Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelayanan Radioterapi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Cipto Mangunkusumo

Service Quality Improvement Strategy in Radiotherapy Service in General Hospital National Dr. Cipto Mangunkusumo

  • Hamdi Rubiyanto Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Hermawan Saputra Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Pradnya Pramita Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Desrialita Faryanti Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Keywords: Analisa Gap, Strategi, Peningkatan Mutu Layanan, Radioterapi

Abstract

Latar belakang: Indikator kualitas merupakan instrumen yang dapat memberikan gambaran atau potret suatu kinerja yang dilakukan oleh suatu organisasi. Kualitas layanan yang dikembangkan oleh A Parasuraman, Valarie A Zheitaml dan L Berry disebut dengan Service Quality Model (SERVQUAL). Model kualitas layanan secara rinci menggambarkan empat kesenjangan yang dapat menyebabkan kualitas layanan tidak dapat dicapai.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dapat mengurangi kesenjangan pelayanan radiologi sehingga dapat dijadikan sebagai strategi peningkatan mutu pelayanan radioterapi di RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang diperoleh melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang dapat menyebabkan kesenjangan pengetahuan, kesenjangan standar, kesenjangan penyampaian dan kesenjangan komunikasi, faktor-faktor mana yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi untuk mengurangi kesenjangan tersebut.

Kesimpulan: Strategi yang dapat mengurangi kesenjangan pelayanan adalah meningkatkan produktivitas pelayanan, membuat perencanaan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, mengembangkan sistem kepegawaian berstandar internasional, melakukan review dan evaluasi, mempromosikan peralatan yang ada, mengembangkan sistem informasi manajemen yang terintegrasi, dan meningkatkan kualitas. karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Diharapkan penulis selanjutnya dapat melakukan penelitian dalam lingkup yang lebih besar dan sampel penelitian.

References

Alwasilah, Chaedar. (2008). Pokoknya Kualitatif. Jakarta : Pustaka Jaya

Beny Irawan, Raden Aldri Kurnia, Erwin Daniel Sitanggang, Sayed Achmad. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan PAsien terhadap mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan metode service quality (SERVWUAL). Jurnal Keperawatan dan Fisioterapi (JKF), e-ISSN 2655-0830 Vol. 3 No.1 Edisi Mei – Oktober 2020

Cionini, L., Gardani, G., Gabriele, P., Magri, S., Morosini, P. L., Rosi, A., & Viti, V. (2007). Quality indicators in radiotherapy.

Cohen, L ; Manion, L & Morrison, K (2000) Research Methods in Education (5th edition), London, Routledge Falmer.

Denzin, N. K. (1970). The Research Act in Sociology.Chicago: Aldine.

Desrialita Faryanti, Hermawan Saputra, Aragar Putri. 2018 Comparative study performance with Balances Scorecard (BSC) in Acredited Public Health Center East Cilandak and Public Health Center Implemented ISO 9001 : 2008. Jurnal Health Sains: p–ISSN: 2723-4339 e-ISSN: 2548-1398Vol. 3, No.2,Februari 2022. https://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/417/510

Gabriele, P., Maggio, A., Garibaldi, E., Bracco, C., Delmastro, E., Gabriele, D., Rosi, A., Munoz, F., Di Muzio, N., Corvò, R., & Stasi, M. (2016). Quality indicators in the intensity modulated/image-guided radiotherapy era. Critical Reviews in Oncology/Hematology, 108, 52–61. https://doi.org/10.1016/j.critrevonc.2016.10.013

Yayat Dendi Hadiyat. (2014). Kesenjangan Digital di Indonesia (Studi Kasus di Kabupaten Wakatobi). Pekommas, 17(2), 81–90. Diakses pada tanggal 7 April 2019 dari https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/p ekommas/article/view/1170203

Martha, E., & Kresno, S. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan.

Moleong, J. Lexy (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for

Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430

Pickton, D. W., & Wright, S. (1998). What’s swot in strategic analysis? Strategic Change, 7(2), 101–109. https://doi.org/10.1002/(SICI)1099-1697(199803/04)7:2<101::AID- JSC332>3.0.CO;2-6

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riris Sakinah ,Ratu Ayu Dewi Sartika, Hermawan Saputra. 2017. Analisis Kepuasan Pasien HIV/AIDS terhadap Pelayanan RSU Kabupaten Tangerang Tahun 2017 dengan Menggunakan Metode Servqual. ARKESMAS, Volume 5, Nomor 2, Desember 2020

Susworo, R. (2017). Radioterapi: Dasar-dasar Radioterapi Tata Laksana Radioterapi Penyakit Kanker (1st ed.). Penerbit Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Penerbit ANDI.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality and Satisfaction (Edisi 4). Penerbit ANDI.

Yunus, E. (2016). Buku Manejemen Strategi. 1–238.

Published
2022-09-07
How to Cite
Rubiyanto, H., Saputra, H., Pramita, P., & Faryanti, D. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelayanan Radioterapi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Cipto Mangunkusumo: Service Quality Improvement Strategy in Radiotherapy Service in General Hospital National Dr. Cipto Mangunkusumo. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(9), 1176-1181. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i9.2719