Pengaruh Audio Visual Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Asi Ekslusif di Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo
Effect Audio Visual to Knowledge Npregnant Mothers About Exclusive Breast Milk at Talaga District, Regency Gorontalo
Abstract
Latar Belakang: Salah satu permasalahan yang mengakibatkan masih rendahnya pemberian ASI eksklusif di Indonesia adalah kurangnya pengetahuan akan pentingnya ASI eksklusif. Pemberian pendidikan kesehatan pada ibu hamil tentang ASI eksklusif dapat meningkatkan pengetahuan ibu sejak masih dalam proses kehamilan, dimana hal ini merupakan salah satu faktor keberhasilan ASI eksklusif.
Tujuan: Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audio visual terhadap pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusif di Puskesmas Telaga.
Metode: Desain penelitian menggunakan Quasy eksperimen dengan rancangan one group pretest postest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah Sampel 34 responden. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon karena tidak berdistribusi normal.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan media audio visual dengan nilai p value 0.000 (α : < 0.05).
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan ibu hamil sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang ASI ekslusif.
References
KemenKes R, KKR I. Riset kesehatan dasar 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, Jakarta. 2013.
Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. 2012.
Widyawati S. Analisis Tindak Tutur dalam Film Duka Sedalam Cinta Karya Firman Syah. 2019.
Muhamad Z. THE RELATIONSHIP BETWEEN KNOWLEDGE AND ATTITUDE TOWARD ANEMIA ON PREGNANCY IN LIMBOTO HEALTH CENTRE. Akademika. 2019;8(2):107-15.
Arikunto S. Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Amelia NR, Rahmalia S. Efektifitas pendidikan kesehatan tentang asi terhadap tingkat pengetahuan, kemampuan dan motivasi menyusui primipara. Jurnal Ners Indonesia. 2012;2(2):192-9.
Haryoko S. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro. 2012;5(1).
Astria Y. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Teknik Menyusui Terhadap Pengetahuan Ibu Primipara di RSIA Siti Fatimah Makassar. 2. Skripsi. Dipublikasikan. ISSN; 2012.
Warsita B. Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. 2008.
Muhamad Z, Sumarmi S. Factors affecting the incidence of chronic energy deficiency among pregnant women attending the pulubala community health centre. EXECUTIVE EDITOR. 2018;9(11):53.
Zakaria F. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media audiovisual terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang inisiasi menyusu dini di Kota Yogyakarta: Universitas' Aisyiyah Yogyakarta; 2017.
Efendi F, Makhfudli M. Keperawatan Kesehatan Komunitas: teori dan praktik dalam keperawatan. Salemba Medika; 2009.
Nursalam N, Efendi F. Pendidikan Dalam Keperawatan Education in Nursing. Salemba Medika; 2008.
Authors who publish with Journal of Public Health and Pharmacy retain the copyright of their work. The journal applies a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which grants the following rights:
-
Copyright Retention: Authors retain the copyright of their work, maintaining full control over their intellectual property without restrictions.
-
Right of First Publication: Authors grant the journal the right of first publication of their work. This ensures that the work is initially published and credited in Journal of Public Health and Pharmacy.
-
License to Share and Reuse: The work is licensed under CC BY-SA 4.0, allowing others to copy, distribute, remix, and build upon the work for any purpose, even commercially, as long as proper credit is given to the authors, and any new creations are licensed under the same terms.