Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Bima Trisakti Kota Banjarmasin

The relationship between knowledge and attitudes towards compliance with the use of personal protective equipment (PPE) at PT. Bima Trisakti, City of Banjarmasin

  • Edy Ariyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
Keywords: Kepatuhan, Pengetahuan, Sikap, APD

Abstract

Latar belakang: Keselamatan dan kesehatan kerja yakni pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan integritas baik pekerja manual maupun mental. Kesehatan dan keselamatan kerja mengharapkan mereka yang terlibat untuk bekerja dengan aman dan nyaman. Sebuah tempat kerja dikatakan aman jika apa pun yang dilakukan pekerja, risiko terkait dapat dihindari. Penggunaan APD seperti helm, sepatu safety, kacamata las, masker, sarung tangan, sabuk pengaman dan celemek melindungi pekerja dari bahaya dan cedera akibat kerja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap terhadap kepatuhan penggunaan APD di PT. Bima Trisakti Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan total sampling sebanyak 60 orang pekerja lapangan yang memenuhi persyaratan sebagai responden.

Hasil: Penelitian secara univariat menunjukkan bahwa sebagian besar responden patuh terhadap penggunaan APD yaitu sebanyak 50 responden (83,3%), pengetahuan responden sebagian besar baik 57 responden (95,0%) dan sikap responden positif sebesar 49 responden (81,7%). Hasil penelitian bivariat menggunakan uji chi-square didapatkan adanya hubungan pengetahuan (p-value=0,004) dan sikap (p-value=0,013) terhadap kepatuhan penggunaan APD di PT. Bima Trisakti Kota Banjarmasin.

Saran: Menerapkan kembali penekanan yang lebih besar pada SOP pekerja dan ketidakpatuhan dalam menggunakan APD saat bekerja atau memasuki area kerja, disarankan agar pekerja diberi sanksi bagi yang tidak patuh untuk mencegah kecelakaan terhadap pekerja.

References

Sukapto P, Octavia JR, Pundarikasutra PAD, Ariningsih PK, Susanto S. Improving Occupational Safety and Health in Footwear Home Industry through Implementation of ILO-PATRIS, NOSACQ-50 and Participatory Ergonomics: A Case Study. Ind Eng. 2019;10(5).

Tarwaka M. Implementasi K3 di Tempat Kerja, Surakarta. Harapan Press; 2008.

Djatmiko RD. Keselamatan dan kesehatan kerja. Deepublish; 2016.

Soehatman R. Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja. Dian Rakyat, Jakarta. 2010;

Sugiyono D. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. 2013;

Warmuni NM, Rusminingsih NK. Hubungan tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pemakaian alat pelindung diri petugas cleaning service di Rumah Sakit Umum Bangli Tahun 2019. J Kesehat Lingkung. 2020;10(1).

Maharani DP, Wahyuningsih AS. Pengetahuan, Sikap, Kebijakan K3 Dengan Penggunaan Alat Pelindung Diri Di Bagian Ring Spinning Unit 1. JHE (Journal Heal Educ. 2017;2(1):33–8.

Pertiwi OA, Lestari M. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Petugas Laboratorium Klinik RSUD Dr. Ibnu Sutowo Baturaja. J Ilmu Kesehat Masy. 2016;7(2).

Mahendra R, Kurniawan B, Suroto S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Pekerjaan Ketinggian Di Pt. X. J Kesehat Masy. 2017;3(3):572–81.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. 2012;

Paramita CCP, Wijayanto A. Pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada pt. Pln (persero) apj semarang. J Adm Bisnis. 2012;1(1).

Bahar API, Kawatu PAT, Adam H. Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan tindakan penggunan alat pelindung diri pada pekerja cleaning service di rsup prof. Dr. RD Kandou Manado. KESMAS J Kesehat Masy Univ Sam Ratulangi. 2018;7(5).

Damiati LM. dkk. 2017. Perilaku Konsum.

Sumarwan U. Model keputusan konsumen. Perilaku Konsum. 2014;5:1–41.

Yuliani I, Amalia R. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pekerja dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). J Ilmu Kesehat Masy. 2019;8(01):14–9.

Published
2023-04-03
How to Cite
Edy Ariyanto. (2023). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) di PT. Bima Trisakti Kota Banjarmasin : The relationship between knowledge and attitudes towards compliance with the use of personal protective equipment (PPE) at PT. Bima Trisakti, City of Banjarmasin . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(4), 714-719. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i4.3411