, J. M., & Anggarasari, N. H. (2019). KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI: Teori dan Metode Pengembangan. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=hbqUDwAAQBAJ
Arumsari, M. Z. D. (2018). Jeli Membangun Karakter Anak. Bhuana Ilmu Populer. https://books.google.co.id/books?id=aEZiDwAAQBAJ
BPS Kepulauan Riau. (2021). Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau. In Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau. https://kepri.bps.go.id/indicator/6/224/1/tingkat-pengangguran-terbuka.html%0Ahttps://kepri.bps.go.id/
Dhiu, D. K., & Fono, M. Y. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. EDUKIDS?: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i1.1328
Husnaniyah, D., Riyanto, & Kamsari. (2022). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=FrF-EAAAQBAJ
Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645
Ismiriyan. (2017). Gambaran perkembangan sosial dan kemandirian pada anak sekolah. 172–176.
Izzaty, D. R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah Google Buku. PT Gramedia, 2–3. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yC9IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=perkembangan+masa+anak+prasekolah&ots=W-noJYT4A-&sig=xQLkyrYahj7GgZEHinpiavQ7Kk0&redir_esc=y#v=onepage&q=perkembangan masa anak prasekolah&f=false
Johnson, J. E., Sevimli-Celik, S., & Al-Mansour, M. A., Tunçdemir, T. B. A., & Dong, P. I. (2019). Play in early childhood education. In Handbook of research on the education of young children. Routledge.KBBI. (2016). Arti kata pola asuh.
Kusmawati, I. I., Putri, R. N., Argaheni, B. N., Nugraheni, A., Sukamto, S. I., & Juwita, S. (2023). Pola Asuh Orang Tua dan Tumbuh Kembang Balita. https://books.google.co.id/books?id=K3LCEAAAQBAJ
Lestari. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik Dalam Keluarga. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=4VDODwAAQBAJ
Lestari, Sukmawati, & Rahmawati. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Prasekolah ( 4-6 Tahun ) Di TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) Kelurahan Linggasari Ciamis Tahun 2017. JURNAL KESEHATAN STIKes MUHAMMADIYAH CIAMIS, 5(2), 10–20. https://doi.org/10.52221/jurkes.v5i2.30
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nakamichi, K., Takahashi, M., Sunagami, F., & Iwata, M. (2022). The relationship between child-centered teaching attitudes in childcare centers and the socio-emotional development of Japanese toddlers. Early Childhood Research Quarterly, 59, 162–171. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.11.014
Ndari, S., Vinayastri, A., & Masyukuroh, K. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. 6–7.
Nirmalasari, R., Aldianor, A., Asfari, E. P., Anand, R., Septiani, R., & Nurhalisa, S. (2021). Penguatan Pola Asuh Terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Dalam Keluarga Melalui Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Petak Bahandang. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 270. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4816
Nurachma, E., Hendriyani, D., Albertina, M., & Purwanti, S. (2020). PENGARUH PASANGAN PERNIKAHAN DINI TERHADAP POLA PENGASUHAN ANAK: di Kelurahan Mangkurawang Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=Z7cTEAAAQBAJ
Nurhidayah, I., Gunani, R. G., Ramdhanie, G. G., & Hidayati, N. (2020). Deteksi Dan Stimulasi Perkembangan Sosial Pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 3(2), 42–58. https://doi.org/10.32584/jika.v3i2.786
Nurmawati, T., & Wulandari, N. (2020). Perbedaan Kemandirian Dalam Pemenuhan ADL ( Activity Daily Living ) Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Tipe Keluarga Di Poli MTBS UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Jurnal Citra Keperawatan, 8(1), 16–21.
Oramas, C. V., Keluarga, D. D., & Oramas, C. V. (2016). Hubungan Stimulasi Perkembangan Terhadap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun Di RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang.
Prastiwi, M. H. (2019). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 1–8. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.162
Pratiwi, D. (2019). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN SECARA FISIK PADA ANAK USIA (4-6 TAHUN) PRASEKOLAH DI TK MARGOBHAKTI KELURAHAN SUKOSARI KECAMATAN KOTA MADIUN KARTOHARJO.
Rantina., M. (2021). Buku Panduan Stimulasi Dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia ( 0-6) Tahun. Integrative Medicine Research, 10, 100777. https://doi.org/10.1016/j.imr.2021.100777
Rokayah, Y., Fatimiyah, C., Rizqimah, Z., Aldiyah, E., & Rukmansyah, T. E. (2022). POLA MENDIDIK ANAK METODE 3A (Asah, Asih, Asuh). Dunia Akademisi Publisher. https://books.google.co.id/books?id=voptEAAAQBAJ
Ruauw, J., Rompas, S., & Gannika, L. (2019). Stimulasi Motorik Dengan Perkembangan Fisik Pada Anak Usia 3-5 Tahun. Jurnal Keperawatan, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i2.24470
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Susianty, N. S. V. A., & Khusniyati, M. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Tridhonanto, A., & Agency, B. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. PT Elex Media Komputindo.
Van Tiel, J. M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=597vDwAAQBAJ
Nababan, A. P., Utami, T. A., & Susilo, W. H. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Kematangan Sosial Anak Prasekolah. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan, 11(1), 30-35.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.