Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Pandemi COVID-19: Sebuah Review Literatur

Implementation of Hospital Marketing Mix in COVID-19 Pandemic Era: A Literature Review

  • Elina Waiman Program Pascasarjana Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Anhari Achadi Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Pandemi COVID-19, Rumah Sakit

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan drastis pada kunjungan pasien ke rumah sakit (RS). Bauran pemasaran dapat menjadi alat bagi RS untuk mencapai jumlah kunjungan yang ditargetkan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19 dan dampaknya terhadap RS.

Metode: Pencarian literatur dilakukan melalui empat database: Garba Rujukan Digital, Research Gate, Google Scholar, dan Proquest. Kriteria kelayakan yang digunakan adalah artikel penelitian asli yang dapat diakses secara lengkap tanpa berbayar, tentang implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19, artikel berbahasa Indonesia atau Inggris, dan artikal yang dipublikasikan tahun 2020-2021.

Hasil: Empat artikel memenuhi kriteria kelayakan. Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan meningkatkan jumlah kunjungan pasien, minat kunjungan ulang, dan minat melahirkan di RS. RS yang menekankan produk yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan, pembedaan akses pasien COVID-19 dan non-COVID-19, penerapan physical distancing serta penyediaan fasilitas cuci tangan di ruang tunggu berdampak pada jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan minat kunjungan ulang yang lebih tinggi. Pemasaran digital mempunyai peluang untuk dapat lebih dioptimalkan di era pandemi COVID-19.

Kesimpulan: Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan khususnya yang menonjolkan penerapan protokol kesehatan di RS bermanfaat dalam meningkatkan kunjungan pasien di era pandemi COVID-19.

References

Sudirman I. Strategi Penetapan Tarif Rumah Sakit berdasarkan Unit Cost. Makassar: Nas Media Pustaka; 2020.

Maulana N. Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. J Manaj Bisnis. 2020;17(3):374.

Wardani IK, Norfitriah E, Hasibuan AAU, ... The Impact of Marketing Mix on the Number of Visits to Pediatric Dentists in Banjarmasin during the Covid 19 Pandemic. Budapest Int Res Critics Institute-Journal [Internet]. 2021;(2015):5705–12. Available from: http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2369

Bhalerao VR, Deshmukh A. Characterization and Services Marketing Mix for Healthcare Industry: A Critical Review. KRSCMS J Manag. 2017;7(7).

Kurnia Wati S, Dewi S, Kusumapradja R. The Effect of Marketing Mix, Hospital Image, and Patient Loyalty on Intention for Retreatment over Outpatient Care at Pasar Minggu Hospital during COVID-19 Outbreak. J Multidiscip Acad [Internet]. 2020;4(6):361–7. Available from: http://www.kemalapublisher.com/index.php/JoMA/article/view/502

Page MJ, McKenzie JE, Bossuyt PM, Boutron I, Hoffmann TC, Mulrow CD, et al. The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ. 2021;372:2021.

Astarika G, Satar Y, Trigono A. Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Dan Karakteristik Pasien Antenatal Care (ANC) Terhadap Minat Melahirkan Di RSAU Dr. Esnawan Antariksa Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. 2021;5(2):156–65. Available from: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i2.1590

Astiti SH, Ilyas Y. Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran RS Hermina Karawang di Era Pandemi Covid19. 2020;162–74. Available from: https://doi.org/10.29241/jmk.v2i1.53

Guarcello C, Raupp E. Pandemic and Innovation in Healthcare: The End-To-End Innovation Adoption Model. BAR - Brazilian Adm Rev. 2021;18(3).

Muhammad Luthfi Adnan MD, Pramaningtyas. Penggunaan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19: Prospek Dan Tantangan. JIMKI J Ilm Mhs Kedokt Indones [Internet]. 2020;8(3):6. Available from: https://doi.org/10.53366/jimki.v8i3.247

Prasetyo AAR, Sulistiadi W. Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. In: The 5th International Conference on Public Health. 2019. p. 509–12.

Harahap R, Ikanandia F, Pengajar S, Orthopaedi B, Kedokteran F, Muhammadiyah U. Keinginan Pasien Untuk Periksa ke Poliklinik Orthopaedi saat Pandemi Covid-19. Medica Arter [Internet]. 2021;3(1):48–52. Available from: https://doi.org/10.26714/medart.3.1.2021.48-52

Published
2022-04-07
How to Cite
Waiman, E., & Achadi, A. (2022). Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Pandemi COVID-19: Sebuah Review Literatur: Implementation of Hospital Marketing Mix in COVID-19 Pandemic Era: A Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(5), 475-481. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i5.2263