Efisiensi Waktu Pelayanan Pasien dengan Metode Lean Management : Literature Review

The Eficiency Patient Service Time With Lean Management : Literature Review

  • Dolly Linneke Djawa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Puput Oktamianti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Lean Management, Waiting Time, Hospital

Abstract

Latar Belakang : Efisiensi waktu layanan adalah salah satu penentu tingkat kepuasan pasien di sebuah rumah sakit. Lean management sebagai salah satu metode efektif yang dapat diimplementasikan di rumah sakit dengan mengidentifikasi kegiatan yang bernilai dan tidak bernilai, untuk dilakukan perbaikan sistem pelayanan.

Tujuan : Tinjauan literatur ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode lean management dalam mengurangi waktu tunggu pasien dan efisiensi waktu layanan yang diberikan.

Metode : Pencarian menyeluruh tinjauan literatur ini dengan kata kunci di basis data Pubmed, ProQuest, Scopus, Science Direct dan Sage Journals. Dilakukan ekstraksi data dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan. Metode PRISMA digunakan untuk proses pemilihan jurnal.

Hasil : Pencarian menghasilkan sembilan artikel menggunakan analisis dengan konsep lean thinking dengan pemetaan aliran nilai baik nilai tambah (value added) dan non value added. Berdasarkan hasil penelitian metode lean thinking telah banyak diterapkan di berbagai negara dan dapat dipakai di berbagai layanan rumah sakit. Seluruh artikel bahwa menunjukkan bahwa metode lean dapat menurunkan waktu layanan, menurunkan waktu tunggu pasien, meningkatkan kepuasan pasien, dan meningkatan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit.

Kesimpulan : Penggunaan  metode  lean  management di  rumah sakit dapat mengurangi waktu tunggu pasien, mengurangi  lama waktu perawatan  pasien,  efisiensi penggunaan sumber daya,  meningkatkan jumlah kunjungan pasien, meningkatkan kepuasan sehingga kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien dapat mengalami peningkatan.

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan.

Keputusan Menteri Keshatan Republik Indonesia Nomor 128 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal

Bossone E, Majolo M, Serena D’Ambrosio, Raiola E, Sparano M, Russo G, dkk. Lean Management Approach for Reengineering the Hospital Cardiology Consultation Process: A Report from AORN “A. Cardarelli” of Naples. International Journal of Environmental Research and Public Health. 2022;19(8):4475.

Elkholi A, Althobiti H, Al Nofeye J, Hasan M, Ibrahim A. NO WAIT: new organised well-adapted immediate triage: a lean improvement project. BMJ Open Qual. Januari 2021;10(1).

Fiorillo A, Sorrentino A, Scala A, Abbate V, Orabona GD. Improving performance of the hospitalization process by applying the principles of Lean Thinking. TQM Journal. 2021;33(7):253–71.

Fu S, Xian-Guo W, Zhang L, Li-Feng W, Zhang-Mei L, Qi-Lei H. Service Quality Improvement of Outpatient Blood Collection by Lean Management. Patient Preference and Adherence. 2021;15:1537–43.

Hammoude et al. The Impact of Lean Management Implementation on Waiting Time and Satisfaction of Patients and Staff at an Outpatient Pharmacy of aComprehensive Cancer Center in Jordan.

Hung DY, Mujal G, Jin A, Liang SY. Patient experiences after implementing lean primary care redesigns. Health Serv Res. Juni 2021;56(3):363–70.

Laeliyah, N dan Subekti, H (2017). Waktu Tunggu Pelayanan rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien TerhadapPelayanan rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2)

Silitonga, Timbul Mei. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Lama Waktu Tunggu Rawat Jalan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Batam Tahun 2016. (2018). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.7454/arsi.v4i2.2568

Simatupang, T. (n.d.). Analisis Response Time Tindakan Seksio Sesarea Emergensi dengan pendkatan Lean Thinking Pada Unit PONek RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangkaraya Kalimantan Tengah Tahun 2020. Tesis

Smith IM, Bayliss E. Recovering staff, recovering services: massive-online support for recovering a paediatric service using Lean and compassionate communication. BMJ Open Quality [Internet]. 2022;11(2). Tersedia pada: https://www.proquest.com/scholarly-journals/recovering-staff-services-massive-online-support/docview/2680690640/se-2?accountid=17242

Trakulsunti Y, Trakoonsanti L. The use of Lean tools to reduce inpatient waiting time in a Thai public hospital: an action research study. Leadership in Health Services. 2021;34(2):84–97.

Waqas M, Sureshkumar R, Muthuswamy S, Damodaran P, Lindley B, Iyer R. Improving Patient Delays at an Immediate Care Facility Using Lean Methodologies. IIE Annual Conference Proceedings. 2022;1–6.

Published
2023-12-01
How to Cite
Djawa, D. L., & Puput Oktamianti. (2023). Efisiensi Waktu Pelayanan Pasien dengan Metode Lean Management : Literature Review: The Eficiency Patient Service Time With Lean Management : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2357-2364. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i12.4059