Implementasi Bauran Pemasaran Rumah Sakit di Era Pandemi COVID-19: Sebuah Review Literatur
Implementation of Hospital Marketing Mix in COVID-19 Pandemic Era: A Literature Review
Abstract
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan drastis pada kunjungan pasien ke rumah sakit (RS). Bauran pemasaran dapat menjadi alat bagi RS untuk mencapai jumlah kunjungan yang ditargetkan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19 dan dampaknya terhadap RS.
Metode: Pencarian literatur dilakukan melalui empat database: Garba Rujukan Digital, Research Gate, Google Scholar, dan Proquest. Kriteria kelayakan yang digunakan adalah artikel penelitian asli yang dapat diakses secara lengkap tanpa berbayar, tentang implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19, artikel berbahasa Indonesia atau Inggris, dan artikal yang dipublikasikan tahun 2020-2021.
Hasil: Empat artikel memenuhi kriteria kelayakan. Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan meningkatkan jumlah kunjungan pasien, minat kunjungan ulang, dan minat melahirkan di RS. RS yang menekankan produk yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan, pembedaan akses pasien COVID-19 dan non-COVID-19, penerapan physical distancing serta penyediaan fasilitas cuci tangan di ruang tunggu berdampak pada jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan minat kunjungan ulang yang lebih tinggi. Pemasaran digital mempunyai peluang untuk dapat lebih dioptimalkan di era pandemi COVID-19.
Kesimpulan: Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan khususnya yang menonjolkan penerapan protokol kesehatan di RS bermanfaat dalam meningkatkan kunjungan pasien di era pandemi COVID-19.
References
Sudirman I. Strategi Penetapan Tarif Rumah Sakit berdasarkan Unit Cost. Makassar: Nas Media Pustaka; 2020.
Maulana N. Menelisik Strategi Pemasaran Rumah Sakit Menggunakan Market Based-Management. J Manaj Bisnis. 2020;17(3):374.
Wardani IK, Norfitriah E, Hasibuan AAU, ... The Impact of Marketing Mix on the Number of Visits to Pediatric Dentists in Banjarmasin during the Covid 19 Pandemic. Budapest Int Res Critics Institute-Journal [Internet]. 2021;(2015):5705–12. Available from: http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2369
Bhalerao VR, Deshmukh A. Characterization and Services Marketing Mix for Healthcare Industry: A Critical Review. KRSCMS J Manag. 2017;7(7).
Kurnia Wati S, Dewi S, Kusumapradja R. The Effect of Marketing Mix, Hospital Image, and Patient Loyalty on Intention for Retreatment over Outpatient Care at Pasar Minggu Hospital during COVID-19 Outbreak. J Multidiscip Acad [Internet]. 2020;4(6):361–7. Available from: http://www.kemalapublisher.com/index.php/JoMA/article/view/502
Page MJ, McKenzie JE, Bossuyt PM, Boutron I, Hoffmann TC, Mulrow CD, et al. The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ. 2021;372:2021.
Astarika G, Satar Y, Trigono A. Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Dan Karakteristik Pasien Antenatal Care (ANC) Terhadap Minat Melahirkan Di RSAU Dr. Esnawan Antariksa Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. 2021;5(2):156–65. Available from: https://doi.org/10.52643/marsi.v5i2.1590
Astiti SH, Ilyas Y. Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran RS Hermina Karawang di Era Pandemi Covid19. 2020;162–74. Available from: https://doi.org/10.29241/jmk.v2i1.53
Guarcello C, Raupp E. Pandemic and Innovation in Healthcare: The End-To-End Innovation Adoption Model. BAR - Brazilian Adm Rev. 2021;18(3).
Muhammad Luthfi Adnan MD, Pramaningtyas. Penggunaan Telemedicine Pada Masa Pandemi Covid-19: Prospek Dan Tantangan. JIMKI J Ilm Mhs Kedokt Indones [Internet]. 2020;8(3):6. Available from: https://doi.org/10.53366/jimki.v8i3.247
Prasetyo AAR, Sulistiadi W. Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. In: The 5th International Conference on Public Health. 2019. p. 509–12.
Harahap R, Ikanandia F, Pengajar S, Orthopaedi B, Kedokteran F, Muhammadiyah U. Keinginan Pasien Untuk Periksa ke Poliklinik Orthopaedi saat Pandemi Covid-19. Medica Arter [Internet]. 2021;3(1):48–52. Available from: https://doi.org/10.26714/medart.3.1.2021.48-52
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.