Inovasi Sosial Media dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review

Managing Social Media as Hospital Marketing Innovation During COVID-19 Pandemics: Literature Review

  • Wayan Anggaratni G Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Wahyu Sulistiadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: Media Sosial, Pandemi, Pemasaran Rumah Sakit, Real Time

Abstract

Latar belakang: Pandemi menimbulkan disrupsi layanan kesehatan yang ditandai dengan penurunan kunjungan rawat jalan di fasilitas kesehatan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan mempertahankan kunjungan di era pandemi diperlukan suatu strategi marketing yang jitu dan adaptif terhadap kondisi yang ada.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perubahan strategi marketing rumah sakit di era pandemi COVID-19 melalui metode penlusuran literature.

Metode: Literature yang bersumber dari Google Scholar dipilah berdasarkan kesesuaian degan topic dan dikaji berdasarkan populasi, intervensi, comparation, dan outcome).

Hasil: Berdasarkan hasil penelusuran literature, ditemukan faktor yang menghambat strategi marketing di era pandemi adalah hambatan dalam pelaksanaan kegiatan langsung dan hambatan akses pasien ke rumah sakit. Pemilihan platform media sosial dan pembuatan konten yang menarik dan edukatif dan sesuai dengan kebutuhan audiens seperti TikTok dapat menjadi strategi rumah sakit dalam membentuk kesan branding sekaligus memberikan edukasi kesehatan pada masyarakat. 

Kesimpulan: Kesan Branding rumah sakit dan meningkatkan loyalitas apabila diikuti pula dengan penguatan dimensi produk seperti kecepatan pelayanan, kemudahan proses administrasi dan kemudahan akses layanan kesehatan. Dalam mengelola media sosial dibutuhkan tim yang mampu memberikan informasi yang menarik secara teratur, dan berespon cepat (real time) terhadap aktivitas pengguna sosial media terhadap informasi rumah sakit.

References

World Health Organisation. Key Planning Recommendations for Mass Gatherings in the Context of COVID-19. World Heal Organ. 2020;19(May):4.

Arzhanova KA, Beregovskaya TA, Silina SA. The Impact of the COVID-19 Pandemic on Consumer Behavior and Companies’ Internet Communication Strategies. 2020;486(Rtcov):50–7.

WHO. Interim report 27 August 2020 1. Pulse Surv Contin Essent Heal Serv Dur COVID-19 pandemic. 2020;(August):1–21.

Chauhan P, Somaiya KJ. Covid-19 Pandemic and Consumer Adoption of Digital Healthcare In India: A Qualitative Study Institute of Management Vilasini Jadhav, K J Somaiya Institute of Management Neha Gupta, K J Somaiya Institute of Management. Acad Mark Stud J. 2021;25(4):1528–2678.

World Health Organization. Contact tracing in the context of COVID-19. Interim guidance [Internet]. Vol. 16, Pediatria i Medycyna Rodzinna. 2020. p. 33–9. Available from: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/339128/WHO-2019-nCoV-Contact_Tracing-2021.1-eng.pdf?sequence=24&isAllowed=y

Hao W, Mehmood S, Shah A, Nawaz A, Qasim M, Souhail A. COVID-19 Epidemic Spread and the Impact on Public Health & Safety Policy : An Analysis of the Adoption of Preventive Measures and Effective Management : Evidence from Pakistan. Rev Argentina Clínica Psicológica. 2020;XXIX:722–36.

Camera G, Gioffré A. The economic impact of lockdowns: A theoretical assessment. J Math Econ. 2021;97:102552.

HHS Goverment. COVID-19 healthcare delivery impacts. Tracie. 2020;1–16.

Kotler P, Wong V, Saunders J, Armstrong G. Principles of Marketing. 4th ed. Vol. 1. London: Prentice Hall, Pearson Education; 2005. 450 p.

Feradhita N. Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P [Internet]. LOGIQUE. 2020 [cited 2021 Dec 13]. Available from: https://www.logique.co.id/blog/2020/11/09/marketing-mix/

Armstrong G, Adam S, Denize S, Kotler P. Principles of marketing. Pearson Australia; 2014.

Aslam S, Emmanuel P. Formulating A Researchable Question: A Critical Step For Facilitating Good Clinical Research. Indian J Sex Transm Dis. 2010;31(1):47–50.

Kadioglu CT, Cavmak D, Haque A. Determining Consumer S ’ Choice Criteria F Or Hospital Services : A Study Among Public , Private And Institutional. 2021;32(3):10718–30.

Zhang W, Mei J, Song W, Evans R. Why Do Citizens Engage With the TikTok Accounts of Public Hospitals in China ? 2021;

Singh AP, Kalke P, Chauhan N, Gursoy D, Chi CG, Singh AP, et al. Effect of Covid-19 on Hospital Marketing. Int J …. 2020;11(8):2082–9.

Sihombing BI, Fachrodji A. The Influence of Social Media Promotion Activities and e-WOM on Treatment Decision Meditating by Brand Awareness of EMC Tangerang Hospital. 2021;8(August 2020):492–504.

Zdonek D. How hospitals in Poland use social media during the COVID-19 pandemic. Innov Manag Inf Technol. 2021;(April):1–2.

Published
2022-08-12
How to Cite
Anggaratni G, W., & Sulistiadi, W. (2022). Inovasi Sosial Media dalam Pemasaran Rumah Sakit Pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review: Managing Social Media as Hospital Marketing Innovation During COVID-19 Pandemics: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(8), 908-914. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i8.2520