Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PTM di UPTD Puskesmas Tosora

The Relationship of Health Service Quality With PTM Patient Satisfaction in UPTD Puskesmas Tosora

  • St. Rosmanely Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas
  • Muh. Yusri Abadi Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas
  • Ika Bella Rezqi Jaya Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Unhas
  • Ahmad Yani Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Mutu Pelayanan, Kepuasan, Pasien

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan dipahami sebagai pemenuhan kebutuhan pasien dan kualitas pelayanan yang diterima pasien dapat dinilai salah satunya berdasarkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien adalah perasaan bahagia yang muncul pada diri seorang sehabis menerima pelayanan yang diterima atau dialam secara eksklusif atau menggunakan istilah lain tingkat perasaan seseorang pelanggan sehabis membandingkan kinerja atau output yang dirasakan.

Tujuan: untuk mengetahui Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Penyakit Tidak Menular Puskesmas Tosora.

Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Penelitian dilakukan pada bulan April – Mei 2022.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi teknis (p=0.086), akses terhadap pelayanan (p=0.013), hubungan interpersonal (p=0,000), dan kenyamanan (p=0,006). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan anatara variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora. Sedangkan, tidak ada hubungan antara variabel kompetensi teknis dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD Puskesmas Tosora Kabupaten Wajo.

Kesimpulan: Ada hubungan antara faktor variabel akses terhadap pelayanan, hubungan interpersonal, dan kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan penyakit tidak menular di UPTD puskesmas Tosora Kabupaten Wajo. Saran penulis untuk pihak Puskesmas agar meningkatkan lagi mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, sehingga dapat memberikan dampak kepuasan kepada pasien.

References

Raising R. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Dan Apotek. J Mandala Pharmacon Indones. 2019;5(01):31–7.

Wardani Rk. Pengaruh Kinerja Pelayanan Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gunung Sugih. J Simplex. 2019;2(3):24–34.

Nopiani CS. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Banyuke Hulu Kabupaten Landak. J Ilmu Manaj dan Akunt. 2019;7(1):1–7.

Simanjuntak M, Siallagan H. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Pasien Peserta BPJS Di Puskesmas Glugur Kota Medan. J Ilm Perekam Dan Inf Kesehat Imelda. 2017;2(2):316–26.

Aripa, L. The Quality of Inpatient Health Services at Mamajang Health Center. Makassar City. 2021 (3), pp. 34–38.

Ivana T, Taraneti D, Permana LI. Analisa Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pembantu Pararapak Kabupaten Barito Selatan Tahun 2019. J Keperawatan Suaka Insa. 2020;5(1):133–42.

Mualifah As, Hidana R, Pujiati S. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Diabetes Mellitus Di Puskesmas Mekar Wangi Kota Bogor Tahun 2019. Promotor. 2019 Dec;2(6):433.

GA O, IB M, RN M. Patients’ Level of Satisfaction with the Health Care Services Received at Outpatient Departments in Kilimanjaro Region, Tanzania. J Patient Care. 2017;03(01):1–6.

Artanti S, Prajayanti H. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Puskesmas Buka Sampai Ndalu ( Posdalu ) di Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. J Kebidanan Harapan Ibu Pekalongan. 2020;7(1):46–50.

Liliskarlina, Faisal AKA. Faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap rskdia pertiwi. J Patria Artha of Nursing Science. 2020;4(2).

Amelia I. Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Puskesmas Paccerakang Kota Makassar. Skripsi. 2018;3.

Herman, Sudirman N. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. J Kesehat Masy. 2014;5(2):22–35.

Ulfa Mutmainnah, Reza Aril Ahri A. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP . Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. J of Muslim Community Health (JMCH). 2021;2(1):1–23.

Kasnaini, Sukri Palutturi RAA. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Umum Instalasi Rawat Inap Rsud La Temmamala Soppeng Tahun 2018. Pascasarj Univ Muslim Indonesia. 2018;458–69.

Wanarto, G.B. (2013). Penilaian Mutu Pelanggan Kesehatan Oleh Pelanggan. Jawa Timur:Forikes.

Published
2023-03-03
How to Cite
St. Rosmanely, Muh. Yusri Abadi, Ika Bella Rezqi Jaya, & Ahmad Yani. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien PTM di UPTD Puskesmas Tosora: The Relationship of Health Service Quality With PTM Patient Satisfaction in UPTD Puskesmas Tosora. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(3), 538-544. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i3.3277