Hubungan Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Stress Akademik pada Siswa SMA 3 Kota Makassar
The Relationship of Online Learning During The Covid-19 Pandemic to The Level Of Academic Stress in High School Students 3 Makassar City
Abstract
Latar belakang: Dampak dari pandemi Covid-19 pada proses belajar mengajar cukup terasa. Masalah yang dihadapi para siswa pada masa pandemi Covid-19 ini selain tuntutan-tuntutan yang dibebankan dengan model belajar mengajar secara daring, proses belajar menggunakan media daring ini lebih melelahkan dan membosankan, karena mereka tidak dapat berinteraksi langsung dengan guru maupun teman lainnya. Dengan demikian dapat mengakibatkan frustrasi pada siswa, dan bila terus berlanjut dapat menimbulkan stress.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring terhadap tingkat stress akademik pada siswa SMA pada saat pandemi Covid-19. Hubungan yang diteliti adalah jenis kelamin, kondisi jaringan dan, prestasi akademik siswa sebelum dan saat pandemi Covid-19.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa SMA sebanyak 77 orang. Penelitian dilakukan dengan pengisian kuesioner demografik, kuesioner Educational Stress Scale Academic (ESSA) yang diolah menggunakan uji Chi Square.
Hasil: terdapat hubungan yang signifikan adalah jenis kelamin (p<0.048) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan adalah kondisi jaringan dan prestasi akademik.
Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara jenis kelamin anak dan prestasi akademik dengan stress akademik pada siswa SMA 3 Makassar.
References
Pratiwi RR, Nurlaily H, Artha D. Analisa Yuridis Penetapan Covid 19 Sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Ditinjau Dari Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. J Inicio Legis. 2020;1(1):1–14.
Purwanto A, Pramono R, Asbari M, Santoso PB, Wijayanti LM, Choi CH, et al. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns J Educ Psychol Couns. 2020;2(1):1–12.
Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10–4. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Barseli M, Ifdil I. Konsep Stres Akademik Siswa. J Konseling dan Pendidik. 2017;5(3):143. https://doi.org/10.29210/119800
Argaheni NB. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM J Ilm Kesehat dan Apl. 2020;8(2):99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Malinda R, Irmayanti N, Zuroida A. Hubungan Antara Stress Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School Di Sd Al Kautsar Kota Surabaya. J Psikol Wijaya Putra. 2020;1(1):1–14.
Rohmatillah W, Kholifah N. Stress Akademik antara Laki-laki dan Perempuan Siswa School from Home. J Psikol J Ilm Fak Psikol Univ Yudharta Pasuruan. 2021;8(1):38–52. https://doi.org/10.35891/jip.v8i1.2648
Maryam S. Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. JURKAM J Konseling Andi Matappa. 2017;1(2):101. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.12
Kountul, Y, P D, Kolibu, F K, Korompis G. Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. J Kesmas. 2018;7(5).
Wahyu A, Simanullang RH. Student Stress Due to Online Learning During the Covid-19 Pandemic. J Aisyah J Ilmu Kesehat. 2020;5(2):153–7. https://doi.org/10.30604/jika.v5i2.346
Jannah ABN, Kholili MI, Hidayat RR. Stres Akademik dalam Mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh: Perbedaan Gender. J Psikoedukasi dan Konseling. 2022;6(1):35. https://doi.org/10.20961/jpk.v6i1.62485
Mantolas SL, Nurwela TS, Gerontini R. Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Dismenorea Pada Mahasiswi Keperawatan Angkatan Vi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Citra Husada Mandiri Kupang (Chmk). Chmk Midwifery Sci J. 2019;2(1).
Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):299–306.
Anggrini D. Faktor-Faktor Pemicu Stres Pada Siswa Sma Selama. Psikol Malahayati. 2021;3(1):39–46.
Asmita W. Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring pada Mahasiwa IAIN Batusangkar. 2021.
Fitriani W, Asmita W, Hardi E, Silvianetri S, David D. Kuliah Daring: Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa dan Faktor yang Mempengaruhinya. Edukasi Islam J Pendidik Islam. 2022;11(01):147. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1869
Oktariani IS. Tingkatan Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid19. 2021;
Irawan AW, Dwisona D, Lestari M. Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI J Bimbing dan Konseling. 2020;7(1):53–60. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389
Aty Mulyani. Artikel (penomena stres di sekolah berbasis boariding school). 2013;
Safira L, Hartati MTS. Gambaran Stres Akademik Siswa SMA Negeri Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Empati-Jurnal Bimbing dan Konseling. 2021;8(1):125–36. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7909
Barseli M, Ahmad R, Ifdil I. Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. J Educ J Pendidik Indones. 2018;4(1):40. https://doi.org/10.29210/120182136
Andiarna F, Kusumawati E. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J Psikol. 2020;16(2):139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395
Simanjuntak ED, Kusumiati RYE. Stress Akademik dengan Prestasi Belajar masa Pandemi Covid-19. 2023;18(1):10–9.
Gibran H, Wiyono BD. Pengaruh stres akademik dan burnout terhadap prestasi belajar di masa pembelajaran daring di SMPN 1 Galis Pamekasan. 2022;15(2):1–23.
Rambe W-, Suhairi S. Stres Akademik Siswa Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat serta Implikasinya dalam Bimbingan Dan Konseling. Vol. 12, UIN Sumatera Utara. 2021. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11996
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-Non Commercial License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.