Determinan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku K3 Pekerja Docking Kapal PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari Banjarmasin

Determinants of Knowledge and Attitude with OHS Behavior of Ship Docking Workers PT. Kodja Bahari Banjarmasin Docks & Shipments

  • Edy Ariyanto Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • M. Ikramuna Dawamal Mada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
Keywords: Perilaku K3, Pengetahuan, Sikap

Abstract

Latar Belakang: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan ilmu pengetahuan dan penerapan dalam usaha mencegah kemungkinan-kemungkinan akan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Determinan Masa Kerja serta Pendidikan dengan Perilaku K3 Pekerja Docking Kapal PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survei analitik yaitu penelitian yang mencoba menggali bagaimana dan mengapa fenomena kesehatan tersebut terjadi.

Hasil: Penelitian menunjukan bahwa dari pekerja yang memiliki sikap positif sebagian besar berperilaku K3 yang positif sebanyak 92,3% dan pekerja yang memiliki pengetahuan baik sebagian besar berperilaku K3 yang positif sebanyak 92,7%.

Kesimpulan: Adanya hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku K3 yang positif pada pekerja di PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari.

References

1. Abdi, H. (2020). Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja di Indonesia, dari Manusia, Lingkungan, hinggaPeralatan. Retrieved from Liputan 6.
2. Anisa, d. (2015). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI, SIKAP, PENGETAHUAN DAN tempat kerja terhadap perilaku keselamatan karyawan . Perception, knowledge, workplace, safety behavio.
3. Bachri, S. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (k3) pada karyawan di area produksi bagian weaving PT unitek Tbk,. Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan.
4. Cindy, d. (2019). penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lingkungan kerja balai inseminasi buatan (BIB) Lembang. Kesehatan dan keselamatan Kerja.
5. Dahlawy. (2008.). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku keselamatan dan kesehatan kerja.(K3)
6. Ernawati. (2015). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan penerapan sistem manajemen
k3 pada proyek konstruksi di kota manado . Jurnal akademi keperawatan husada karya jaya, volume 3, nomor 1, maret 2017.
7. Indriyati, N. R. (2020, Maret 31). Optimalisasi Penerapan Prosedur Keselamatan Kerja di PT. Pertamina (Persero) Ru-VI Balongan. Retrieved from Optimalisasi,
Prosedur, Keselamatan Kerja.
8. Isokonsultindo. (2021). Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Retrieved from Pengertian dan definisi K3 Menurut Para Ahli.
Published
2022-04-09
How to Cite
Edy Ariyanto, & M. Ikramuna Dawamal Mada. (2022). Determinan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku K3 Pekerja Docking Kapal PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari Banjarmasin: Determinants of Knowledge and Attitude with OHS Behavior of Ship Docking Workers PT. Kodja Bahari Banjarmasin Docks & Shipments . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 453-456. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2384