Hubungan Karakteristik dan Tingkat Pengetahuan dengan Kecemasan Remaja pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
The Relationship Between Characteristics and Level of Knowledge with Adolescent Anxiety During the Adaptation Period to New Habits
Abstract
Latar belakang: Wabah pandemi Covid-19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan psikologis masyarakat termasuk remaja. Remaja memiliki usia yang labil, sehingga psikologisnya mengalami kecemasan yang berlebihan dan ketakutan akan tertularnya virus jika adaptasi kebiasaan baru akan diterapkan di sekolah. Kecemasan pada remaja jika akan berlangsung lama dapat menyebabkan gangguan psikologis.
Tujuan: Untuk menganalisa hubungan karakteristik usia, jenis kelamin dan tingkat pengetahuan dengan kecemasan remaja pada masa adaptasi kebiasaan baru di SMKN 38 Jakarta.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross sectional dengan pengambilan sampel diambil secara random sampling sebanyak 242 responden.
Hasil: Analisa data kendall’s tau B menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara usia (p-value 0,815) dan pengetahuan (p-value 0,346), dan analisa data Chi Square menunjukkan tidak ada hubungan bermakna antara jenis kelamin (p-value 0,445) dengan kecemasan tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di SMKN 38 Jakarta.
Kesimpulan: bahwa Tidak ada hubungan usia, jenis kelamin dan pengetahuan dengan kecemasan remaja pada masa adaptasi kebisaan baru di SMKN 38 Jakarta.
References
Abdurrohman, M. F. (2019). Hubungan Karakteristik (usia dan jenis kelamin) dengan Tingkat Pengetahuan Siswa Usia 14-17 Tahun Tentang Bahaya Merokok di SMKN 2 Bandar Lampung.
Anggreni, D., & Safitri, C. A. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Tentang Covid-19 Dengan Kepatuhan Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Di Masa New Normal. Hospital Majapahit, 12(2), 134–142.
Craske, M. G., & Stein, M. B. (2016). Anxiety. The Lancet.
Celine, A. D. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Dan Kecemasan Pada Mahasiswa Farmasi Universitas Sumatera Utara Angkatan 2017. 1–48.
Davies, N. G., Klepac, P., Liu, Y., Prem, K., Jit, M., Pearson, C. A. B., Quilty, B. J., Kucharski, A. J., Gibbs, H., Clifford, S., Gimma, A., van Zandvoort, K., Munday, J. D., Diamond, C., Edmunds, W. J., Houben, R. M. G. J., Hellewell, J., Russell, T. W., Abbott, S., … Eggo, R. M. (2020). Age-dependent effects in the transmission and control of COVID-19 epidemics. Nature Medicine, 26(8), 1205–1211. https://doi.org/10.1038/s41591-020-0962-9
Efrizal, W. (2020). Persepsi Dan Pola Konsumsi Remaja Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Biologi, Botani, Zoologi Da Mikrobiologi, 05(2), 43–48.
Eka, M., Devita, Y., Erlin, F., & Filer. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasa Mahasiswa. Jurnal Ners Indonesia, 8(2), 124–131.
Gabriel la Romauli Natalia Hutagaol, manuel S. M. W. (2021). Hubungan Pengetahuan Remaja Dengan Kepatuhan Penggunaan Masker Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 Di SMA Perguruan Advent Salemba. CHMK Nursing Scientific Journal, 5(2), 66–73.
Galasso, V., Pons, V., Profeta, P., Becher, M., Brouard, S., & Foucault, M. (2020). Gender differences in COVID-19 attitudes and behavior: Panel evidence from eight countries. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 117(44), 27285–27291. https://doi.org/10.1073/pnas.2012520117
Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia, 1(1), 243–256.
Kusuma, Y. L. H., Fatmawati, A., & Rachmah, S. (2021). Persepsi Orang Tua Dengan Anak Usia Sekolah Menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru Masa Pandemi Covid-19. Hospital Majapahit, 13(1), 104–111.
