Analisis Faktor Strategi Marketing yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Obat melalui Aplikasi Online EMOS

Analysis of Marketing Strategy Factors that Influence the Decision of Drug Purchases Through the EMOS Online Application

  • Firdawati Amir Parumpu Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako, Kota Palu, Indonesia
  • Ririen Hardani Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako Palu
  • Mufiddatuljannah Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako, Kota Palu, Indonesia
Keywords: Strategi Marketing, Keputusan Pembelian Obat, EMOS

Abstract

Latar Belakang: Data statistik-Commerce tahun 2020 menunjukkan bahwa obat-obatan masuk peringkat ketiga terbanyak yang dibeli secara online. Hal ini menjadi peluang bagi Pedagang Besar Farmasi (PBF) untuk menyajikan pasar membeli dan menjual produk secara online, salah satunya adalah PT. Enseval Putera Megatrading melalui aplikasi EMOS. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang untuk melakukan pembelian secara online salah satu faktor yang penting adalah strategi marketing yang terdiri dari 7 variabel, yaitu produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan lingkungan fisik.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor strategi marketing (produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, lingkungan fisik) terhadap keputusan pembelian obat melalui aplikasi online EMOS baik secara parsial maupun simultan.

Metode: Pengambilan sampel purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk hardcopy dan kemudian data dianalisis menggunakan metode Regresi Linear Berganda dengan jumlah sampel sebanyak 50 sampel.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan faktor strategi marketing (produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, lingkungan fisik) berpengaruh terhadap keputusan pembelian obat melalui aplikasi online EMOS, terlihat nilai signifikan di bawah 0,05, yaitu 0,000b. Secara parsial variabel produk (sig 0.008 < sig α 0,05) dan variabel orang (sig 0.025 < sig α 0,05) berpengaruh terhadap keputusan pembelian obat melalui aplikasi online EMOS, harga (sig 0.292 > sig α 0,05), promosi (sig 0.866 > sig α 0,05), lokasi (sig 0.593 > sig α 0,05), proses (sig 0.820 > sig α 0,05) dan lingkungan fisik (sig 0.141 > sig α 0,05) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian obat melalui aplikasi online EMOS. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 64% dari variabel dependen dan independen. Sebanyak 36% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak di teliti.

Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan lingkungan fisik berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian obat melalui aplikasi online EMOS dengan nilai sig 0,000 < sig α 0,05.

References

KEMENPERIN (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia). (2021). No Title.

Wijaya, M., Chan, A., Farmasi, M., & Farmasi, D. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Cara Distribusi Obat di PBF Rajawali NUSINDO. Jurnal Dunia Farmasi, 2(3), 148–159.

Yuliana, T., Soegiarto, E., & Nurqamarani, A. S. (2019). Pengaruh E - Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi EMOS (Enseval Mobile Order System) Pada PT. Enseval Putera Megatrading, Tbk Cabang Samarinda. 3(2), 283–296.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. September.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Rafliatha, M., Suharyati, S., & Aryani, L. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Online Kopi Kenangan Ditinjau dari Pengaruh Marketing Mix. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1415–1427.

Agrawal, L. (2020). Factors Influencing People to Purchase Medicines Online. 29(7), 3942–3952. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/22876/11697.

Adi, P. H., & Wicaksono, S. (2017). Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Obat di Apotek. 9(407), 407–414. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/1429.

Gozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. UNDIP.

Sujarweni, V.W. (2020). SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Maker: Jurnal Manajemen Menguji Marketing Mix 7P terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharja. 7(May), 81–94. http://www.maker.ac.id/index.php/maker.

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 120–136. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/690.

Published
2022-06-05
How to Cite
Firdawati Amir Parumpu, Ririen Hardani, & Mufiddatuljannah. (2022). Analisis Faktor Strategi Marketing yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Obat melalui Aplikasi Online EMOS: Analysis of Marketing Strategy Factors that Influence the Decision of Drug Purchases Through the EMOS Online Application. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 690-697. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i6.2287