Manassis, K., Bennett, K., Walter, S. D., Cheung, A., Wilansky-Traynor, P., Diaz-Granados, N., Duda, S., Rice, M., Baer, S., Barrett, P., Bodden, D., Cobham, V. E., Dadds, M. R., Flannery-Schroeder, E., Ginsburg, G., Heyne, D., Hudson, J. L., Kendall, P. C., Liber, J., … Wood, J. J. (2016). Cognitive behavioral therapy age effects in child and adolescent anxiety: An individual patient data metaanalysis. Depression and Anxiety, 30(9), 1–23. https://doi.org/10.1002/da.22099
Masdar, H., Saputri, P. A., Rosdiana, D., Chandra, F., & Darmawi, D. (2016). Depresi, ansietas dan stres serta hubungannya dengan obesitas pada remaja. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 12(4), 138–142. https://doi.org/10.22146/ijcn.23021
Muhamad, S. V. (2021). Pandemi COVID-19 Sebagai Persoalan Serius Banayak Negara Di Dunia. Info Singkat, XIII(13), 7–12.
Odriozola-González, P., Planchuelo-Gómez, Ã., Jesús Irurtia, M., & Luis-Garcia, R. (2020). Psychological effects of the COVID-19 outbreak and lockdown among students and workers of a Spanish university. Psychiatry Research, 290(January), 113108.
Pardede, J. A., Keliat, B. A., Damanik, R. K., & Gulo, A. R. B. (2020). Optimalisasi Koping Perawat Mengatasi Kecemasan Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Era New Normal. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(3), 105–112.
Patimah, I., W, S. Y., Alfiansyah, R., Taobah, H., Ratnasari, D., & Nugraha, A. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Penularan Covid-19 pada Masyarakat. Jurnal Kesehatan, 12(1), 52–60.
Puspita, I. M., Rozifa, A. W., & Nadhiroh, A. M. (2021). Gambaran kecemasan dan kepatuhan remaja putri terhadap kebiasaan baru pada masa pandemi covid-19 di surabaya. Journal of Midwifery Science, 5(1), 52–61.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32.
Riyadi, & Larasaty, P. (2020). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19. Seminar Nasional Official Statistics, 45–54. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.431
Saputri, K. M., Handayani, L. T., & Kurniawan, H. (2016). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Di Ruang Bedah RS. Baladhika Husada Jember. 1–11.
Sundari, & Masnilawati, A. (2018). Pengetahuan Meningkatkan Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu di Makassar. Window of Health, 1(1).
Suryaatmaja, D. J. C., & Wulandari, I. S. M. (2020). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Remaja Akibat Pandemik Covid-19. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 2(4), 820–829.
Susiani, A. (2021). Hubungan Pengetahuan Tentang COVID-19 Dengan Perilaku. Jurnal Kesehatan, 12(1), 52–60.
Suwandi, G. R., & Malinti, E. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Terhadap Covid-19 Pada Remaja Di SMA Advent Balikpapan. Malahayati Nursing Journal, 2(4), 677–685.
Syami Yulianti, L. Y. S. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap Covid-19 Pada Siswa Di Pesantren Pancasila Kota Bengkulu. Ilmiah Kebidanan, 7(1), 53–58.
Umami, I. (2019). Psikologi Remaja. 3–4.
WHO. (2021). Autor : WHO Tahun : 2021 Judul : kasus Covid-19 di dunia. 2021. retrified from www.covid19.go.id
WHO. (2014). Orientation Programme on Adolescent Health for Health-care Providers.
Xiao C. (2020). A Novel Approach of Consultation on 2019 Novel Coronavirus (COVID-19)-Related Psychological and Mental Problems: Structured Letter Therapy. Psychiatry Investigation, 17(2), 175–176. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7047000/pdf/pi-2020-0047.pdf
Zalukhu, A., & Rantung, J. (2020). Tingkat Kecemasan Terhadap Sikap Anak SD Terhadap Menjaga Kesehatan Di Masa Pandemi COVID-19. Skolastik Keperawatan, 6(2), 114–122.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.